ArtikelBisnis Online

Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli, Tugas dan Persyaratannya

Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli

Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli, Tugas dan Persyaratannya – customer service merupakan salah satu layanan terpenting dalam dunia bisnis, di mana menghubungkan pelanggan dengan penyedia barang atau jasa.

Dengan kata lain, customer service adalah divisi terdepan yang harus bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menyediakan berbagai solusi terkait masalah mengenai produk yang dijual.

Jika ingin mengartikan customer service secara umum maka bisa diartikan sebagai setiap kegiatan atau layanan yang diberikan kepada pelanggan dengan tujuan memberikan kepuasan.

Biasanya, layanan yang disediakan terkait menanggapi keluhan, menjawab pertanyaan atau memberi solusi. Lalu, apa pengertian customer service atau layanan pelanggan jika berdasarkan para ahli?

Apa Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli

Customer Service Menurut Kasmir

Ada banyak sekali pengertian customer service menurut para ahli, salah satunya dinyatakan oleh Kasmir. Menurut Kasmir, seorang pakar ekonomi yang menerbitkan buku Etika Customer Service, menyatakan bahwa…

Customer service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan dan ditujukan bagi nasabah untuk memberikan kepuasan dengan menyediakan layanan yang dapat memenuhi kegiatan atau kebutuhan nasabah.

Customer Service Menurut Philip Kotler

Kemudian ada pengertian menurut Philip Kotler yang menyatakan customer service sebagai sebuah layanan, kegiatan atau manfaat yang bisa diberikan kepada pihak lain yang tidak berwujud dan tidak pula berakibat kepemilikan sesuatu dan produksinya bisa atau tidak bisa dikaitkan dengan suatu fisik produk.

Dari pengertian ini bisa dilihat bahwa seorang customer service harus bisa ‘menerima apapun’.

Customer Service Menurut Moenir

Lalu ada pengertian customer service menurut Moenir, seorang pakar manajemen, menyatakan bahwa customer service adalah sesuatu yang sistematis di mana kegiatan yang dilakukan berlandaskan pada suatu sistem, prosedur dan metode tertentu guna memenuhi kebutuhan dan kepentingan pihak lain yang sesuai dengan hak-haknya.

Semua yang dilakukan customer service ada standar dan prosedur tertentu.

Customer Service Menurut Turban et al.

Pengertian customer service menurut para ahli selanjutnya cukup singkat namun padat. Salah satunya dinyatakan oleh Turban et al. Menurutnya, customer service adalah suatu layanan yang diberikan kepada pelanggan sebelum, selama dan sesudah pembelian.

Customer Service Menurut Institute of Customer Service

Dari Institute of Customer Service dinyatakan pengertian dari layanan ini adalah jumlah total dari apa yang dilakukan oleh organisasi untuk memenuhi harapan pelanggan dan menghasilkan kepuasan pelanggan.

Tugas atau Fungsi dari Customer Service

Dari semua pengertian yang sudah dinyatakan oleh beberapa ahli mengenai pengertian customer service maka bisa dirinci apa saja yang menjadi tugas atau fungsi dari bagian layanan customer service dalam sebuah perusahaan atau bisnis.

Tugas dari pemberi layanan ini adalah resepsionis, deskmen, salesman, customer relation officer, dan komunikator.

Sebagai resepsionis, seorang customer service harus ramah, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan. Dengan begitu pelanggan yang datang akan merasa nyaman dan bisa mudah mengerti dengan apa yang dijelaskan.

Selain itu, tugasnya sebagai deskmen mengharuskan seorang customer service melayani berbagai aplikasi dengan memberikan informasi produk, manfaat atau pertanyaan lain terkait produk.

Dari pengertian customer service menurut para ahli bisa terlihat juga bahwa seorang yang bekerja di pelayanan ini sekaligus bertugas sebagai salesman karena harus mampu menjual produk dan mampu melakukan pendekatan sekaligus mencari pelanggan.

Adapun tugasnya sebagai customer relation officer adalah harus mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Terakhir tugas sebagai komunikator berarti bahwa pekerja customer service merupakan orang yang menghubungi dan memberikan informasi kepada pelanggan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan atau bisnis yang dijalankan.

Tugas customer service memang sangat beragam dan cukup berat, oleh karenanya keahlian yang dimiliki pun harus memadai.

Baca Juga: Pengertian Business to Business, Ciri, Kategori dan Strategi Marketingnya

Syarat Menjadi Customer Service

Supaya tugas customer service terpenuhi dengan baik maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi mulai dari persyaratan fisik, mental, kepribadian dan sosial. Secara fisik, seorang customer service harus menarik, memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional dan sehat secara jasmani dan rohani.

Sedangkan secara mental, seorang customer service harus kuat mental karena memikul tanggung jawab besar.

Adapun syarat kepribadian maka orang-orang yang ingin memasuki dunia customer service harus enerjik dan gesit, memiliki selera humor, mampu mengendalikan diri, tidak temperamental dan tidak mudah terpancing kata-kata atau berbuat kasar.

Karena dalam melayani pelanggan seorang customer service akan menemui berbagai macam pelanggan dengan sifat yang beragam, bahkan tidak sedikit yang bisa menyinggung.

Terakhir adalah syarat sosial di mana seorang customer service harus memiliki jiwa sosial tinggi, bijaksana, berbudi pekerti tinggi, pandai bergaul atau bersosialisasi serta mampu bekerjasama dan berkomitmen dengan berbagai macam pihak.

Dari semua pengertian customer service menurut para ahli, tugas serta persyaratan ini bisa dilihat bahwa betapa pentingnya kehadirannya di tengah perusahaan atau bisnis.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Artikel