Pengertian Limbah Industri dan Contohnya Menurut Ahli
Pengertian Limbah Industri dan Contohnya Menurut Ahli

Pengertian Limbah Industri dan Contohnya Menurut Ahli

Pengertian Limbah Industri dan Contohnya Menurut Ahli – Limbah memang merupakan suatu yang telah dianggap tidak lagi memeiliki kegunaan dan harus dibuang.

Namun, dalam limbah ternyata berbeda dengan sampah biasa yang mengandung bahan tertentu, dan butuh penanganan secara khusus untuk membuang limbah dengan cara penanganan yang profesional agar tidak berdampak baerbahaya terhadap lingkungan sekitar.

Setiap limbah yang memiki kandungan zat berbahaya harus ditangani secara khusus, agar tidak merusak lingkungan sekitar yang nantinya berkaitan dengan pencemaran lingkungan, lalu menimbulkan dampak terhadap kesehatan makhluk hidup di sekitar pembuangan limbah yang tidak tepat.

Terutama ketika limbah merusak alam sekitar dan berdampak kepada kesehatan manusia dan kelangsungan hidup hewan yang juga turut menjadi korban.

BACA JUGA:  Pengertian Iklan Menurut Para Ahli, Tujuan dan Contohnya

Oleh sebab itu, dalam penanganan untuk mpembuangan lmbah harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sebab, pencemaran lingkungan terbesar, tidak hanya sekadar datang dari polusi udara, melainkan dari pembuangan limbah yang tidak tepat juga menjadi sumbangsih terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan sekitar. Sehingga, setiap limbah yang dihasilkan harus mendapatkan penanganan yang serius agar tidak mencemari.

Limbah bisa datang dari rumah tangga dan juga pabrik, dan semuanya sama-sama harus mendapat penanganan yang serius agar tidak merusak lingkungan sekitar, dan memberi dampak mengerikan, hingga bencana alam.

Limbah rumah tangga harus memiliki pembuangan akhir yang kemudian dikelola untuk dipisahkan, lalu yang bisa dibakar akan dilakukan pembakaeran hingga menjadi tanah yang bermanfaat.

BACA JUGA:  Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI, Siapkan KTP, LOGIN eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Limbah yang datang dari perusahaan, pabrik, atau rumah sakit perlu memiliki tempat pembuangan yang tepat agar tidak menimbulkan bahaya yang mampu mendukung pencemaran lingkungan yang berdampak pada banyak orang nantinya.

Sebab, dalam kategori yang satu ini limbah tergolong dalam pengertian limbah industri dan contohnya yang memiliki kandungan zat berbahaya dan butuh penanganan secara khusus.

Definisi Limbah Industri dan Contohnya Menurut Ahli

Limbah memang menjadi sampah yang tidak lagi memiliki nilai ekonomis dan cenderung memiliki bahaya apabila tidak ditangani secara tepat. Sebab, menurut Susilowarno dalam bukunya yang terbit tahun 2007, limbah menjadi sisa atau hasil sampingan yang diperoleh dari kegiatan atau segala aktivitas manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Contohnya ialah limbah sampah dapur yang harus dipisahkan antara organik dan anorganik.

BACA JUGA:  Pengertian Return on Investment Menurut Para Ahli, Faktor, Cara Hitung, Manfaat dan Kelemahannya

Apabila kedua jenis limbah sisa dapur tersebut tidak dipisahkan, maka cukup merepotkan saat masuk ke dalam pembuangan akhir. Oleh sebab itu, pengertian limbah industri dan contohnya menurut Susilowarno ini limbah menjadi wujud yangmenjadi sisa dan tidak dapat dimanfaatkan, seperti yang diungkapkan oleh Karmana dalam bukunya yang terbit pada tahun 2007 yang menyebutkan bahwa limbah bisa menjadi polutan di suatu lingkungan.

Tentunya hal ini dapat terjadi karena tidak ada penganan secara tepat terhadap sisa atau sampah yang dihasilkan dari segala aktivitas manusia.

Anda tentu tidak ingin terjadi polusi yang diakibatkan karena sampah yang tercipta, bukan? Ada baiknya untuk bersama-sama mengolah sampah secara tepat agar tidak menjadi limbah yang mencemari lingkungan. Pemilahan sampah organik dan anorganik pun dapat menunjang mengurangi polutan.

BACA JUGA:  Peluang Bisnis Es Pisang Coklat dengan Keuntungan yang Banyak

Sebab, ketika sampah organik dan anorganik dipisah akan membantu peroses pengertian limbah industri dan contohnya saat memasuki pembuangan akhir.

Sampah organik dapat terurai secara mudah dan alami, serta dapat dijadikan sebagai tanah yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Sementara sampah anorganik cenderung sulit terurai, dan jika dibakar akan merusak lingkungan, karenanya butuh penanganan yang berbeda antara keduanya.

Limbah yang masuk dalam kategori anorganik ada baiknya diolah kembali untuk mnghasilkan suatu benda yang bermanfaat dan memiliki nilai jual, seperti menjadikannya pupuk dengan proses tertentu atau membuat benda-benda unik yang memiliki nilai jual.

Namun, menurut Cahyono Budi Utomo justru limbah masuk dalam kategori zat yang terkandung di dalamnya yang cenderung berbahaya dan tidak dapat digunakan lagi.

BACA JUGA:  Pengertian Net Working Capital dan Rumusnya

Selaras dengan pendapat dari Hieronymus Budi Santoso, limbah yang dimaksud ialah bahan yang dibuang dari segala aktivitas manusia yang tidak memiliki nilai ekonomis dan cenderung merugikan manusia.

Hal ini dipertegas dalam pendapat pengertian limbah industri dan contohnya menurut Deden Abdurahman, ialah suatu buangan dari sisa produksi, baik itu industri atau rumah tangga yang dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Lebih spesifikasi lagi limbah menurut Daniel A Okun dan George Ponghis, yakni limbah dikatan sebagai bentuk cairan yang kotor berasal dari rumah tangga dan juga industri yang dibuang melalui saluran limbah.

Terkait bentuknya, ternyata limbah memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada yang berukuran mikro, bersifat dinamis, ada juga yang memiliki dampak luas dan berjangka panjang jika limbah tersebut terus-menerus dibuang.

BACA JUGA:  Dear Pekerja, Lapor ke Sini Kalau Belum Dapat THR!

Secara wujud, limbah ada yang berbentuk padat, cair, dan juga gas yang semuanya jika tidak mendapatkan penanganan secara khusus dapat merusak lingkungan dan juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia, serta mengganggu ekosistem hewan.

Pengertian limbah industri dan contohnya ialah sisa pembuangan yang berasal dari segala kegiatan industri yang kerap menimbulkan dampak negatif dan merugikan, serta butuh penanganan khusus.

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *