ArtikelBisnis Online

Pengertian Segmentasi Targeting Positioning dalam Bidang Marketing

Pengertian Segmentasi Targeting Positioning dalam Bidang Marketing – Membahas masalah marketing atau pemasaran pasti akan selalu berhubungan dengan upaya memperkenalkan produk atau jasa tertentu kepada publik. Secara sederhana, marketing memang bisa didefinisikan sebagai tahap promosi dengan tujuan menarik minat publik hingga akhirnya terjadilah transaksi.

Di dalam usaha marketing atau pemasaran, ternyata tidak hanya ada tahap memperkenalkan jenis produk dan spesifikasi. Di balik usaha tersebut ada beberapa hal penting yang menjadi penunjang keberhasilan marketing. Bagian penting dalam marketing yang dimaksud adalah segmentasi targeting positioning atau sering disingkat STP. Segmentasi targeting positioning dalam marketing ternyata memiliki peran yang sangat penting dan menentukan keberhasilan.

Pengertian Segmentasi Targeting Positioning

Segmentasi

Dalam dunia pemasaran, segmentasi diartikan sebagai proses pembagian target pasar. Pasar yang terdiri dari calon konsumen berperilaku heterogen akan dijadikan kelompok dengan perilaku homogen atau seragam. Tahap segmentasi atau pembagian target pasar bertujuan untuk mendapatkan konsumen dengan minat dan ketertarikan yang sama. Mereka nantinya bisa diarahkan pada suatu produk sampai terjadi pembelian.

Pengertian segmentasi targeting positioning terutama dalam hal segmentasi juga membahas lebih lanjut masalah pembagian pasar berdasarkan kategori tertentu. Pembagian yang pertama dilakukan berdasarkan geografis mencakup wilayah tempat tinggal. Pasar akan dikelompokkan menjadi misalnya menjadi pasar bagian barat dan timur yang dibedakan dengan batas wilayah tertentu.

Segmentasi pasar juga dilakukan dengan memperhatikan demografis masyarakat, seperti usia, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Misalnya pasar anak remaja tentu berbeda dengan pasar usia yang lebih dewasa. Selanjutnya, pasar akan dikelompokkan berdasarkan sikografis yaitu sikap mereka ketika merespon produk tertentu. Antara satu individu dengan yang lain tentu bisa memberikan respon yang berbeda meski untuk produk yang sama.

BACA JUGA  Cara Memulai Bisnis Online Shopee yang Termudah

Seperti pengertian segmentasi targeting positioning yang dikatakan sangat penting dalam marketing, segmentasi juga memiliki tujuan yang krusial. Segmentasi membantu perusahaan untuk menentukan konsumen yang cocok dengan produk yang dijualnya. Proses selanjutnya akan semakin mudah setelah mengetahui target pasar yang sesuai, sehingga promosi bisa berjalan efektif dan menguntungkan.

Targeting

Targeting didefinisikan sebagai upaya pengalokasian sumber daya yang dimiliki perusahaan secara lebih efektif. Salah satu kriteria targeting yang harus dipenuhi adalah memastikan bahwa segmen pasar yang telah ditentukan cukup besar dan bisa menguntungkan. Strategi targeting juga harus dilakukan dengan melihat kemampuan perusahaan apakah bisa menguasai segmen pasar yang telah ditentukan atau tidak cukup berpengaruh di segmen tersebut.

Strategi pertama yang bisa dilakukan dalam tahap targeting adalah tidak memperhatikan perbedaan segmen. Artinya bahwa perusahaan memproduksi satu produk yang sama dan diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan semua segmen pasar. Dalam pengertian segmentasi targeting positioning ini, diperlukan kemampuan produksi yang besar untuk bisa menyediakan produk dalam jumlah banyak.

Selanjutnya, targeting bisa dilakukan dengan menyasar dua atau lebih segmen pasar. Tujuan utama dari dilakukannya strategi ini adalah untuk menghindari persaingan. Misalnya, pendirian supermarket dengan berbagai jenis kebutuhan harian di kompleks perumahan. Supermarket menyediakan semua barang yang dibutuhkan hampir semua segmen pasar, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan berbagai latar belakang.

Strategi targeting yang terakhir ini cocok untuk perusahaan kecil yang ingin menghindari konfrontasi dengan perusahaan besar. Penerapan strategi penetapan sasaran terkonsentrasi ini membutuhkan riset yang mendalam untuk mendapatkan keistimewaan produk. Maka jika sudah memiliki keistimewaan tersendiri, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk menarik minat pembeli sekalipun sudah ada produk pesain dari perusahaan besar.

BACA JUGA  Pengertian Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli dan Prinsipnya

Positioning

Dari pengertian segmentasi targeting positioning, istilah positioning sendiri diartikan sebagai tindakan produsen untuk mendesain citra perusahaan. Selain itu, penawaran nilai juga didesain untuk menjadikan segmen mengerti dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan. Tahap ini masih dengan tujuan utama yang sama yaitu menjadikan suatu perusahaan lebih unggul dibanding pesaingnya.

Positioning adalah strategi dalam pemasaran yang menciptakan perbedaan, manfaat dan keuntungan. Tahap ini ditentukan oleh kajian terhadap konsumen dengan mendeskripsikan nilai yang unggul. Positioning juga didasarkan atas kajian terhadap kemampuan perusahaan yang mencerminkan kekuatan dan keunggulannya dalam berkompetisi. Selanjutnya ada pula dasar kajian terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis.

Dalam melakukan positioning, perusahaan harus memperhatikan faktor penting. Termasuk soal kreativitas yang membuatnya terlihat berbeda dan unik. Di samping itu, faktor simplicity atau kesederhanaan juga harus diperhatikan. Faktor konsistensi akan membantu proses positioning berjalan baik bersama dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Dalam komunikasi pun diperlukan bahasa yang interaktif, mudah dipahami sehingga bisa diterima.

Penentuan positioning didasarkan pada beberapa nilai dan manfaat. Salah satu di antaranya yaitu capaian perusahan dan segmen pasar yang telah ditargetkan. Atribut yang menjadi keunggulan perusahaan bersama dengan originalitas akan menjadi dasar lainnya dalam penentuan positioning.
Memahami pengertian segmentasi targeting positioning akan membuat pelaku bisnis lebih terarah ketika menentukan langkah promosi. Dari usaha yang benar dan tepat juga akan dihasilkan keuntungan yang besar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button