Ingin Tambah Penghasilan Yuk Budidaya Jamur Kancing

Ingin Tambah Penghasilan Yuk Budidaya Jamur Kancing

Ingin Tambah Penghasilan Yuk Budidaya Jamur Kancing– Saat ini dunia usaha sedang merambat naik dengan banyaknya pengusaha yang telah sukses memberikan inspirasi yang mendorong banyak orang juga ingin mempunyai usaha, merintis sebuah usaha dengan harapan mendapatkan keuntungan guna menambah penghasilan ataupun menjadikannya sebagai penghasilan pokok membawa setiap orang mencari tau bisnis apa yang baik.

Melihat perkembangan zaman saat ini yang semakin membawa ke arah yang lebih canggih membuat setiap orang menjadi berpikiran lebih luas, bagaimana tidak jika apa yang menjadi kebutuhan setiap orang semakin hari juga semakin bertambah didukung juga oleh gaya hidup yang semakin berubah menambah beberapa aspek yang menjadi kebutuhan anda.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Untuk Pemula

Maka dari hal tersebet membuat anda memutar otak dan mencari usaha apakah yang bagus untuk dirintis saat ini, yang menjamin dan menjanjikan keuntungan. Bisa dilihat dari perkembangan budidaya jamur kancing ini dengan tingkat konsumsi bagi masyarakat disarankan untuk anda yang ingin merintis usaha.

Merintis usaha pada produk yang telah mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dimata konsumen memberikan keuntungan tersendiri bagi perintisnya, bagi yang masih bingung ingin merintis usaha, maka usaha jamur kancing bisa menjadi solusinya, jamur yang mempunyai manfaat bisa membawa anda mendapatkan keuntungan dan menambah penghasilan anda.

Adapun proses masak dengan waktu yang sebentar saja untuk bisa mendapatkan kematangannya yang pas. Jamur yang satu ini bisa dioleh menjadi masakan yang enak dan menunjang bagi kebutuhan perut anda. Sebagai jamur yang mempunyai manfaat banyak ini ternyata juga menyehatkan bagi tubuh.

BACA JUGA:  Dengan Budidaya Lobster Air Tawar Bisa Memberikan Keuntungan

Untuk anda yang penasaran jamur ini bisa anda jumpai pada makanan seperti omelert, pizza, kaserol dan gratin, jamur ini juga merupakan salah satu produk yang sehat dan aman dikonsumsi karena merupakan produk organik, melihat sekarang sebagian besar orang memilih untuk hidup sehat karena adanya perubahan gaya hidup, dari keuntungan-keuntungan diatas maka anda yang suka bisnis sebaiknya budidaya jamur kancing.

Proses budidaya jamur kancing ini hampir sama dengan budidaya jamur yang lainnya, hanya terdapat beberapa hal yang sedikit berbeda secara teknisnya. Oleh karena itu dibutuhkan proses perawatan yang khusus agar mendapatkan hasil yang maksimal saat waktunya panen.

Proses Memilih Bibit

Pada tahap ini atau tahap awal sebelum memulai budidaya jamur maka sebaiknya anda memilih bibit yang bagus dan kualitasnya baik akan mendapatkan hasil yang maksimal, jika budidaya ini dilakukan dirumah maka sebaiknya anda menggunakan bibit jamur F3, karena bibit tersebut bisa langsung ditabur dan ditanam pada media tanam yang telah disiapkan.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada budidaya jamur kancing hal tersebut tergantung dengan kualitas bibit yang digunakan, sehingga sangat pentung untuk menggunakan bibit yang mempunyai kualitas yang bagus.

Proses Persiapan Media dan Pengomposan

Tahap selanjutnya yaitu proses pembuatan media tanam, untuk tahap ini ada beberapa kriteria atau bahan yang harus disiapkan yaitu jerami padi 100%, kapir pertnian atau dolomit 2,5%, urea 0,9%, ZA 1%, tambahkan TSP 1,2% untuk memenuhi kebutuhan Nitrogen, Kalium dan Posfor.

Kemudian potonglah jerami ukuran 10-15 cm, lalu cuci bersih dan tiriskan pada kelembapan 65%, selanjutnya susunlah jerami pada tumpukan 10-15 cm, selanjutnya taburi pada bagian atas tumpukan bekatul dan kapur dengan merata. Lalu susun secara selang seling hingga tumpukan mencapai 1 meter. Pada keesokan harinya balik media dan tambahkan urea 0,9% dengan merata.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal Untuk Pemula

Sterilisasi Media dalam Kambung

Lakukanlah tahap sterilisasi pada media setelah dilakukan proses pengomposan, hal ini dilakukan agar media bebas dari gas beracun yang nantinya bisa bebrbahaya bagi pertumbuhan jamur.

Menanam Bibit Ke Media

Proses penanaman bibit dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan budidaya jamur yang lain yaitu dengan menggunakan F3 maka anda bisa langsung menyebarkan bibit ke media tanam. Untuk ukuran rak ideal dengan panjang sekitar 3 meter dan lebar 1 meter.

Adapun bibit yang diperlukan pada setiap rak tanam mencapai 10-15 cm dan ditebar dengan cara merata. Untuk rak dengan ukuran lebih lebar maka bibit yang dibutuhkan juga akan banyak.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal Agar Hasilnya Menguntungkan

Jagalah suhu ideal untuk dataran tinggi sekitar 20-30 derajat dan untuk dataran rendah suhu yang ditetapkan sekitar 24-26 derajat. Lakukanlan penyiraman setiap hari pada bagian tertentu saja yaitu bagian lantai atau atap kumbung, sedangkan untuk media setiap 2-3 hari sekali.

Casing Jamur Kancing

Untuk proses ini merupakan proses pemberian penambahan lapisan tanam diatas media pada budidaya jamur kancing, guna lapisan ini diberikan agar pertumbuhan tubuh buah jamur kancing bisa lebih optimal. Adapun ketebalan lapisan casing ini mencapai 3-5 cm.

Waktu Panen

Pada saat jamur akan dipanen, maka perlu dilakukan proses panen yang baik, karena apabila dipanen dengan cara yang tidak tepat, maka bisa saja jamur akan mengalami layu dan busuk, untuk anda yang ingin tetap menjaga kesegaran jamur sebaiknya saat panen lakukanlah pada waktu pagi atau sore hari.

BACA JUGA:  Keuntungan Budidaya Ikan Nila Dalam Beton

Cara panen pada budidaya jamur kancing ini bisa dilakukan dengan cara mencabut jamur dari media. Lalu dilakukan sortasi dan setelah itu lakukan packing kemasan lau siaplah untuk di antar dipasarkan.

Check Also

Menambah Penghasilan Dengan Bisnis Budidaya Belut Dalam Ember

Menambah Penghasilan Dengan Bisnis Budidaya Belut Dalam Ember

Budidaya belut dalam ember – Ditemukan satu jenis budidaya yang juga tidak kalah bagusnya, jenis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *