Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli
Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli

Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis

Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis – Saat ini untuk bisa survive dalam berbisnis harus mampu memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Agar alur penjualan semakin meningkat, salah satu elemen yang digunakan adalah E commerce.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Elektronik Commerce (E commerce) adalah perdagangan secara elektronik. Ini merupakan aktivitas perdagangan mulai dari penjualan, penyebaran, hingga pemasaran produk baik jasa maupun barang yang memanfaatkan jaringan telekomunikasi. Contohnya, melalui internet, televisi, radio, komputer, dan lain-lain.

Apa Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli

Pengertian E Commerce

Dalam arti yang sederhana, E commerce merupakan proses jual beli secara elektronik. Metode yang satu ini kian hari kian berkembang dan banyak digunakan oleh para pengusaha yang secara perlahan mampu menggantikan transaksi jual beli secara offline.

Beberapa ahli memiliki pendapatnya sendiri-sendiri mengenai hal ini. Beberapa definisi pun mulai dikemukakan tentang E commerce ini. Untuk mengetahui apa saja pengertian E commerce menurut para ahli, simak informasi berikut ini.

TRENDING:  Contoh SIUP dan Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang SIUP

Kalakota and Whinston

Berdasarkan ahli yang bernama Kalakota dan Whinston, Pengertian dari E commerce adalah kegiatan belanja secara online dengan menggunakan jaringan internet yang cara transaksinya melalui transfer uang secara digital. Definisi yang diungkapkan pada tahun 1997 ini meninjau E commerce dari 4 perspektif, yaitu:

Dari Segi Perspektif Komunikasi

Merupakan proses transaksi yang dilakukan melalui jaringan elektronik seperti komputer atau peralatan elektronik lainnya dalam hal pengiriman barang, informasi, layanan, atau pembayaran.

Dari Segi Perspektif Bisnis

Merupakan sebuah aplikasi yang berasal dari teknologi menuju otomatisasi dalam transaksi bisnis dan aliran kerja.

Dari Segi Perspektif Layanan

Merupakan alat yang digunakan untuk memenuhi keinginan semua pihak yaitu perusahaan, manajemen, dan konsumen dalam hal pengurangan biaya layanan (service cost) saat melakukan peningkatan, baik dalam hal peningkatan kecepatan layanan pengiriman maupun kualitas barang.

Dari Segi Perspektif Online

Merupakan kemampuan dalam melakukan transaksi jual beli produk melalui internet maupun sarana online lainnya.

Jadi, berdasarkan pengertian E commerce menurut para ahli yang bernama Kalakota dan Whinston, E commerce itu sendiri mengacu pada sebuah jaringan internet saat melakukan belanja secara online dengan jangkauan yang lebih sempit. Sedangkan cara melakukan transaksinya berupa transfer uang secara digital.

Laudon

Di tahun 1998, muncul definisi lain dari E commerce yang dikemukakan oleh Laudon. Yaitu sebuah proses transaksi berbagai produk yang dilakukan konsumen dalam menjual atau membeli secara elektronik dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Aktivitas yang satu ini dilakukan dengan perantara komputer.

TRENDING:  Pengertian Pengadaan Barang dan Jasa yang Wajib Anda Tahu

David Baum

Setahun kemudian, atau pada tahun 1999 muncul pengertian lain dari E commerce. Pengertian tersebut dikemukakan oleh David Baum yang mengartikan E commerce sebagai gabungan teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang dinamis. Yaitu antara konsumen, perusahaan, dan komunitas melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, jasa, atau informasi elektronik.

Triton

Pengertian E commerce menurut para ahli berikutnya disampaikan oleh Triton pada tahun 2006. Menurut pendapatnya, E commerce merupakan perdagangan elektronik untuk melakukan transaksi, baik dalam hal membeli maupun menjual produk yang dilakukan melalui elektronik di jaringan internet.

Keberadaan E commerce itu sendiri bisa dikenali melalui fasilitas berupa pemasangan iklan dan penjualan. Selain itu, bisa berupa service support seperti layanan yang beroperasi selama 24 jam di toko online berbentuk web yang bisa digunakan oleh seluruh pelanggan.

Onno. W. Purbo

Menurut Onno W.Purbo, E commerce adalah satu set yang dinamis antara teknologi, aplikasi, dan proses bisnis. Ketiga hal tersebut menghubungkan antara konsumen, komunitas tertentu,dan perusahaan melalui transaksi dan perdagangan baik berupa barang, pelayanan, maupun informasi yang dilakukan secara elektronik.

TRENDING:  Ini Penjelasan tentang Pengertian Ekspor dan Impor Beserta Contohnya

Shelly Cashman

E commerce adalah sebuah transaksi bisnis yang terjadi dalam suatu jaringan elektronik seperti internet.

McLeod Pearson

E commerce adalah sebuah pelaksanaan dari proses bisnis yang memanfaatkan jaringan komunikasi dan komputer.

Jony Wong

Sedangkan pengertian E commerce menurut para ahli lainnya yang bernama Jony Wong, E commerce merupakan hubungan antara pembelian, penjualan, dan pemasaran produk berupa barang atau jasa melalui sistem elektronik.

Manfaat E commerce bagi Bisnis

Dari berbagai pengertian E commerce yang dikemukakan oleh para ahli tersebut, terdapat manfaat yang bisa dipetik dengan adanya E commerce.

Pertama, Anda bisa menemukan celah pasar dengan cepat karena bisa menjangkau konsumen tertarget yang lebih luas dibandingkan dengan toko offline.

Kedua, bisnis tersebut bisa terus beroperasi selama 24 jam selama 7 hari. Ketiga, kehadiran E commerce mampu menjadi personal shopper assistant. Contohnya, adanya notifikasi via email sebagai pengingat baik saat ada konsumen yang melakukan pemesanan hingga pengumuman promo yang sedang berlangsung.

Ini merupakan sekilas tentang pembahasan E commerce, mulai dari pengertian E commerce menurut para ahli hingga manfaat yang bisa dirasakan.

Masih banyak lagi yang bisa diulas seperti jenis dan dampak E commerce serta pembahasan yang berkaitan dengan dunia bisnis. Mau informasi lengkap tentang dunia bisnis, Anda bisa klik tautan berikut ini https://www.ngobrolbisnis.id.

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *