Peluang Bisnis Budidaya Udang Vaname Air Tawar

Peluang Bisnis Budidaya Udang Vaname Air Tawar

Budidaya Udang Vaname Air Tawar – Bisnis yang menguntungkan untuk dijalankan bagi para pemula dalam dunia bisnis tidak melulu tentang sekedar jual beli barang saja. Salah satu pilihan lainnya yang tidak kalah menguntungkannya adalah bisnis budidaya udang vaname. Ini menjadi pilihan bisnis yang terbaik bagi Anda yang suka memelihara hewan.

Pada dasarnya membudidayakan sesuatu Anda tidak membutuhkan keahlian tertentu tetapi yang dibutuhkan adalah kesabaran, tekun, dan semangat belajar yang tinggi. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila Anda tidak memiliki pengalaman apapun dalam budidaya dan belum pernah sekalipun mengetahui tentang budidaya sebelumnya.

BACA JUGA:  Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Dan untuk mempelajari budidaya Anda bisa mencari informasi melalui berbagai situs di internet dan jika Anda merasa membutuhkan mentor Anda bisa mengikuti pelatihan, seminar, maupun workshop tentang budidaya. Ada berbagai pilihan hewan yang bisa Anda budidayakan di rumah seperti contohnya budidaya udang vaname air tawar.

Meskipun habitat sebenarnya udang ini berasal dari air asin udang vaname bisa dibudidayakan di air tawar juga. Ini tentu kabar yang baik bagi Anda yang tertarik dengan jenis udang yang satu ini. Karena memang udang vaname memiliki ukuran yang lebih besar dari udang pada umumnya tetapi tetap saja ukurannya tidak bisa mengalahkan jenis udang windu.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Sebagai seorang pebisnis Anda sudah pasti akan melihat terlebih dahulu bagaimana peluang keuntungan dari bisnis yang akan dijalani sebelum benar-benar terjun di dalamnya bukan? Anda tentu tidak mau merasa rugi di tengah jalan karena salah membaca peluang dari bisnis budidaya yang satu ini. Untuk itu Anda bisa membaca mengenai ulasan peluang keuntungan budidaya udang vaname air tawar berikut ini agar Anda bisa tahu gambaran jelasnya.

Modal Usaha Budidaya Udang Vaname Relatif Kecil

Modal merupakan aspek penting yang selalu menjadi pertimbangan setiap pebisnis ketika akan menekuni sebuah usaha. Bagaimana tidak modal merupakan syarat penting yang perlu dimiliki karena berhubungan dengan pengadaan alat, bahan, serta benih udang vanamenya sendiri. Apabila modalnya tidak ada tentu bisnis udang vaname juga tidak bisa Anda miliki.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Anda tidak perlu langsung mempersiapkan modal dalam jumlah yang besar karena sebenarnya modal yang diperlukan juga tidaklah besar dan Anda bisa membuat kolam-kolam portabel dari terpal sehingga dapat menekan biaya. Sebagai pemula dalam budidaya udang vaname air tawar Anda tentu ingin memulainya secara perlahan sehingga apabila terjadi kerugian Anda tidak kehilangan uang terlalu banyak.

Pemeliharaan Udang Vaname yang Relatif Mudah

Bagi orang yang tidak pernah membudidayakan udang sebelumnya dan ingin mencoba peruntungannya dengan memulai membudidayakan udang vaname maka Anda tidak perlu terlalu khawatir gagal. Karena karakteristik yang dimiliki oleh udang vaname sangat cocok untuk pembudidaya pemula.

Makanan yang perlu Anda berikan juga makanan udang seperti biasa dan tidak membutuhkan asupan protein yang tinggi. Budidaya udang vaname air tawar Anda akan selesai setiap tiga bulan dimana artinya Anda akan melakukan panen setiap tiga bulan sekali. Udang vaname umumnya tidak membutuhkan perlakuan khusus agar dia bisa tumbuh dengan baik di air tawar.

BACA JUGA:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Bahkan saking pesatnya pertumbuhan udang vaname apabila ditimbang setiap minggunya bobot dari udang tersebut akan naik sebesar 3 gram per ekornya. Meski Anda tidak perlu memberi makan udang vaname dengan makanan khusus setiap harinya pun perlakuan tertentu agar udang bisa hidup dengan baik Anda masih tetap harus menyisihkan sebagian dari modal untuk membelikan udang ini obat agar tidak mudah terserang penyakit.

Peluang Pasar Udang Vaname yang Luas dan Tinggi

Kebutuhan konsumsi udang sekarang ini bisa dibilang meningkat berkat kesadaran masyarakat akan banyaknya kandungan gizi di dalamnya. Sebelumnya pasokan udang paling banyak akan diserap oleh restoran-restoran besar, depot makanan, dan hotel. Namun sekarang ibu rumah tangga juga mulai membeli udang vaname untuk dikonsumsi sekeluarga. Untuk itu diperlukan budidaya udang vaname air tawar yang banyak agar bisa memenuhi kebutuhan.

BACA JUGA:  Menambah Penghasilan Dengan Bisnis Budidaya Belut Dalam Ember

Memang benar yang dibeli oleh ibu rumah tangga biasanya tidak banyak tetapi yang jelas yang membeli bukan hanya satu orang saja bukan? Anda hanya perlu mempromosikan kandungan gizi dari udang vaname maka para ibu rumah tangga pasti akan langsung menyerbu dagangan Anda.

Dan perlu Anda ketahui udang vaname merupakan komoditi ekspor karena telah ditetapkan sebagai udang jenis unggulan. Sehingga apabila Anda menginginkan budidaya udang vaname air tawar Anda berjalan dengan cepat Anda bisa membidik pasar ekspor.

Biaya Operasional yang Terjangkau

Untuk membudidayakan udang vaname maka Anda memerlukan media pembudidayaan, lahan dan alat-alat pendukung lainnya. Untuk lahan Anda bisa memanfaatkan halaman rumah Anda sebagai tempat pembudidayaan jika ada dan bisa menyewa lahan kosong apabila tidak memiliki halaman yang bisa digunakan. Untuk kolamnya Anda bisa membuat kolam terpal saja karena biaya pembuatannya relatif lebih murah dan ketahanan dari kolamnya relatif lama.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Nah, selanjutnya Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli benih udang vaname, obatnya, dan biaya untuk listrik per bulannya. Semua peralatan yang Anda beli di saat baru saja memulai bisnis budidaya bisa digunakan lagi sampai alat tersebut harus diganti.

Itulah penjelasan mengenai peluang keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda melakukan budidaya udang vaname air tawar. Pelajarilah dengan baik dan benar terlebih dahulu tentang seluk beluk pembudidayaannya sebelum Anda membangun kolam-kolam budidaya dan membeli benih udang vaname.

Check Also

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal – Lobster merupakan hewan yang dapat dimakan, dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *