ArtikelBisnis Online

Pengertian Marketing Public Relations Beserta Fungsinya

Pengertian marketing public relations beserta fungsinya – Saat ini, berbisnis merupakan hal yang cukup ramai dilakukan oleh banyak orang. Dalam berbisnis tentu saja dibutuhkan yang namanya pemasaran untuk mengenalkan produk yang sedang dijual kepada masyarakat.

Nah, dalam proses pemasaran ini tentu saja ada sistem dan caranya.

Pengertian Marketing Public Relations

Marketing public relations atau yang biasa disingkat dengan MPR merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran dan strategi dari perusahaan secara keseluruhan sebagai media penghubung antara perusahaan dengan konsumen serta masyarakat luas.

Hal ini dilakukan melalui penyampaian informasi, program, kesan yang meyakinkan, agar produk yang dipasarkan tersebut benar-benar sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan minat dari konsumennya.

Pengertian marketing public relations lainnya adalah merupakan suatu proses pengidentifikasian, pengkomunikasian nilai, penciptaan, dan pemeliharaan hubungan yang dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan dari perusahaan.

Nah, tujuan utama dari marketing public relations ini adalah bukan terfokus pada upaya pemasarannya (selling) saja, melainkan kepada pemberian informasi, dan meningkatkan pengertian terhadap pengetahuan akan suatu produk perusahaan.

Marketing public relations ini merupakan sebuah konsep yang nilainya lebih tinggi dan lebih lengkap dari iklan biasa, karena berdampak besar terhadap memori masyarakat untuk mengingat produk tersebut.

Marketing public relations juga merupakan suatu kegiatan yang terencana untuk dapat mengembangkan good will dan membangun suatu imbal balik antara suatu organisasi dengan masyarakat luas.

Nah, marketing public relations ini sangat efektif digunakan untuk membangun brand awareness, dan brand knowledge. Pengembangan tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap terhadap pembauran pemasaran, khususnya untuk urusan promosi.

BACA JUGA  10 Kelakuan Konyol Karyawan Saat Lagi Nganggur di Kantor

Tujuan Dilakukannya Marketing Public Relations

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian marketing public relations, maka Anda juga perlu mengetahui apa tujuan dilakukannya hal tersebut. Tujuan dari marketing public relations ini adalah untuk merangsang penjualan, fasilitas dalam berkomunikasi, dan membangun hubungan antara perusahaan, konsumen, dan produnya.

Tujuan marketing public relations lainnya adalah untuk membangun kesadaran masyarakat dengan mengenalkan produk di media untuk memperoleh perhatian terhadap produk yang dijual, pelayanan yang diberikan, hingga perusahaannya itu sendiri.

Selain itu, marketing public relations juga bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas dengan penyampaian pesan melalui teks. Tujuan lain dari Marketing public relations ini adalah untuk mendorong wiraniaga dan penyalur agar dapat membantu para penyalur dalam memasarkan produk tersebut.

Tujuan terakhir dari marketing public relations adalah untuk mengurangi biaya promosi yang akan lebih murah jika dibandingkan dengan iklan dan pos. Semakin kecil anggaran perusahaan yang digunakan untuk pemasaran, maka akan semakin kuat alasan mengapa menggunakan marketing public relations ini dalam memperoleh perhatian masyarakat.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

Fungsi dari Marketing Public Relations

Selain pengertian marketing public relations, ternyata ada juga fungsi dari marketing public relations ini yakni untuk memberikan informasi yang kredibel, pemberian sponsor event yang sesuai, dan dukungan kegiatan sosial yang tentunya menguntungkan bagi masyarakat.

Selain itu, ada fungsi lain dari marketing public relations ini yakni untuk memberikan edukasi kepada pengguna terkait pemakaian produk, dan manfaat dari produk tersebut. Manfaat lain adalah untuk meluncurkan kembali produk lama dan baru dengan tidak adanya anggaran untuk iklan, dan press launching.

Fungsi marketing public relations juga digunakan untuk membangun event merek, mengembangkan pelayanan publik kepada pengguna, hingga mengatasi keluhan yang disampaikan konsumen secara langsung maupun melalui media surat.

BACA JUGA  Cara Promosi Online shop Di Instagram

Marketing public relations juga bisa berfungsi sebagai salah satu cara dalam membantu media untuk melakukan tes produk, pemberian edukasi terhadap produk, cara penggunaan, hingga kelebihan dari produk itu sendiri.

Fungsi terakhir dari marketing public relations ini adalah untuk mengajak media dan masyarakat dalam melihat proses pembuatan produk melalui kunjungan pabrik yang dimaksudkan untuk mensosialisasikan fungsi dan kelebihan produk, dan memberikan kesemaptan pada media untuk mengetes langsung kualitas dari produk tersebut.

Kegiatan Pendukung Marketing Public Relations

Setelah pengertian marketing public relations, maka beranjaklan pada kegiatan yang dilakukan dalam menjalankan strategi marketing public relations ini. Pertama adalah terbitan yang dilakukan perusahaan untuk menjangkau dan mempengaruhi sasaran pasarannya.

Bahan yang dimaksud mencakup media cetak seperti majalah, brosur, dan masih banyak lainnya.

Kedua adalah dengan acara dimana perusahaan dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk baru dengan cara menyelenggarakan acara khusus layaknya seminar, kontes, kompetisi, dan lain sebagainya.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mempromosikan nama perusahaannya melalui kegiatan sponsor yang dilakukan untuk pertandingan olahraga maupun acara budaya.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan dengan cara menciptakan berita yang menguntungkan perusahaan, ceramah dalam perhimpunan perdagangan, kegiatan layanan masyarakat dengan menyumbang uang, dan melakukan media identitas dengan cara pembuatan kartu nama, logo, hingga seragam.

Inilah pengertian marketing public relations yang perlu Anda ketahui hingga pada kegiatan apa saja yang mendukung berjalannya marketing public relations dengan baik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button