Peluang Usaha Jasuke dan Analisa Usahanya

2 min read

Jagung memang jadi salah satu makanan pokok selain beras. Namun, tidak hanya dijadikan makanan pokok, tetapi ada banyak olahan makanan dari jagung ini. Salah satunya adalah Jasuke alias Jagung Susu Keju. Maka dari itu, tidak heran peluang usaha jasuke patut dipertimbangkan.

Selain mendapatkan bahan baku yang mudah. Pasti banyak orang akan lebih tertarik dengan olahan ini. Sebab jika melihat penjual jadul, jagung hanya akan diolah menjadi jagung rebus dan bakar. 

Namun, kali ini bisa diolah menjadi jagung rebus dengan topping beragam serta keju. Berikut ulasan lengkapnya:

Olahan Makanan Seperti Apa itu Jasuke?

Menjadi seorang pedagang selain kegigihan yang dibutuhkan lagi adalah kreativitas. Selain itu, pemilihan bahan produk juga penting. Sebab jika bahan dari produk yang dijual adalah barang mahal dan langka, pasti akan berdampak pada nilai jual yang tinggi juga.

Maka dari peluang usaha Jasuke bagi warga Indonesia boleh dicoba. Pasalnya, keberadaan jagung sebagai makanan pokok tentunya membuat tanaman ini akan mudah sekali didapatkan. Maka saat calon pebisnis hendak membuka usaha Jasuke tentu sangat mudah sebab berbahan dasar  Jagung.

TRENDING:  9 Cara Pemasaran Ikan Nila dengan Mudah

Lalu sebenarnya apa itu Jasuke? Bisa dikatakan ini adalah makanan kekinian yang sempat viral beberapa waktu belakangan. Olahan jagung dengan susu dan keju ternyata cocok di lidah masyarakat. Selain itu, jagung juga sudah ada cita rasa manis alami.

Namun, paduan butiran Jagung ditambah parutan keju dan susu pasti membuat banyak orang ketagihan. Terlebih anak-anak yang suka dengan makanan manis. Bahkan orang yang tidak suka Jagung, bisa jadi suka karena olahan ini memang sangat menyatu untuk rasa manis dan gurihnya.  

Jadi, dijamin tidak akan bosan jadi tentu ini akan menjadi peluang usaha Jasuke. Terlebih beberapa outlet Jasuke hari ini tidak hanya menyediakan versi originalnya saja. 

Namun, juga ada varian rasa yang lebih menggoda pembeli. Misalnya ada rasa blueberry,BBQ, pedas manis dan sebagainya. 

Resep Membuat Jasuke

Setelah dijelaskan mengenai Jasuke dengan singkat. Maka sebagai orang yang hendak terjun ke dunia bisnis ini harus paham bagaimana cara membuat resep makanan ini. Adapun bahan dan caranya akan dipaparkan lengkap disini:

  • Menyiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan. Untuk pembuatan Jasuke ini kurang lebih 50 g keju Cheddar. Kemudian susu kental manis yang putih 3 sendok saja. Dan margarin 1 sendok serta jagung manis 3 buah.
  • Kemudian mulai dengan membersihkan jagung dari rambut dan kulitnya selanjutnya mencucinya. Jika sudah, lalu mengukusnya. 
  • Tunggu beberapa saat hingga jagung mulai matang dan empuk. Selanjutnya bisa dipipil alias dilepas dari bonggolnya.
  • Untuk selanjutnya pipilan jagung tersebut siap di taruh didalam wadah yang diinginkan. Bisa berupa gelas kecil atau cup. 
  • Lalu masukan margarin pada wadah tersebut dan aduk rata. Namun sebenarnya cara ini bisa dilakukan di wadah lain terlebih dahulu. Dan menuangkannya pada wadah siap makan saat adonan sudah tercampur.
  • Kemudian bisa ditambahkan susu kental putih untuk menambah cita rasa gurih dan manis
TRENDING:  7 Cara Budidaya Ikan Bioflok Paling Mudah

Melakukan Analisa Terkait Usaha Jasuke

Selanjutnya memahami bagaimana cara pembuatan Jasuke. Maka saatnya melakukan analisa terhadap usaha ini. Untuk itu pembaca harus membaca dengan teliti agar tiap stepnya tidak terabaikan. Pasalnya untuk memulai sebuah bisnis harus diperhitungkan secara matang, berikut ulasannya:

1. Strategi Promosi

Salah satu hal yang harus ditempuh bagi seorang pebisnis adalah promosi. Bagaimana dagangannya bisa dilirik banyak orang. Untuk cara hari ini, selain bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Bisa juga dilakukan dengan promosi di sosial media.

Bisa juga mulai dengan memberikan diskon atau beli 3 gratis 1 pada pembelian pertama. Selain itu, cantumkan juga alamat outletnya. Jika memungkinkan buka juga Delivery order agar bisa menarik banyak pembeli tanpa harus datang ke outlet tersebut.

2. Analisa Keuangan Dan Kebutuhan 

Setelah memikirkan bagaimana cara melakukan strategi promosi. Maka saatnya melakukan list terhadap apa saja yang menjadi kebutuhan dalam menjalankan bisnis ini. 

  • Pembelian peralatan untuk berjualan. Meliputi etalase kurang lebih 500 ribu. Kemudian untuk kompor dan wajan, panci dan perlengkapan sendok garpu bisa diberi budget sekitar 700 ribu.
  • Jangan lupa juga menyediakan meja maupun kursi jika perlu dan biaya tambahan sekitar 800 ribu.
  • Kemudian itu biaya bahan makanan untuk olahan Jasuke kurang lebih biaya dalam sebulan. Misalnya keju, susu, margarine dan jagung manis sekitar 1,5 juta.
TRENDING:  Cara Membuka Usaha Furniture Rumahan untuk Pemula

3. Target Pasar

Kemudian peluang usaha Jasuke juga bisa dijalankan dengan melakukan target pasar. Setelah menyiapkan semua mulai dari analisa keuangan untuk perlengkapan. Maka saatnya mencari target pasar. Untuk makanan ini sendiri sebenarnya targetnya bisa banyak orang dari berbagai kalangan. 

Jadi, untuk outlet ini bisa diletakkan di sekitar tempat ramai pengunjung misalnya alon-alon ataupun taman kota. Sehingga orang akan lebih mudah menemukan. Dan membeli jajanan kekinian tersebut. Tidak hanya itu pemilihan lokasi yang tepat sangat penting. 

Demikian itu penjelasan mengenai peluang usaha Jasuke yang tidak bisa sembarangan dipandang sebelah mata. Sebab jika dilihat memang makanan ini tergolong sederhana, walaupun begitu banyak orang suka. 

Baca Juga: Inspirasi Snackbox untuk Usaha Katering Rumahan