Ingin Tahu Cara Menjadi Reseller Sukses Simak Kiat-Kiat dan Tipsnya Yuk!

Ingin Tahu Cara Menjadi Reseller Sukses? Simak Kiat-Kiat dan Tipsnya Yuk!

Memiliki usaha atau bisnis sendiri adalah impian setiap orang. Saat ini, membangun bisnis sendiri bisa dilakukan tanpa khawatir butuh modal besar. Untuk Kamu yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil bisa mencoba menjadi Reseller. Apa itu Reseller dan bagaimana cara menjadi reseller sukses? Yuk, simak penjelasan Sosialin di bawah ini.

Baca Juga: 10 Cara Promosikan Makanan Online

Mengenal Lebih Dekat Tentang Reseller

Reseller adalah seseorang yang menjual kembali produk dari tangan pertama (supplier). Saat ini, bisnis reseller tidak hanya dilakukan secara manual tetapi juga bisa memanfaatkan layanan internet (bisnis reseller online).

Bisnis reseller online memiliki ruang lingkup target pasar jangkauan yang lebih luas. Selain itu, waktu yang fleksibel membuat bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, maupun karyawan yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

Karena reseller tidak perlu memproduksi barang sendiri, stok produk reseller bergantung dari penjual pertama. Lalu, apakah reseller memiliki peluang sukses mendapatkan keuntungan setara dengan penjual pertama? Hal itu mungkin saja, jika kamu tahu cara menjadi reseller sukses dan memiliki tekad kuat untuk mewujudkannya.

Kiat-Kiat Menjadi Reseller Sukses

Saat kamu memutuskan sesuatu, tentu harus siap dengan segala konsekuensinya. Begitu pun ketika memutuskan untuk menjadi reseller, kamu perlu tahu risiko dan cara mengatasinya.

TRENDING:  Cara Sukses Jualan Online Bagi Pemula

Hal yang sering dihadapi oleh reseller biasanya produk tidak laku karena sedikitnya relasi atau persaingan harga antar sesama reseller maupun supplier itu sendiri. Sebelum terjun memulai bisnis ini, berikut beberapa cara menjadi reseller sukses.

1. Kenali Peluang Pasar

Sebelum terjun dan memilih produk bisnis, kamu perlu mengenali peluang pasar di daerah sekitarmu. Kamu bisa melihat trend produk yang sedang diminati pasar saat ini dan mencari referensi dari sosial media atau lainnya.

Setelah itu, kamu dapat menganalisa produk apa sajakah yang memiliki peluang besar di pasaran.

2. Memilih Produk yang Tepat

Memiliki kompetitor yang banyak adalah salah satu tantangan dari reseller. Memilih produk yang lebih niche (spesifik) bisa menjadi salah satu solusinya. Produk yang lebih spesifik akan membantu dalam menentukan target pasar. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah dan cepat menemukan toko kamu.

Akan tetapi, kamu perlu mengenali kembali dan memastikan produk niche tersebut memiliki potensi yang besar di pasar. Sehingga, meskipun bukan produk yang umum untuk semua orang tetapi memiliki konsumen yang loyal. Hal ini membantu kamu mendapatkan repeat order (pembelian ulang) lebih banyak dari konsumen.

3. Memilih Supplier yang Tepat dan Berkualitas

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan supplier, kamu perlu mengetahui kualitas supplier tersebut. Cek kelayakan dan kualitas dari produk tersebut. Cara komunikasi dan kecepatan tanggapan dari supplier juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Bandingkan harga produk yang ditawarkan oleh supplier dengan supplier lain. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk menentukan keuntungan. Pastikan semua hal tersebut dipaparkan dengan jelas, sehingga kamu akan merasa lebih yakin dan nyaman bekerja sama dengan supplier dalam jangka panjang.

4. Menyusun Strategi Penjualan

Strategi yang tepat dapat membantu meningkatkan hasil penjualan. Buatlah rangkuman rencana-rencana penjualan yang ingin dijalankan, mulai dari membuka lapak (offline), menjual secara online di media sosial/marketplace/website, maupun kombinasi keduanya.

TRENDING:  Contoh Kata-Kata Promosi Olshop, Tinggal Contek Aja

Kemudian buatlah analisis kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga kamu dapat menentukan strategi yang paling efektif untuk dijalankan.

