Peluang Usaha Rental PS 3 dan Cara Memulainya

2 min read

Sejak dulu, PS atau PlayStation memang memiliki jumlah penggemar yang banyak. Hingga saat ini bahkan jumlah peminatnya terus bertambah. Harga perangkatnya yang kurang terjangkau membuat usaha rental PS 3 terlihat memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apakah kenyataannya demikian?

Usaha ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak sedikit jumlah usaha rental sampai hari ini. Dengan persaingan yang cukup tinggi, beberapa usaha masih bertahan dengan omset tinggi per harinya namun beberapa usaha sudah gulung tikar. Ketahui peluang dan cara memulainya di ulasan berikut:

Peluang Usaha Rental PS 3

Berbicara soal peluang usaha tentu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis usaha yang akan dijalankan. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari usaha ini maka calon pengusaha dapat menimbang peluang usaha yang mungkin didapatkan dari rental PS 3. Berikut ulasannya:

1. Kelebihan dari Usaha Rental PS

Besarnya animo masyarakat menjadi salah satu pertimbangan mengapa jenis usaha rental PS 3 ini cukup menjanjikan. Akan tetapi tidak sampai disitu saja.

Masih banyak kelebihan lain dari usaha ini yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Adapun sebagai berikut beberapa kelebihan yang dimaksud:

  • Target pasar yang luas. Rental PS bisa dinikmati oleh semua usia. Ini membuat usaha rental PS mempunyai target pasar yang cukup luas. Anak-anak sudah pasti banyak yang menyukai bermain PS, selain itu orang dewasa juga termasuk dalam peminat PS.
  • Omset besar di setiap bulan. Meskipun biaya sewa per jamnya cukup murah, bermain PS tidak akan memuaskan jika hanya dimainkan dalam beberapa kali saja. Ini artinya, biaya sewa per jam dihitung dengan dikalikan berapa jam dan hari pengguna rental PS. Tentu saja jika ditotal ini akan menghasilkan omset yang menjanjikan.
  • Sistem yang bisa di update setiap saat. PlayStation memiliki sistem yang bisa diperbarui setiap saat. Selain itu, ada banyak pilihan game dan versinya juga.
TRENDING:  6 Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Panen

2. Kekurangan dari Usaha Rental PS

Semua jenis usaha tentu saja memiliki kekurangan, tidak terkecuali dengan usaha rental PS. Untuk mulai membuka usaha, sudah semestinya untuk membuka mata pada kekurangan atau risiko apa saja yang mungkin akan dihadapi. Adapun sebagai berikut beberapa kelebihan dari usaha rental PS ini:

  • Modal usaha yang besar. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perangkat PS tidaklah murah. Terlebih lagi jika membuka usaha rental PS artinya harus menyediakan beberapa perangkat beserta monitor dan kelengkapan lainnya.
  • Perawatan perangkat yang mahal. Harganya yang mahal juga membuat biaya perbaikan kerusakan pada perangkat cukup mahal. Untuk merawat perangkat diperlukan biaya yang tidak sedikit, termasuk dengan membayar biaya teknisi.
  • Perangkat yang mudah rusak. Tidak jarang PS dimainkan secara bersama-sama atau berkelompok oleh anak-anak atau remaja. Ini memungkinkan perangkat PS untuk dimainkan dengan sembarang. Inilah alasan mengapa perangkat rentan rusak.
TRENDING:  7 Contoh Label Minuman Terbaik dan Kreatif

Cara Memulai Usaha Rental PS 3

Masih tertarik untuk membuka usaha rental PS 3? Tentu saja omset yang menjanjikan, membuat usaha ini terlihat menarik. Sebelum mulai membuka usaha, ketahuilan cara memulai usaha rental PS yang diringkas dalam pembahasan ulasan berikut ini:

1. Buat Perkiraan Budget

Sebelum memulai membuka usaha rental, tentu langkah pertama yang perlu diambil ialah membuat estimasi budget. Untuk mengetahui estimasi budget diperlukan pengetahuan akan harga modal untuk membeli perlengkapan serta biaya operasional dari rental PS. Berikut rincian singkatnya:

  • Biaya PS 3 per unit Rp 2.500.000. Misalnya akan membuka rental dengan PS sebanyak 5 unit maka diperlukan biaya Rp 12.500.000.
  • TV atau monitor LCD 32 inch seharga Rp 2.500.000. Untuk 5 unit PS tentu juga akan memerlukan 5 monitor LCD dengan biaya Rp 12.500.000.
  • Meja dengan harga per unit Rp 150.000. Untuk 5 unit PS maka memerlukan biaya Rp 750.000.
  • Kipas angin dan karpet bisa diestimasikan seharga Rp 1.000.000.
  • Biaya listrik untuk 5 unit PS diestimasikan mencapai Rp 1.000.000.
  • Biaya perawatan atau kebutuhan mendadak sebesar Rp 500.000.
  • Jika ditotal maka besarnya modal yang diperlukan ialah Rp 28.250.000.
TRENDING:  Pengertian Research and Development, Keuntungan dan Tahapannya

2. Hitung Keuntungan

Selain menghitung modal yang diperlukan, hitung juga estimasi keuntungan yang didapatkan. Ini digunakan untuk memperkirakan waktu balik modal dan perkiraan omset setiap bulannya. Berikut gambaran singkatnya:

  • Harga rental per jam Rp 5.000 dengan estimasi lama rental dalam 1 hari selama 15 jam.
  • Perhitungannya: Rp 5.000 x 15 jam x 5 unit PS = 250.000/hari.
  • Pendapatan 1 bulan: 250.000 x 30 hari = 7.500.000.
  • Apabila dikurangi dengan operasional: 7.500.000 – 1.500.000 (perkiraan biaya listrik dan perawatan) = 6.000.000 per bulan.
  • Dengan estimasi laba bersih Rp 6.000.000 setiap bulannya, maka pengembalian modal bisa didapatkan pada bulan ke lima.

3. Siapkan Peralatan

Selain kedua langkah di atas, untuk memulai usaha rental PS 3 selanjutnya adalah dengan mempersiapkan peralatan. Pastikan untuk membeli peralatan PS3 dengan kualitas yang masih baik. Jangan beli PS dengan kondisi YLOD atau lampu indikator yang sudah kekuningan.

Selain peralatan PS, siapkan juga TV atau monitor LCD dengan kualitas HD yang jernih. Jangan gunakan monitor dengan ukuran terlalu kecil. Gunakan TV atau monitor LCD minimal dengan ukuran 32 inch. Meskipun membeli LCD bekas, pastikan kualitasnya masih baik.

Itulah sedikit ulasan mengenai peluang usaha rental PS 3 dan cara memulainya. Sebagai catatan, perkiraan di atas digambarkan apabila pembukaan usaha tidak memerlukan biaya sewa tempat.

Baca Juga: 7 Cara Budidaya Ikan Bioflok Paling Mudah