Apa Pengertian Jasa Menurut Para Ahli
Apa Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Jasa

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Jasa – Secara umum jasa merupakan sebuah bentuk pemberian yang diberikan dalam bentuk kinerja ataupun tindakan yang tidak terlihat oleh mata dari satu orang pihak ke pihak yang lainnya.

Sedangkan untuk pengertian yang lebih luas lagi dari jasa, yakni sebuah kegiatan yang dapat diidentifikasi, namun dengan sifat yang tidak dapat diraba.

Serta jasa mampu memberikan sebuah pemenuhan terhadap kepuasan dari seorang konsumen. Kegiatan jasa ini selalu berkaitan erat dengan aktivitas manusia, setiap manusia pastinya selalu membutuhkan jasa dari manusia lainnya.

BACA JUGA:  Pengertian Segmentasi Targeting Positioning dalam Bidang Marketing

Sebagai contohnya Anda seseorang yang hanya bisa mengonsumsi nasi, maka Anda membutuhkan jasa dari seorang petani untuk menanam beras agar menghasilkan nasi.

Dari pengertian jasa tersebut maka sudah sangat jelas bahwa jasa merupakan sebuah bentuk bantua, kinerja yang tak kasat mata namun dapat memberikan kepuasan karena membantu Anda dalam pemenuhan kebutuhan Anda.

Namun apabila Anda masih kurang paham dari pengertian jasa yang telah dijelaskan maka berikut ini informasi terkait pengertian jasa menurut para ahli, karakteristik serta jenis-jenis jasa yang ada.

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli atau pengamat sosial yang ikut memberikan atau memaparkan definis dari sebuah jasa yang saat ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat menguntungkan bila Anda melakukannya dengan tekun agar para pengguna jasa Anda merasa puas dengan kinerja atau pemberian jasa yang Anda lakukan.

BACA JUGA:  Pengertian Marketing Public Relations Beserta Fungsinya

Untuk itu berikut ini beberapa pengertian jasa yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli.

Norman

Ahli pertama yang memberikan pendapatnya mengenai jasa adalah Norman yang pada tahun 1984 ikut mengemukakan pengertian dari jasa. Menurut Norman, jasa berdiri atas sebuah tindakan dan juga interaksi yang merupakan sebuah kontak sosial yang saling terhubung satu sama lain. Jasa merupakan sebsuatu yang dilakukan secara maksimal dan merupakan sebuah hasil dari sesuatu yang terhalang.

Selain itu Anda juga dapat mengartikan jasa sebagai sebuah bentuh interaksi sosial yang terjadi antara produsen dan juga konsumen.

Kotler dan Keller

Pengertian jasa menurut para ahli selanjutnya adalah pengertian jasa yang dikemukakan oleh Kotler dan juga Keller. Menurutnya jasa adalah semua aktivitas, manfaat atau sebuah performance yang ditawarkan dari satu pihak ke pihak lainnya yang memiliki sifat intangible tetapi tidak menyebabkan sebuah perpindahan kepemilikan apapun, dimana dalam kegiatan produksi dapat terikat atauapun tidak dalam proses produksi fisik.

BACA JUGA:  Cara Memulai Bisnis Daster Reseller 2021

Lovelock

Pada tahun 2007 dalam bukunya, Lovelock menuliskan bahwa pengertian jasa adalah sebuah bentuk layanan yang ditawarkan oleh satu orang ke orang lainnya. Hal yang ditawarkan ini berupa sebuah jasa yang tidak terlihat sebab tidak berwujud. Selain itu menyebabkan tidak kepemilihan dari satupun faktor produksi yang dilakukan.

Djaslim Saladin

Pengertian jasa menurut para ahli berikutnya adalah pendapat yang dikemukakan oleh Djaslim Saladin pada tahun 2004 yang mengemukakan bahwa jasa merupakan semua bentuk kegiatan, ataupun manfaat yang dtawarkan dari satu pihak kepada pihak lainnya. Pada dasarnya jasa ini memiliki sifat tidak berwujud tetapi Anda bisa merasakan manfaat dari layanan jasa yang Anda gunakan.

BACA JUGA:  Mulailah Sekarang Juga

Zeithami dan Bitner

Menurut Zeithami dan rekannya pada tahun 2005 menuliskan bahwa saja adalah seluruh bentk aktivitas ekonomi yang mempunyai output selain dalam bidang pengertian produksi, pengertian fisik, dan juga pada hal konsumsi.

Karakteristik Jasa

Sebuah jasa memiliki sebuah karakteristik, informasi mengenai karakteristik jasa ini hadir untuk membantu Anda memahami dan mengetahui karakteristik dan ciri dari sebuah jasa yang sering Anda temukan.

  • Tidak berwujud, sebuah jasa memiliki sifat yang abstrak serta juga tidak berwujud, sebuah jasa tidak dapat Anda lihat, Anda dengar, ataupun Anda raba keberadaannya sebelum Anda menerima jasa yang diberikan.
  • Bervariasi, sebuah jasa tidak memiliki sifat nonstandart dan juga memiliki sifat yang sangat variable. Untuk berbagai jenis karakter tergantung siapa yang menyediakan produksi, kapan dan dimana Anda akan melakukan pencatatan maka Anda bisa melakukannya dengan begitu udah.
  • Tidak dapat disimpan, sebuah jasa merupakan sesuatu hal yang tidak dapat diraba dan dirasakan oleh Anda penggun jasa. Karakteristik yang terakhir dari NA adalah tidak dapat disimpan sebab jasa tidak tergolong ke dalam benda.
BACA JUGA:  Cara Daftar Shopee Seller Center Terbaru 2021

Jenis-Jenis Jasa

Terdapat begitu banyak jenis-jenis jasa yang sering hadir di Indonesia, berikut ini jenis-jenis jasa yang penting untuk Anda ketahui.

  • Jasa perumahan, merupakan sebuah bentu jasa yag menawarkan tempat tinggal seperti hotel, rumah kost, dan juga apartement.
  • Jasa usaha rumahan tangga, jenis jasa berikutnya adalah jenis usaha rumah tangga yang kegiatannya seperti melakukan reparasi alat rumah tangga dan yang lainnya.
  • Jasa komunikasi, untuk melakukan interaksi komunikasi.
  • Jasa perawatan pribadi, bila Anda merasa lelah dengan aktivitas Anda seharian maka bisa memanggil penerima jasa perawatan pribadi.

Demikianlah informasi mengenai pengertian jasa menurut para ahli, karakteristik dan juga jenis-jenis dari jasa yang sangat penting untuk Anda ketahui.

BACA JUGA:  Cara Promosi Online shop Di Instagram

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *