7 Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing untuk Menjalankan Bisnis

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Strategi pemasaran atau marketing merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup diandalkan di era teknologi seperti sekarang. Meskipun digital marketing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun digital marketing cukup berjasa membuat keberhasilan suatu bisnis. 

Pengertian Digital Marketing

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan digital marketing, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian digital marketing.

Secara harfiah, digital marketing dapat diartikan sebagai suatu teknik atau strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital dan juga jaringan internet. Seperti yang diketahui, bahwa dengan memanfaatkan jaringan internet maka Anda dapat memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan ke seluruh dunia. 

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan digital marketing diharapkan produk yang Anda miliki dapat dikenal oleh publik secara lebih luas. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menjaring konsumen yang potensial. 

Kelebihan Digital Marketing

Seperti yang telah dijelaskan di atas, digital marketing memiliki jangkauan yang lebih luas karena mengandalkan jaringan internet. Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki oleh digital marketing. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran, sebaiknya Anda perlu mengetahui dahulu kelebihan digital marketing. Berikut ini beberapa kelebihan dari digital marketing.

1. Akses Luas

Sudah dapat dipastikan ada jutaan orang yang menggunakan internet setiap harinya. Dengan mengandalkan jaringan internet, maka Anda dapat memiliki akses yang luas. Bahkan seluruh penjuru dunia mungkin akan mengenal produk dari bisnis yang Anda miliki. Tak jarang sebuah bisnis yang sudah sukses saat ini juga sangat mengandalkan digital marketing sebagai strategi pemasarannya. 

TRENDING:  Pengertian Agribisnis: Manfaat, Komponen, Ruang Lingkup, dan Contoh

2. Melintasi Batas Geografi

Dengan menggunakan internet, maka dunia seperti tak ada batasannya. Batas-batas geografi suatu wilayah maupun negara bahkan dapat dengan mudah dilampaui dengan menggunakan internet. Hal ini merupakan suatu hal yang positif bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis. 

Digital marketing yang berbasis jaringan internet akan membuat bisnis dan produk yang Anda miliki dapat dikenal di seluruh dunia. Anda bisa membuat suatu iklan di internet yang akan membuat masyarakat dunia mengetahui iklan yang Anda buat tersebut.

3. Biaya Murah

Dengan melakukan promosi melalui internet, Anda juga dapat menghemat pengeluaran. Jika biasanya Anda harus merogoh kocek lumayan dalam untuk melakukan promosi dengan menggunakan media lain, maka dengan internet Anda bisa menghemat pengeluaran. 

Bahkan, melakukan promosi atau digital marketing melalui internet juga bisa Anda lakukan meskipun tanpa modal sekalipun. Anda bisa membuat sebuah konten yang menarik melalui akun media sosial dan yang lainnya.

4. Mudah Terhubung ke Pelanggan

Internet membuat Anda bisa dengan mudahnya melakukan komunikasi dengan siapa saja termasuk pelanggan. Dengan mengandalkan internet, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara realtime. Anda bisa segera membalas pesan yang dikirim oleh pelanggan sehingga transaksi menjadi lebih cepat. Anda juga bisa mengirimkan iklan atau diskon produk secara langsung ke pelanggan dengan cepat.

5. Cepat Mendapatkan Feedback

Internet juga dapat memudahkan pelanggan untuk memberikan feedback terhadap produk yang Anda miliki. Pelanggan dapat segera memberikan review atau ulasan dan juga kritik yang membangun terkait produk yang Anda miliki. 

Dengan begitu, maka produk yang Anda pasarkan akan lebih mudah diketahui kualitasnya oleh orang lain. Apalagi jika review yang diberikan pelanggan bernilai positif, tentu akan banyak orang mempercayainya dan berencana untuk membeli produk yang sama.

6. Hemat Waktu

Dengan melakukan strategi digital marketing, maka Anda juga dapat menghemat waktu. Anda bisa melakukan promosi produk kapan saja dan juga dimana saja asalkan tersedia jaringan internet. Pelanggan juga dapat melihat produk yang Anda miliki sewaktu-waktu dan dimana saja. 

TRENDING:  Cara Mudah Membuka Bisnis Air Minum dalam Kemasan Keuntungan Melimpah

7. Bisa Diakses 24 Jam

Dengan mengandalkan jaringan internet untuk digital marketing, maka Anda dapat melakukan promosi kapanpun selama 24 jam. Anda tidak akan dibatasi oleh waktu lagi. Sehingga dengan cara seperti itu akan membuat penjualan Anda meningkat yang otomatis juga meningkatkan keuntungan.

Kekurangan Digital Marketing

Selain memiliki kelebihan, digital marketing juga memiliki beberapa kekurangan. Anda juga perlu mempelajari kekurangan digital marketing agar dapat menjadi pertimbangan strategi marketing yang Anda gunakan nantinya. Berikut ini beberapa kekurangan dari digital marketing.

1. Biaya Awal Cukup Tinggi

Meskipun dikatakan bahwa dengan memanfaatkan digital marketing Anda dapat menghemat pengeluaran, namun tak dapat disangkal bahwa untuk memulai strategi digital marketing juga dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Hal ini berlaku jika Anda menghendaki menggunakan sebuah situs website untuk memasarkan produk yang Anda miliki. 

Biaya untuk membuat suatu situs website juga terbilang cukup lumayan. Atau bisa juga melalui iklan di sebuah situs ternama yang biayanya juga cukup tinggi. Namun, jika Anda berusaha secara maksimal maka orang lain juga akan lebih mudah mengenal produk yang Anda miliki.

2. Pelanggan Butuh Offline Store

Meskipun produk yang Anda miliki telah dipasarkan secara online, namun terkadang ada pelanggan yang memilih untuk membeli secara offline. Kejahatan yang banyak terjadi dalam transaksi jual beli online membuat para pelanggan takut mengalami hal yang sama. 

Oleh karena itu, mereka cenderung menggunakan internet untuk mencari informasi seputar produk yang diinginkan. Kemudian mereka akan membelinya di offline store.

3. Pelanggan Tidak Menguasai Internet

Internet memang menjadi salah satu kebutuhan pokok saat ini. Hal ini yang membuat banyak orang bisa menggunakannya. Namun ternyata, masih ada beberapa orang yang belum menguasai internet. 

Jika sasaran produk yang Anda jual adalah kaum milenial, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika sasaran produk yang Anda jual adalah kalangan orang berumur maka Anda perlu mempertimbangkan lagi tentang penggunaan digital marketing.

TRENDING:  Mau Buka Usaha, Ketahui Dulu Perbedaan dan Pengertian CV dan PT

4. Perubahan Perdagangan Online

Internet dan juga media online berkembang sangat cepat. Hal ini harus benar-benar Anda perhatikan dalam menjalankan digital marketing. Mau tidak mau Anda harus mengikuti trend yang sedang terjadi. 

Anda perlu berusaha menyesuaikan dengan trend yang ada agar tidak dianggap ketinggalan zaman. Jika Anda tidak berusaha mengikuti trend, maka besar kemungkinan produk yang Anda pasarkan banyak ditinggalkan karena dianggap ketinggalan zaman.

5. Rentan Terjadi Penipuan

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh digital marketing adalah rentan terjadi penipuan. Banyak situs-situs website palsu yang berusaha untuk mengambil uang pelanggan. Belum lagi adanya pencurian data pelanggan oleh hacker yang perlu diwaspadai. 

6. Tidak Bersentuhan Langsung dengan Pelanggan

Kekurangan lainnya dalam digital marketing adalah penjual tidak dapat bersentuhan langsung dengan pembeli atau pelanggan. Dalam sebuah transaksi jual beli diperlukan adanya suatu sentuhan antara penjual dengan pembeli. Dengan adanya hal tersebut, maka akan membuat pembeli percaya kepada penjual dan dapat melakukan repeat order

Namun, jika melalui pemasaran online, hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan. Diperlukan trik dan cara cerdas agar terjadi hubungan baik antara penjual dan pembeli. Sehingga membuat pembeli menjadi percaya kepada penjual dan dapat terjadi repeat order.

7. Rentan Kesalahan Teknis

Digital marketing juga rentan terjadi kesalahan teknis. Sehingga meskipun mengandalkan teknologi yang sudah cukup maju, Anda sebagai penjual tidak boleh lengah. Ketelitian sangat diperlukan guna meminimalisir terjadinya suatu kesalahan. 

Digital marketing memang bukan suatu strategi pemasaran yang sempurna. Digital marketing memiliki kekurangan yang dapat Anda jadikan suatu tantangan untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. 

Baca Juga: Cara Membangun Aset Digital

Namun, dibalik semua kekurangan tersebut, percayalah ada banyak manfaat besar yang akan Anda terima jika memanfaatkan strategi digital marketing. Digital marketing bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak penjualan bisnis yang Anda miliki.