Artikel

Pengertian Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli dan Prinsipnya

Pengertian Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli dan Prinsipnya – Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini ialah salah satu proses pembangunan yang dilakukan pada lingkungan masyarakat. Hal ini berupa inisiatif dari seseorang untuk memulai proses aktivitas ataupun kegiatan sosial sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapai oleh penduduk sekitar.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini mengharuskan seorang aktivis terjun langsung pada lingkungan masyarakat untuk memberikan pendampingan terhadap keterampilan yang mampu membuat makmur kehidupan masyarakat setempat. Berikut ini pengertian mengenai pemberdayaan masyarakat menurut para ahli.

Pemberdayaan Masyarakat

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini merupakan sebagai upaya untuk dapat membangun masyarakat supaya mereka bisa memiliki inisiatif untuk melakukan aktivitas sosial yang membawa manfaat serta membenahi kondisi mereka sendiri. Sedangkan menurut Fahrudin, pemberdayaan ini ialah sebagai upata nyata untuk memampukan serta memandirikan masyarakat dengan tiga cara, yaitu.

Enabling, yakni kegiatan menciptakan situasi yang memungkinkan masyarakat untuk dapat berkembang.

Empowering, yakni sebuah usaha untuk memperkuat potensi atau sumber daya yang dimiliki masyarakat dengan meningkatkan kapasitas yang dimiliki.
Protecting, yakni kegiatan membangun sistem perlindungan bagi masyarakat yang sedang dikembangnkan.

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

Kegiatan pengertian mengenai pemberdayaan masyarakat menurut para ahli masyarakat ini memiliki 6 tujuan, sebagai berikut.
Perbaikan kelembagaan

BACA JUGA  Cara Memulai Bisnis Clothing Untuk Pemula

Perbaikan kelembagaan atau Better Institution ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan perbaikan kelembagaan di wilayah masyarakat pemberdayaan.

Perbaikan Usaha

Perbaikan Usaha atau Better Business ini merupakan perbaikan atau semangat untuk belajar serta perbaikan aksesibilitas. Pada hal ini diharapkan terdapat usaha yang dapat di perbaiki untuk kemajuan masyarakat.

Perbaikan Pendapatan

Perbaikan pendapatan atau Better Income ialah merupakan aktivitas pemberdayaan sebagai upaya untuk memperbaiki bisnis ataupun usaha di area binaan. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Perbaikan Lingkungan

Perbaikan lingkungan atau Better Environment ini merupakan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki lingkungan masyarakat.

Perbaikan Kehidupan

Perbaikan kehidupan atau Better Living yaitu saat pendapatan serta lingkungan ini sudah membaik maka diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat dapat meningkat.

Perbaikan Masyarakat

Perbaikan Masyarakat atau Better Community, ialah yang mana menjadi harapan akhir akan terjadi perubahan secara keseluruan disetiap elemen masyarakat.

Prinsip yang Dilakukan dalam Pemberdayaan Masyarakat

Pada prinsip pengertian mengenai pemberdayaan masyarakat menurut para ahli terdapat enam prinsip yang harus dijalankan selama kegiatan menyukseskan pemberdayaan masyarakat. Berikut ini masing-masing prinsip sekaligus penjelasannya.

Kesetaraan

Kesetaraan ini menjadi prinsip yang paling wajib untuk dipegang selama proses pemberdaan masyarakan. Adanya kesetaraan atau kesejajaran dalam masyarakat ini dengan lembaga pelaksana akan lebih memudahkan program yang akan dijalankan, baik dari segi laki-laki ataupun perempuan.

Partisipasi

Selanjutnya terdapat partisipasi, yakni mengikutsertakan kemandirian masyarakat untuk menjalankan program. Kemandirian masyarakat yang diharapkan dalam program tidak lain ialah bersifat partisipasif, terencana, dilakukan, diawasi, dan dievaluasi oleh masyarakat.

Kemandirian

Kemandirian ini ialah sebagai bentuk menghargai serta mnegutamakan kemampuan masyarakat dibandingkan pihak lain, karena nantinya semua ini akan dikembalikan lagi pada masyarakat untuk mengelola hasil pemberdayaan.

BACA JUGA  Cara Mudah Membuka Bisnis Air Minum dalam Kemasan Keuntungan Melimpah

Berkelanjutan

Program yang dilakukan ini ada baiknya dirancang secara berkelanjutan, dalam artian yang awalnya hanya program yang didampingi, seterusnya dapat dilakukan oleh masyarakat secara mandiri.

Baca Juga: Membangun Aset Digital

Tahapan Pemberdayaan Masyarakat

Dalam kegiatan pengertian mengenai pemberdayaan masyarakat menurut para ahli ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk dapat mencapai kesusksesan pemberdayaan. Berikut ini tujuh langkah proses pemberdayaan masyarakat yang diutaran oleh Soekanto.

Tahap Persiapan

Pada tahapan ini terdapat dua tahapan yang harus dikerjakan yaitu penyimpangan petugas yang kemudian dikerjakan oleh komunitas pekerja, kedua penyiapan lapangan yang sesuai dengan upaya yang dilaksanakan.

Tahapan Pengkajian

Pada tahap ini dilakukan identifikasi masalah, yang mana harus dipecahkan oleh petugas yang melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai upaya perbaikan.

Tahap Perencanaan Kegiatan

Petugas ini menjadi salah satu agen perubahan yang secara partisipatif mencoba mengikutkan warga untuk dapat perpikir mengenai masalah yang sedang mereka hadapi. Dalam hal ini masyarakat diharapkan mampu berpikir akan program yang akan dijalankan.

Tahapan Pemformalisasi Rencana Aksi

Setiap petugas akan membantu setiap kelompok untuk dapat merumuskan dan menentukan program kerja ataupun kegiatan yang akan dilaksanakan serta mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi pada lingkungan.

Tahap Pelaksanaan Program

Pada tahap ini sebagai upaya nyata dari berbagai rangkaian pengertian mengenai pemberdayaan masyarakat menurut para ahli yang dijadikan program. Keikutsertaan masyarakat ini diharapkan mampu membentuk kader penerus dalam hal pmeberdayaan ini. Sehingga ketika program ini telah usai, penduduka atau masyarakat sekitar masih mampu melanjutkannya.

Tahap Evaluasi

Pada tahap ini proses pengawasan dari masyarakat dan juga petugas dalam program pemberdayaan akan melakukan penilaian terkait kegiatan yang telah dilakukan dengan melakukan komunikasi serta pengawasan.

BACA JUGA  Pengertian Research and Development, Keuntungan dan Tahapannya

Tahap Terminasi

Pada tahap ini terdapat tahap pemutusan hubungan antara pelaksana pemberdayaan masyarakat dan juga pihak yang diberdayakan. Kegiatan harus berhenti, namun tetap bisa dijalankan oleh masyarakat.

Demikian pengertian pemberdayaan masyarakat menurut para ahli dan juga prinsip serta tahapannya. Dengan adanya hal ini tentu akan menjadi arahan bagi Anda dalam melakukan pemberdayaan masyarakat yang mampu mengangkat dan membantu masyarakat dalam problema kehidupannya secara kelompok.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button