Apa Pengertian Human Resource Management dan Manfaatnya
Apa Pengertian Human Resource Management dan Manfaatnya

Pengertian Human Resource Management dan Manfaatnya

Pengertian Human Resource Management dan Manfaatnya – Dalam sebuah perusahaan, terdapat banyak elemen yang bergerak bersama membentuk aktivitas tertentu.

Bergeraknya setiap elemen dalam perusahaan memiliki tujuan untuk mencapai visi yang sama. Masing-masing elemen bergerak sesuai dengan tugas pekerjaannya dengan harapan terciptanya kemajuan dan keuntungan.

Banyak elemen di perusahaan yang keberadaannya saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Salah satunya adalah yang berhubungan dengan sumber daya manusia sebagai elemen utama dalam menjalankan perusahaan.

Dalam penerapannya, terdapat langkah pengaturan sumber daya manusia yang dalam istilah bisnis disebut human resource management. Inilah pengertiannya dan manfaatnya dalam perusahaan.

Pengertian Human Resource Management dan Manfaatnya

Definisi HRM (Human Resource Management)

Human Resource Management atau bisa disingkat HRM didefisinikan sebagai sebuah sistem yang mengatur sumber daya manusia di perusahaan atau lebih tepatnya pekerja di semua posisi.

Sistem tersebut dibentuk berdasarkan kebutuhan dan karakteristik perusahaan namun tetap dengan berlandaskan pada pengertian human resource management yang secara garis besar sama.

Dalam definisi lain dikatakan bahwa human resource management adalah metode untuk mengatur sumber daya manusia demi berjalannya operasional perusahaan sesuai tujuan.

TRENDING:  Tambah Pendapatan dengan Bisnis Afiliasi Tanpa Modal Menjanjikan

Dengan kata lain, penyerapan sumber daya manusia sebagai pekerja di perusahaan juga tidak terlepas dari metode ini. Kemudian selama proses pekerjaan mereka, para pekerja itu juga harus terus mengikuti metode pengaturan yang ditetapkan perusahaan.

Secara sederhana, human resource management adalah cara untuk mengoptimalkan kemampuan para pekerja di perusahaan. Setiap pekerja diberi kesempatan untuk bisa menempati posisi tertentu sesuai dengan keahlian masing-masing.

Harapan dari langkah pengoptimalan ini adalah memaksimalkan kinerja para karyawan agar dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tujuan perusahaan dapat terwujud.

Tujuan Dibentuknya Human Resource Management

Dari pengertian human resource management yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa tujuan yang juga sudah jelas terlihat. Namun secara lebih lanjut, tujuan dibentuknya human resource management ternyata sangat luas.

Tujuannya dijelaskan secara lebih detail di bawah ini dengan setiap fokus yang nantinya akan memberi dampak luas bagi perusahaan.

  • Mengelola sumber daya manusia sebagai aset penting perusahaan.
  • Menyelaraskan kebijakan human resource management dengan kebijakan dan strategi bisnis.
  • Mengembangkan kebijakan sumber daya manusia sesuai prosedur dan sistem perusahaan.
  • Membangun organisasi sederhandan bersifat fleksibel sesuai sistem perusahaan.
  • Mendukung kinerja tim dan kerjasama lintas divisi.
  • Membangun filosofi yang kuat dengan berorientasi pada pelanggan.
  • Memberdayakan pekerja untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan diri.
  • Mengembangkan strategi untuk mendukung budaya dalam kerja.
  • Membentuk sistem komunikasi yang baik dan lancar yang dapat melibatkan semua pekerja.
  • Membentuk komitmen pekerja pada perusahaan.
  • Meningkatkan tanggungjawab pekerja sesuai aturan dan kebijakan manajemen.
  • Meningkatkan peran manajer sebagai fasilitator.
TRENDING:  Ini Penjelasan tentang Pengertian Ekspor dan Impor Beserta Contohnya

Fungsi dan Pentingnya Human Resource Management

Selain pengertian human resource management, fungsi dari adanya pengaturan tersebut juga penting untuk dipahami. Karena dengan memahami fungsinya akan dapat didapatkan penguasaan terhadap manfaatnya di perusahaan. Inilah fungsi human resource management secara keseluruhan.

Desain dan Analisa Pekerjaan

Bagian HRM atau human resource management membuat analisa skil, kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan perusahaan. Selanjutnya, dari analisa akan dikembangkan menjadi job description untuk setiap tugas. Pada job descripton terdapat beberapa proses lain yaitu perekrutan berdasarkan kemampuan dan inilah yang disebut job design.

Seleksi dan Perekrutan

Bagian HRM di sebuah perusahaan kemudian merancang sebuah iklan lowongan pekerjaan. Tujuannya untuk menyerap minat para pelamar yang nantinya akan diseleksi. Proses ini bertujuan mencari pekerja yang sesuai kebutuhan perusahaan. Identifikasi pelamar masih didasarkan pada kemampuan dan keahlian.

Pelatihan Skill dan Pengembangan Potensi

Dalam pengertian human resource management juga dikatakan bahwa terdapat proses memaksimalkan kemampuan pekerja untuk tujuan perusahaan. Poin inilah yang dilakukan untuk proses memaksimalkan tersebut yaitu dengan memberikan pelatihan dan pengembangan keahlian. Sehingga akan didapat pekerja yang lebih berkualitas serta berpotensi.

TRENDING:  Pengertian Pengadaan Barang dan Jasa yang Wajib Anda Tahu

Pengelolaan Tenaga Pekerja

Fungsi ini untuk memastikan bahwa semua yang kegiatan pekerja sudah dilakukan dengan berlandaskan visi perusahaan. Fungsi ini juga dimaksimalkan dengan adanya sistem penilaian pekerja yang dibentuk dengan aturan khusus. Penilaian yang dilakukan manajer harus bersifat obyektif sehingga manajer harus mampu menguasai setiap detail pekerjaan bawahannya.

Ketentuan Gaji dan Insentif

Bagian HRM juga memiliki fungsi untuk mengatur gaji pekerja sesuai dengan standar. Pemberian gaji dan insentif diharapkan bisa meningkatkan semangat kerja dan menjadi motivasi agar lebih produktif. Penetapan gaji dan insentif seharusnya tidak membebani perusahaan, maka diperlukan perencaaan yang matang.

Hubungan Antar Pekerja

Sistem yang dijalankan HRM juga harus bisa mewujudkan hubungan yang baik antar pekerja. Hal ini penting karena merupakan salah satu faktor yang membangun lingkungan kerja yang sehat dan saling mendukung.

Dari pengertian human resource management dapat dilihat bagaimana pentingnya pengaturan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Tidak hanya berorientasi pada keuntungan, pengaturan tersebut juga memberi dampak yang sangat luas dan berlaku untuk jangka panjang.

Check Also

Mulailah Sekarang Juga

Hai, Ini adalah postingan pertama saya di blog ngobrolbisnis.id. Sesuai nama domiannya, blog ini akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *