ArtikelBisnis Online

Keuntungan Menjalankan Bisnis Bengkel Motor Waralaba

Keuntungan Menjalankan Bisnis Bengkel Motor Waralaba – Menjalankan bisnis waralaba ini salah satu bisnis yang mudah untuk dijalankan. Tanpa bersusah payah membangun branding produk, Anda sudah bisa bermitra dengan perusahaan ternama untuk mendirikan usaha. Namun, hal tersebut tentunya memerlukan modal yang tidak sedikit karena membeli merek dari perusahaan yang sudah memiliki branding.

Usaha waralaba ini tidak hanya marak pada jenis makanan dan minuman, tetapi juga dapat berupa bangunan seperti alfamart, indomart, bahkan jenis usaha perbengkelan. Sekarang ini usaha bengkel motor terus berkembang. Dalam menjalankannya usahanya ini tidak jarang pula terdapat bengkel yang membuka waralaba.

Bisnis Waralaba ini memberikan dampak positif bagi keduanya, mitra akan mendapatkan fasilitas sedangkan pemilik usaha mampu memberbanyak usahanya yang pasti semakin banyak dikenal.

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan untuk menjalankan bisnis bengkel motor waralaba perhatikan hal-hal yang harus dilakukan sebelum bergabung menjadi mitra bengkel, kemudian dapatkan keuntungan yang melimpah dalam menjalankan bisnis waralaba bengkel ini.

Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba ini juga sering kali disebut dengan franchise. Pada dunia bisnis, waralaba ini menempatkan pihak lain sebagai penyedia dan pihak lain sebagai pemanfaatan barang atau jasa kepada pihak mitra.

Dalam hal ini terlibat 2 pihak, yakni pemilik usaha dan pemilik konsep disebut franchistor, pihak kedua yakni penerima atau pemanfaat merek dan konsep usaha disebut franchise.

Biasanya bisnis waralaba ini memiliki jangka waktu tertentu, keseluruhan sistem dan kebutuhannya dipenuhi oleh pihak pemberi waralaba. Enaknya, anda sudah tidak perlu lagi mengembangkan produknya, karena sudah dikembangkan oleh franchistor.

BACA JUGA  Cara Promosi Online shop Di Instagram

Bisnis waralaba dimulai dengan penyerahan sejumlah biaya untuk mendapatkan lisensi Setiap bisnis pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Tidak lain dengan bisnis waralaba ini, yang mana memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana berikut.

Kelebihan Mengikuti Bisnis Waralaba

Dalam hal ini waralaba memiliki keunggulan yakni pertama pada brand yang sudah terkenal, dengan brand yang sudah banyak diketahui orang pastinya akan lebih mudah melakukan pemasaran. Kedua, memiliki sistem kerja yang sudah jelas, mitra hanya mengikuti prosedur.

Ketiga, pasarnya sudah sangat jelas sebab dalam hal ini Anda tidak lagi perlu melihat kondisi pasar, keran telah dilakukan oleh perusahaan induk. Keempat, franchisor ini biasanya juga memberikan rekomendasi, dukungan, dan juga pelatihan karyawan. Kelima. Terdapat konsumen yang memang sudah menjadi langganan dari bengkel ternama tersebut.

Kekurangan Mengikuti Bisnis Waralaba

Selain memiliki kelebihan, waralaba bengkel ini pun memiliki kekurangan yang dialami oleh mitra. yang pertama, adanya biaya royalti yang harus dibayarkan oleh pihak mitra kepada franchisor.

Kedua, adanya ketentuan yang mungkin sangat banyak dari induk waralaba. Ketiga, Anda tidak bisa menjalankan usaha atas kemauan diri sendiri, tetapi mengikuti peraturan yang sudah ada serta menjalani mimpi orang lain.

Baca Juga: Pengertian CV dan PT

Tips Menjalankan Bisnis Bengkel Motor Waralaba

Selama menjalankan bisnis ini tentunya Anda merasa bingung di awal untuk sistem kerja yang ada pada bisnis waralaba. Beda harga biasanya juga beda fasilitas yang akan Anda peroleh untuk memulai usaha waralaba ini.

Oleh karena itu, pilihlah tempat bisnis waralaba yang namanya sudah terkenal, hal ini akan mendatangkan keuntungan. Nah, berikut ini keuntungan-keuntungan yang akan Anda peroleh dalam berbisnis bengkel motor waralaba.

BACA JUGA  Pengertian Pemasaran, Jenis Pemasaran, Serta Fungsi Pemasaran Ilmu Bisnis

Carilah Brand Ternama

Sebelum menjalankan bisnis ini Anda bisa melakukan riset perusahaan bengkel yang menyediakan waralaba, sehingga Anda bisa mendaftar menjadi mitranya. Dengan bergabung dengan brand ternama, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Sebab adanya brand yang sudah dikenal akan berpotensi agar usaha waralaba bengkel Anda lebih bisa maju hanya dalam hitungan waktu.

Usahakan Modal Cukup

Usaha selalu membutuhkan modal yang cukup. Selain modal pastinya juga terdapat aspek penting lainnya, namun keberadaan modal ini juga sangat penting. Usaha waralaba memang lebih mahal, namun anda sudah mendapatkan fasilitas serta layanan yang menarik.

Tetapkan Konsep Khusus sebagai Identitas Usaha

Dalam bisnis waralaba ini sudah terdapat konsep dalam usaha, hanya saja jika Anda ingin menambahkan varian konsep bisa sangat mendukung usaha Anda. Meskipun tanpa membuat konsep baru Anda sudah bisa menjalankannya, tetapi akan lebih baik jika Anda memiliki konsep usaha agar memiliki nilai lebih.

Pilihlah Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi juga sangat penting sekali untuk dilakukan. Kondisi yang strategis ini bisa meningkatkan konsumen Anda dalam usaha. Dibandingkan dengan waralaba lain, pemilihan tempat yang tepat ini penting untuk dipertimbangkan oleh waralaba bengkel motor.

Karena tempat yang strategis ini harus mampu menjangkau konsumen atau pasar yang dituju. Seperti memilih lokasi yang menjadi akses mobil atau kendaraan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjalankan bisnis bengkel motor waralaba. Bisnis waralaba ini memang menguntungkan, Anda sudah bisa memiliki brand atau merek dagang tanpa harus membuatnya, dan ini sifatnya sah serta tidak akan bisa dituntut plagiasi. Karena memang ini salah satu bentuk kerjasama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button