Pengertian Properti Menurut Para Ahli

Pengertian Properti Menurut Para Ahli, Bisnis Properti, Jenis Bisnis dan Keuntungannya

Pengertian Properti Menurut Para Ahli, Bisnis Properti, Jenis Bisnis dan Keuntungannya – Bisnis properti selalu dianggap sebagai bisnis yang menjanjikan dan mampu memberi keuntungan besar.

Di Indonesia pun bisnis properti ini merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki potensi besar. Tidak heran banyak orang yang terjun ke bisnis ini, mulai dari bisnis skala kecil hingga bisnis dengan skala besar yang bermain di kancah internasional.

Properti biasanya dikaitkan dengan rumah, tanah atau bangunan. Di luar negeri, bisnis ini disebut juga sebagai bisnis real estate. Namun teryata, properti lebih dari sekedar rumah, tanah dan bangunan saja.

Terlepas dari itu, apakah Anda tahu makna dari properti itu sendiri? Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai pengertian properti, beberapa pengertian yang diberikan oleh para ahli akan membantu memahaminya.

Apa Pengertian Properti Menurut Para Ahli

Pengertian Properti Menurut Pendapat Para Ahli

Sebelum membahas pengertian properti menurut para ahli, Anda harus mengetahui dulu arti dari kata properti. Properti berasal dari bahasa Inggris, property yang secara harfiah tanah milik.

Di samping itu, properti juga diartikan segala sesuatu yang sudah menjadi milik dan menjadi bagian yang terpisahkan. Misalnya pada tanah yang sudah didirikan banguanan.

TRENDING:  6 Pekerjaan yang Menghasilkan Banyak Uang

Bila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, properti bisa diartikan sebagai harta berupa tanah dan bangunan, sarana dan prasarana yang merupakan bagian tak terpisahkan dan/atau bangunan yang dimaksud.

Dengan kata lain, baik berdasarkan makna dari bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, properti diartikan sebagai tanah milik dan bangunan.

Merujuk pada pernyataan Kotler, properti adalah hak kepemilikan berupa real estate (benda nyata) dan finansial seperti saham dan obligasi.

Sedangkan menurut Robert dan Floyd menyatakan bahwa properti adalah seluruh bangunan yang berada di atas permukaan bumi dan melekat secara permanen baik secara alami maupun adanya campur tangan manusia.

Dari pengertian properti menurut para ahli di atas bisa disimpulkan bahwa properti merujuk pada segala sesuatu yang dikenal sebagai entitas yang ada kaitannya dengan kepemilikan seseorang atau sekelompok orang secara eksklusif.

Seseorang yang memiliki properti tersebut bisa melakukan apapun sesuai kehendaknya baik untuk menggunakan atau tidak menggunakannya atau mengalihkan hak kepemilikan.

Pengertian Bisnis Properti

Untuk memenuhi kebutuhan akan properti ini maka muncullah sebuah bisnis yang disebut dengan bisnis properti atau real estate. Merujuk pada pengertian harfiah, bisnus properti adalah suatu kegiatan bisnis atau usaha yang bergerak di bidang jual beli tanah dan segala aspek yang berhubungan dengan hal tersebut. Pada awalnya, bisnis ini terbentuk demi memenuhi kebutuhan tempat tinggal pribadi.

TRENDING:  Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI, Siapkan KTP, LOGIN eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Namun saat ini, bisnis properti tidak hanya bergerak pada bidang hunian atau properti pribadi. Banyak perusahaan properti yang memang bisnisnya lebih fokus pada properti perusahaan, perdagangan juga perindustrian.

Perkembangan ini jelas memberikan dampak positif bagi orang-orang yang menjalankan bisnis properti. Karena hal ini juga banyak orang yang tertarik pada bisnis properti.

Jenis Properti yang Bisa Ditemukan dalam Bisnis Real Estate

Berdasarkan pengertian properti menurut para ahli dan pengertian bisnis properti itu sendiri, maka bisnis properti dibagi ke dalam empat macam, residential, commercial, industrial dan special purpose.

Bisnis properti residensial adalah bisnis properti yang berkaitan dengan pemukiman. Properti ini adalah yang paling banyak dicari bahkan dijadikan proyek pemerintah demi memberi tempat tinggal layak untuk masyarakat.

Kemudian properti komersial di mana jenis properti yang dibangun atau dibuat adalah untuk tujuan komersil. Contoh bisnis properti komersial ini adalah pembangunan perkantoran dan properti retail di mana properti retail meliputi pertokoan, restoran dan tempat perbelanjaan yang pada umumnya dimiliki oleh pemilik tunggal namun disewakan untuk digunakan bersama-sama.

Lalu ada properti industrial di mana adanya manufaktur ringan dan berat juga gudang penyimpanan atau pendistribusian. Pengembangan properti industri ini biasanya dibuat di kawasan khusus sehingga kawasan tersebut dikenal juga dengan kawasan industri atau kawasan bisnis.

TRENDING:  Cara Mendapatkan Uang di WhatsAround dengan Mudah

Terakhir adalah properti yang dibangun untuk tujuan khusus seperti hotel, rumah sakit, sekolah, universitas atau tempat ibadah.

Baca Juga: Pengertian Business to Business

Keuntungan Bisnis di Bidang Properti

Memang tidak salah jika banyak orang memutuskan untuk ikut andil dalam bisnis properti. Dari pengertian properti menurut para ahli saja sudah memberi gambaran keuntungan yang akan diperoleh.

Keuntungan yang pertama adalah dari nilai jual. Nilai jual tanah maupun bangunan setiap tahunnya akan selalu meningkat, terutama nilai tanah. Kebutuhan akan lahan membangun akan tetap ada selama manusia hidup.
Nilai jual akan semakin bertambah jika tanah atau bangunan tersebut berada di lokasi yang strategis, baik sekedar untuk hunian apalagi untuk berbisnis.

Apabila bisnis properti Anda lebih cenderung pada penyewaan bangunan maka Anda patut bersyukur. Dengan tingginya permintaan masyarakat akan properti maka berakibat kenaikan nilai yang terus menerus dan Anda aman dari inflasi.

Dari pengertian properti menurut para ahli, pengertian bisnis properti, jenis bisnis properti hingga keuntungannya, maka sudah jelas bisnis ini akan tetap menjanjikan sepanjang masa. Supaya keuntungan tetap sesuai yang diharapkan, jangan lupa pelajari dan dalami properti yang Anda kelola atau pilih sebagai lahan bisnis.

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *