ArtikelBisnis Online

Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli, Jenis dan Faktornya

Apa Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli
Apa Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli

Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli, Jenis dan Faktornya – Dalam kehidupan manusia, ada sebuah proses yang tidak boleh sampai terhenti supaya kehidupan manusia terus berlanjut.

Proses tersebut dikenal dengan proses produksi di mana suatu barang atau jasa bisa terbentuk guna memenuhi kebutuhan manusia. Apabila proses ini terganggu bahkan tidak berjalan sama sekali, kehidupan manusia bisa saja lumpuh.

Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli

Pengertian Proses Produksi

Suatu proses produksi atau produksi itu sendiri merupakan kegiatan yang dikerjakan supaya menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan, utamanya manusia.

Dari pengertian umum mengenai proses produksi ini maka dihasilkan dua proses produksi, produksi jasa dan produksi barang.

Adapun pengertian proses produksi menurut para ahli sebenarnya tidak jauh berbeda dari pengertian yang sudah ada. Namun, sebagai tambahan informasi dan pengetahuan mendasar mengenai proses produksi ini akan sangat membantu.

Menurut Drs. Mohammad Hatta, proses produksi adalah semua kegiatan atau pekerjaan yang dapat menimbulkan, memperbesar dan membagikan guna di antara orang banyak.

Sedangkan menurut Drs. Eko Harsono, proses produksi adalah semua usaha atau kegiatan manusia yang dapat membawa benda ke dalam suatu keadaan sehingga dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang lebih baik.

Pengertian proses produksi menurut Assauri tidak jauh berbeda, ia menyatakan bahwa proses produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang maupun jasa.

Ada juga pengertian yang diberikan oleh Magfuri yang menyatakan bahwa proses produksi adalah suatu proses mengubah barang agar memiliki nilai guna untuk kebutuhan manusia.

Terakhir, pengertian yang diberikan oleh Heizer dan Render yang mengungkapkankannya dengan cukup singkat, bahwa proses produksi adalah proses penciptaan barang dan jasa.

Dari semua pengertian proses produksi menurut para ahli yang sudah dikemukakan sudah jelas bahwa adanya proses produksi pada akhirnya demi kebaikan dan memenuhi kebutuhan manusia.

Berhentinya suatu proses produksi dalam skala kecil saja bisa mempengaruhi keberlangsungan komunitas di mana proses tersebut. Apalagi jika hal tersebut terjada dalam skala nasional, bisa merusak kestabilan negara.

Jenis Proses Produksi yang Ada di Indonesia

Ada beberapa jenis proses produksi yang terjadi atau berlangsung di Indonesia. Jika berdasarlakan hasil produksi, seperti sudah dinyatakan sebelumnya ada produksi jasa di mana merupakan hasil dari kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuk; dan ada produksi barang di mana merupakan hasil dari menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya.

Jenis produksi juga dibedakan berdasarkan masa waktu dan bentuk kerja di mana jenis ini terbagi ke dalam 4 macam. Jenis yang pertama adalah produksi jangka pendek di mana proses produksi dari awal hingga menghasilkan barang atau jasa berlangsung cepat.

Contoh jenis produksi ini paling mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya makanan cepat saji, jajanan kaki lima dan lainnya.

Jenis kedua yang sesuai dengan pengertian proses produksi menurut para ahli adalah jenis produksi jangka panjang.

Tidak seperti proses produksi yang hasilnya bisa dinikmati di hari yang sama, pada jenis produksi ini akan membutuhkan waktu lebih lama dan membutuhkan usaha yang cukup banyak serta kesabaran. Beberapa contohnya adalah proses pembangunan gedung, proses pembuatan keju, dan lainnya.

Selanjutnya adala jenis proses produksi ketiga yang dikenal dengan produksi terus menerus (continuous process). Dalam proses produksi ini terdapat susunan pola atau urutan tertentu yang dilakukan secara berkesinambungan atau berkelanjutan.

Untuk menghasilkan produk ini bukan hanya membutuhkan bahan baku akan tetapi bantuan alat yang biasanya sangat besar karena diproduksi dalam skala besar.

Jenis yang terakhir adalah jenis proses produksi terputus-putus di mana ada beberapa pola maupun urutan pada pelaksanaan produksinya. Adanya fleksibilitas ini memungkinkan proses produksi dengan mudah menghadapi perubahan dan variasi.

Tidak seperti produksi terus menerus yang cenderung memiliki pola kaku dan apabila ada yang berubah atau diganti akan megubah bahkan merusak hasil produksi.

Baca Juga: Pengertian Branding dan Marketing, Serta Perbedaan keduanya

Faktor-faktor Proses Produksi

Bukan hanya pengertian proses produksi menurut para ahli saja yang perlu diketahui, Anda juga perlu tahu faktor apa saja yang mempengaruhi dan dibutuhkan dalam proses ini.

Faktor pertama adalah tanah, bukan hanya secara harfiah saja melainkan segala sesuatu yang terkandung di tanah. Faktor ini dikenal dengan sebutan natural resource atau land.

Faktor kedua adalah tenaga kerja atau labor atau lebih umum dikenal dengan human resource. Yang dibutuhkan dari tenaga kerja ini bukan hanya fisiknya saja melainkan juga kemampuan mental atau non fisik berupa kecerdasan atau kecakapan.

Faktor ketiga adalah modal atau capital yang mencakup modal uang, barang atau jasa yang membantu proses produksi.

Dari semua pemaparan tentang pengertian proses produksi menurut para ahli, jenis serta faktor yang ada dalam proses produksi bisa membuka mata kita semua bahwa proses ini memang melibatkan banyak pihak. Ini jugalah yang menopang kehidupan manusia hingga bisa bertahan sampai saat ini.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Artikel