Kelebihan dan Kekurangan Dana Dibanding dengan Pembayaran Lainnya

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Dana

Setiap aplikasi yang dibuat manusia, pastinya memiliki plus minusnya masing-masing. Bahkan aplikasi dompet digital ternama sekelas Dana juga ada yang suka dan ada yang tidak suka. Apalagi jika pengguna baru tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan Dana, pasti akan kaget jika ekspektasi tidak sesuai dengan realitanya.

Sekilas Tentang Aplikasi Dana

Secara garis besar dana merupakan sebuah aplikasi dompet digital, yang bisa kamu gunakan dalam berbagai pembayaran pada mitra dana atau yang sudah bekerjasama dengan Dana. Aplikasi e-wallet ini menjadi salah satu aplikasi dompet digital pentolan di Indonesia, yang  sudah berdiri sejak tahun 2017.

Dana bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan transaksi, baik di gerai online maupun offline. Aplikasi ini adalah keluaran dari tiga perusahaan ternama Indonesia. Antara lain adalah PT. Espay Debit Indonesia Koe, PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group) dan Ant Financial (Alipay).

Aplikasi ini menawarkan banyak kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi, dengan aman cepat dan praktis. Bahkan layanan aplikasi ini tidak hanya terbatas untuk pembayaran saja, pasalnya Dana juga bisa kamu gunakan untuk top up saldo, kartu kredit, transfer bank (free), setor tunai dan masih banyak lagi

TRENDING:  Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan:, Jenis, dan Ciri

Belum lagi banyaknya promo menarik yang diadakan Dana, pastinya bisa buat kegiatan belanjamu lebih terjangkau. Kamu bisa download dan instal aplikasi ini di Play Store, App Store dan App Gallery dan lakukan berbagai kegiatan transaksi dengan Dana.

Kelebihan dan Kekurangan Dana

Sebagai aplikasi yang terus berkembang, Dana pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian maupun fitur yang ada. Seperti beberapa kelebihan dan kekurangan Dana di bawah ini:

Kelebihan Aplikasi Dompet Digital Dana

Dana merupakan salah satu platform e-wallet yang menjadi andalan kaum millennial, hal ini selaras dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki aplikasi ini. Seperti beberapa kelebihan yang bikin pengguna Dana jatuh hati dengan aplikasi ini.

  1. Tampilan kekinian yang mudah dipahami, kesulitan penggunaan aplikasi relatif lebih rendah. Apalagi proses pendaftarannya cukup mudah dan tidak butuh waktu lama, dengan begitu klien bisa segera menggunakan aplikasi untuk transaksi.
  2. Kecepatan transaksi yang tidak usah diragukan lagi, hal ini bisa terjadi karena Dana menggunakan dua data center online yang bekerja secara real time. Dengan begitu lalu lintas data akan lebih lancar dan minim hambatan.
  3. Keamanan data yang sangat ketat dari aplikasi Dana, dilatar belakangi oleh teknologi mutakhir tingkat internasional. Aplikasi ini juga menyediakan fitur kode pin dan OTP untuk meningkatkan keamanan transaksi yang kamu lakukan.
  4. Dana yang Anda simpan pada aplikasi ini sudah terjamin, karena sudah diawasi langsung oleh OJK dan penanggung jawab keuangan negara lainnya. Selain itu aplikasi ini juga memberikan jaminan uang kembali hingga 100% untuk setiap penggunanya.
  5. Promo menarik bertebaran di Dana, selain itu kamu bisa dengan mudah menarik dana di gerai offline yang sudah bergabung dengan Dana. Selain promo, kamu juga berkesempatan mendapatkan cashback dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  6. Layanan yang lengkap dari Dana akan memanjakan seluruh kegiatan transaksi berbayar Anda, bahkan dengan teknologi QR pembayaran akan lebih praktis lagi. Sehingga kamu tidak akan butuh waktu lama untuk setiap transaksi offline yang kamu lakukan dengan Dana.
  7. Transfer bank pada 10 transaksi tiap bulannya, tidak dikenai biaya sepeserpun. Sehingga aplikasi ini bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin transfer uang beda bank, tanpa biaya admin.
  8. Proses upgrade akun ke premium mudah dan cepat, sehingga kamu bisa menikmati segala keuntungan lebih dari upgrade ke akun premium. Bahkan ada bonus menarik Rp 15.000 untuk bayar tagihan atau TIX ID dan juga Rp 25.000 pembelian pulsa saat kamu upgrade akun ke premium.
  9. Fitur keamanan dana saat ganti nomor, kamu hanya perlu mengganti nomor di profil dan melakukan verifikasi OTP. Simpanan uang pada nomor lama tetap aman, dengan garansi 100% uang kembali
TRENDING:  6 Ide Jualan Es Paling Laris dan Kekinian

Kekurangan Aplikasi Dompet Digital Dana

Selain kelebihan di atas, Dana juga masih memiliki beberapa kelemahan yang masih terus diperbaiki oleh penyedia layanan. Berikut beberapa kelemahan aplikasi e-wallet ini:

  1. Batas maksimal dari transaksi dana hanya Rp 20 juta saja dalam 1 bulan, angka ini dihitung pada akumulasi transaksi keluar dan juga masuk.
  2. Transfer gratis terbatas, hanya 10x dalam sebulan. Setelah batas terlampaui transfer akan dikenai biaya admin sebesar Rp 4.000.
  3. Masih memiliki risiko pada penggantian nomor, walaupun dana mengklaim kemudahan penggantian nomor dan garansi 100% uang kembali. Hal ini pastinya bisa terjadi karena banyak faktor.
  4. Layanan untuk akun yang belum upgrade premium, masih terbatas. Walaupun ada jaminan keamanan data, namun masih ada ketakutan pada risiko kebocoran data.
  5. Transaksi pembayaran offline hanya terbatas pada merchant atau gerai yang sudah bekerja sama saja.
  6. Aplikasi Dana tidak memiliki kantor cabang, segala keluhan dan kendala hanya bisa kamu sampaikan pada CS via email, telpon, maupun layanan konsultasi.
TRENDING:  7 Ide Es Unik untuk Usaha Modal Minim

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Dana yang harus kamu pahami sebelum menggunakan aplikasi ini. Walaupun masih memiliki kekurangan, namun pihak pengembang selalu menanggapi masalah dengan sigap dan perbaikan secara berkala. Sudahkan kamu tertarik menggunakan aplikasi Dana?

barang inferior adalah barang

1. Pengenalan Surat Penawaran Barang Surat penawaran barang adalah sebuah surat resmi yang dibuat oleh pemilik usaha atau penjual sebagai salah satu cara untuk...
Andri Afrizal Hakim
3 min read

metode penyusutan aset tetap

1. Pengertian Iklan Baris Iklan baris adalah jenis iklan yang umum digunakan dalam media massa. Iklan baris memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis...
Andri Afrizal Hakim
4 min read