Apabila memiliki kelebihan biaya untuk promosi, akan lebih baik jika kamu memasang iklan secara online. Tentu saja, desain dan produk yang diiklankan harus sesuai dengan target pasar toko kamu. Strategi ini juga dapat membantu kamu untuk melakukan evaluasi penjualan.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah pada pelayanan. Pelayanan yang terbaik akan memberikan rasa kepuasan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Baik reseller online maupun offline, memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen sangat penting agar konsumen tidak mudah berpindah ke toko lain.

Cara reseller yang baik dalam memberikan pelayanan adalah menanggapi konsumen dengan sabar dan penuh keramahan. Di samping itu, kamu juga harus siap memberikan solusi terhadap masalah yang mungkin akan terjadi dalam proses pengiriman, cacat produk atau pengembalian produk.

6. Selalu Mengupdate Informasi Produk

Memberikan informasi terbaru dan lengkap terhadap produk yang dijual sangatlah penting. Hal ini membantu konsumen dalam menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu cara menjadi reseller sukses adalah dengan selalu update terhadap ketersediaan dan deskripsi informasi produk yang dijual, sehingga konsumen mendapatkan informasi yang jelas.

7. Melakukan Evaluasi Penjualan secara Berkala

Untuk mengetahui penjualan kamu berjalan lancar atau tidak dalam waktu tertentu, diperlukan evaluasi. Dengan evaluasi yang dilakukan secara berkala, kamu bisa memeriksa strategi yang harus dipertahankan maupun yang harus diperbaiki untuk penjualan berikutnya.

Tips Menjadi Reseller Sukses

Selain beberapa cara menjadi reseller sukses di atas, Sosialin ingin memberikan tips nih untuk kamu supaya bisnisnya semakin lancar. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Berdoa dan Bekerja Keras

Kerja keras tanpa doa adalah sia-sia. Sedangkan doa tanpa kerja keras adalah kemustahilan. Bisnis yang sukses disertai dengan doa dan kerja keras.

TRENDING:  Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan:, Jenis, dan Ciri

2. Lakukan Sekarang, Jangan Tunda Lagi

Banyak orang menghabiskan waktu dalam perencanaan dan risiko bisnis yang belum tentu terjadi, sehingga lupa untuk memulai bisnis tersebut. Oleh karena itu, kamu yang ingin berbisnis lakukanlah sekarang juga tanpa menunda terlalu lama. Hanya dengan mencoba, maka kamu akan tahu hasilnya.

3. Bangun Relasi Sebanyak-banyaknya

Relasi yang banyak sangat penting dalam bisnis. Menjalin relasi tidak hanya dilakukan kepada konsumen saja tetapi juga kepada supplier. Kamu bisa memanfaatkan relasi atau hubungan pertemanan baik yang telah dijalin untuk membantu memasarkan produk yang kamu jual.

4. Menyetok Produk dengan Bijak

Biasanya sebagai reseller, kamu diharuskan untuk menyetok produk terlebih dahulu. Untuk itu, di awal penjualan jangan menyetok produk terlalu banyak. Cari tahu produk yang banyak diminati pasar kemudian lakukan analisa minat pasar sendiri terhadap target pasar kamu.

5. Membangun Image yang Menjadi Ciri Khas Reseller

Cara menjadi reseller sukses lainnya adalah dengan membangun image lebih yang membedakan toko kamu dengan reseller lain. Hal yang unik dan berbeda akan membuat konsumen lebih tertarik terhadap produk yang kamu jual.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti membangun brand yang kuat, menambahkan slogan atau motto unik pada produk, memberikan penawaran berupa diskon atau paket, kartu ucapan terima kasih dan lainnya.

6. Pengelolaan Finansial yang Baik

Mengelola uang hasil penjualan bisa membantu bisnis kamu lebih baik. Keuntungan hasil penjualan bisa dikelola dengan cara ditabung atau digunakan untuk modal bisnis lainnya.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menjadi reseller sukses yang telah Sosialin rangkum. Untuk kamu yang tertarik menjadi reseller sebaiknya tidak ragu untuk mempelajari dan menerapkannya dalam bisnis. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Check Also

10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan (1)

10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan

Adanya pandemi COVID19 sedikit banyak berdampak di segala aspek kehidupan, termasuk dibidang ekonomi. Tak sedikit …