ArtikelBisnis Online

Pengertian Pemasaran, Jenis Pemasaran, Serta Fungsi Pemasaran Ilmu Bisnis

Pengertian Pemasaran, Jenis Pemasaran, Serta Fungsi Pemasaran Ilmu Bisnis – Pemasaran seringkali difokuskan pada kegiatan menjual produk, bagi seorang pebisnis pastinya tidak asing dengan istilah ini. Keberadaan kegiatan pemasaran ini sangat penting bagi dunia usaha, karena sebagai penyebarluasan produk yang dihasilkan oleh produsen.

Bagi Anda yang ingin mahir akan dunia pemasaran ada baiknya mempelajari apa itu pemasaran serta bagaimana pembagian jenis dan juga fungsinya dalam berbisnis. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mendapatkan apa yang Anda cari dalam aktivitas pemasaran ini.

Ada yang mengatakan bahwa pemasaran ini ialah kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk melangsungkan kehidupan usahanya. Lebih lengkapnya, simak pengertian, jenis pemasaran, serta fungsinya dalam ilmu bisnis berikut ini.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran ialah satu satu kegiatan pokok yang perlu untuk dilakukan oleh pihak perusahaan barang ataupun jasa sebagai upaya untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran ini ialah salah satu kegiatan perusahaan yang mana secara langsung berkaitan dengan konsumen. Ada sebagian pula yang mengaitkan Pengertian pemasaran ini berkaitan langsung dengan pasar.

Stanton (2001) mengartikan sebagai kegiatan berbisnis yang ditujukan untuk dapat merencanakan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang atau jasa dan juga memuaskan kebuthan baik kepada pembeli ataupu pembeli potensial. Adanya pemasaran ini juga dapat membantu konsumen dalam pemenuhan barang yang mereka butuhkan, asalkan pemasaran dapat bergerak sesuai targetnya, sehingga perusahaan akan mendapatkan pembeli dan bisa mendapatkan keuntungan.

BACA JUGA  Cara Memulai Bisnis Daster Reseller 2021

Konsep dan Strategi Pemasaran

Pada bagian pemasaran yang memegang peranan sangat penting dalam proses penjualan ini dalam rangka mencapai besarnya volume penjualan yang tercapai. Semakin banyak volume penjualan yang diinginkan berarti kinerja bagian pemasaran dalam memperkenalkan produknya sudah dapat berjalan dengan benar. Penjualan dan pemasaran ini sering dianggap sama tetapi sebenarnya tidaklah sama.

Tujuan pada Pengertian pemasaran ini ialah melayani konsumen dengan mendapatkan jumlah laba atau pendapatan, sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya layak. Hal ini berbeda dengan konsep penjualan yang terlalu menitikberatkan pada keinginan perusahaan.

Pemasaran ini memiliki faktor penting yang berperan untuk mencapai kesuksesan bagi perusahaan. Cara dan falsafah ini disebut juga sebagai konsep pemasaran (marketing konsep) dengan menggunakan tiga cara berikut ini, (1) saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen dan pasar. (2) volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri. (3) seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Layanan ataupun produk yang hasilkan ini tentu memiliki strategi pemasaran yang baik.

Meskipun menggunakan media Pengertian pemasaran yang sangat bagus selama pemasaran, hal ini tidak akan artinya jika memang barang tersebut tidak dibutuhkan oleh konsumen. Justru ini dapat menjadi titik ketidakmampuan dalam mengenali pasar.

Jenis-Jenis Pemasaran

Pemasaran Melalui Branding

Produk serta layanan ini haruslah memiliki target pasar serta nama atau merek dagang untuk dapat dikenal masyarakat. branding ini sebagai bentuk pemasaran yang memiliki fungsi sebagai iklan jangka panjang.

Hal ini akan sangat membantu Anda untuk membuat produk dan layanan menjadi lebih menarik serta mudah dikenal oleh oarang lain. Branding ini biasanya menyertakan nama, slogan, serta logo dalam pemasarannya sebagai branding produk.

BACA JUGA  Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli: Jenis dan Tahapan

Mengguankan Iklan Siaran

Iklan melalui siaran TV, radio, dan lain sebagainya merupakan salah satu bentuk pemasaran dengan mendaftarkan pada iklan berbayar. Pemasaran menggunakan metode ini sangat dinilai potensial karena pendengar akan benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh penyiarnya. Tidak hanya itu, jangkauan Pengertian pemasaran ini bisa sangat luas.

Sistem Multi-Level Marketing

Pemasaran menggunakan sistem Multi Level Marketing atau MLM ini ialah bentuk penjualan langsung yang membutuhkan keterlibatan banyak orang. Dimana perusahakan akan merekrut banyak orang untuk menjualkan produk-produknya.

MLM ini salah satu sistem kerja networking, atau biasa dikenal dengan network marketing yakni pemasaran dengan menggunakan sistem jaringan, para anggota yang terlibat akan mendapatkan komisi dari produk yang mereka jual.

Fungsi Pemasaran

Sebagai Pengenalan Produk

Pengenalan produk ini menjadi salah satu fungsi utama dari sebuah pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan adanya pemasaran, produk ini akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan.

Kegiatan Pengertian pemasaran haruslah di tonjolkan pada keunggulan dari produk yang dipasarkan, sehingga bisa menarik perhatian produk pesaing.
Sarana Distribusi

Adanya pemasaran ini akan lebih memudahkan perusahaan untuk melakukan distribusi. Hal ini akan memastikan bahwa produk dapat mudah dipindahkan dari lokasi prodksi ke pasaran luas baik dengan menggunakan jalur darat, air, atau bahkan laut.

Selain itu, pemasaran ini juga bisa memastikan produk dengan mudah oleh pelanggan. Sebagai pemasar juga harus merencanakan segala sesuatunya seperti keuangan selama proses distribusi.

Itulah beberapa hal mengenai pengertian pemasaran beserta konsep dan startegi yang bisa dilakukan selama melakukan pemasaran yang baik. Tujuan dari adanya kegiatan pemasaran ini alah untuk memaksimalkan keuntungan atas penjualan yang dilakukan. Oleh karena itu penting sekali mempelajari pemasaran ini untuk dapat memperoleh strategi pemasaran yang cocok.

BACA JUGA  7 Cara Menemukan Ide Bisnis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button