Ide Bisnis

Melihat Peluang Wirausaha Lewat Ide Bisnis di Desa

Melihat Peluang Wirausaha Lewat Ide Bisnis di Desa. Perputaran ekonomi secara cepat dan singkat terjadi di ibukota negara yaitu kota Jakarta. Karena ibukota memang tempat yang cocok untuk melakukan bisnis baik rumah usaha kecil maupun perusahaan besar. Memang orang kota alias Jakarta cenderung konsumtif sehingga membuat perputaran uang begitu cepat. Apa pun yang ada dan dijual di Jakarta pasti ada saja yang membeli bahkan memborongnya.

Berbeda cerita jika kita melihat pada desa-desa yang perputaran uang atau ekonominya begitu lambat. Pebisnis di kota jika kita bandingkan pada pebisnis desa tentu lebih menguntungkan pebisnis di kota. Perputaran uang secara cepat membuat pebisnis kota lebih gesit dalam perkembangan usahanya. Lalu apakah kita tidak bisa bekerja di desa dan mendirikan sebuah rumah usaha di sana?

Tentu perputaran uang perlu kita jadikan patokan agar bisnis kita bisa berkembang secara baik. Tapi kita juga harus melihat kondisi kita manakala kira merupakan orang desa yang ingin mendirikan usaha. Jika kita orang desa maka perlu menutup mata pada kenyataan perputaran uang yang cepat di kota. Kita harus tetap mencari ide bisnis di desa agar ekonomi keluarga kita tetap berjalan.

Jika Anda merupakan wirausahawan yang cerdas dan ahli, tempat bukanlah menjadi alasan untuk gagal bisnis. Seharusnya Anda harus melihat peluang yang ada di desa agar bisnis Anda bisa berjalan secara baik dan signifikan. Memang teori bisnis di kota tidak bisa serta merta Anda gunakan untuk bisnis yang Anda rintis di desa. Anda harus sedikit kreatif untuk menembus pasar orang-orang desa yang notabenenya beda jauh dengan masyarakat Jakarta.

Ide bisnis di desa memang agak susah kita temukan jika tidak bisa membaca keadaan tempat kita mulai usaha. Anda harus melakukan observasi terlebih dahulu sebelum menentukan bisnis apa yang cocok. Semisal desa tersebut penghasil buah yang besar maka Anda jangan berbisnis buah mentah saja. Cari bisnis yang bukan buah secara mentah tapi buatlah sebuah olahan buah yang kreatif. Sehingga apa yang ada di desa akan tampak beda dengan apa yang Anda jual jika sudah diolah.

BACA JUGA  Ide Bisnis Kreatif di Dunia yang Layak untuk Dicoba

Memang sulit jika harus mengolah apa yang sudah ada karena memerlukan tenaga lebih. Semisal Anda sebagai petani buah tapi ingin menjadi wirausahawan maka terapkan langkah tadi. Buah hasil dari Anda memanen di desa bisa Anda olah terlebih dahulu agar dagangan Anda berbeda dengan petani lain. Jangan buat produk yang sama dengan orang sekitar walaupun bisnis Anda ada di desa.

Ide bisnis di desa juga sangat berpengaruh oleh harga dari sebuah produk yang Anda juga terjadi. Jangan buat harga produk Anda terlalu tinggi atau mahal karena ekonomi orang desa tidak sebagus orang kota. Buatlah harga serendah mungkin dan untung yang sedikit terlebih dahulu dalam bisnis di desa. Jika Anda telanjur membuat harga terlalu tinggi sudah dipastikan orang desa akan menjauhi produk bisnis Anda.

Mungkin Anda akan bertanya jika kita mengambil untung sedikit di bisnis desa maka sulit menjadi kaya? Memang bisa terkesan sangat lama jika memulai bisnis di desa tapi jangan khawatir tidak jadi kaya. Pasalnya Anda tetap bisa jadi kaya lewat berbisnis di desa yang notabenenya perputaran uangnya lambat. Anda cukup belajar menjadi pribadi ulet dan sabar dalam menjalin bisnis di sebuah desa.

Tentu masih ada hal lainnya dalam mengembangkan ide bisnis di desa agar kita tedak menunggu lama. Hal ini masih ada kaitannya dengan harga murah pada produk yang Anda jual di desa tersebut. Anda bisa memainkan kualitas atau kuantitas pada produk yang Anda jual tersebut. Dalam artian Anda bisa mengurangi kualitas atau kuantitas di produk Anda secara perlahan.

Pengurangan kualitas dan kuantitas memang cenderung beresiko pada nama baik bisnis Anda. Mungkin semula bisnis yang sudah punya nama baik bisa jadi jelek karena kualitasnya tidak baik lagi. Akan tetapi turunkan kualitas dan kuantitas tersebut secara perlahan agar pelanggan Anda tidak curiga. Dengan menurunkan sedikit kuantitas atau kualitas pada produk keuntungan bisa merangkak bertambah.

BACA JUGA  Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Tidak Menggunakan Banyak Modal

Begitulah tips dan trik saat Anda mulai menemukan ide bisnis di desa dan ingin menjalankannya. Walaupun agak susah usaha di desa tapi tidak ada kata menyerah bagi seorang wirausaha yang berniat sukses.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button