ArtikelBisnis Online

Pengertian Supply Chain Management Menurut Para Ahli: Komponen dan Tujuan

Pengertian Supply Chain Management
Pengertian Supply Chain Management

Pengertian Supply Chain Management Menurut Para Ahli: Komponen dan Tujuan – Supply chain management atau sering disingkat SCM merupakan sebuah bentuk pengelolaan dan pengawasan suatu rantai silus, yang dilakukan mulai dari aliran barang mentah, pembayaran, kemudian ke informasi dari pemasok ke produsen, hingga ke pedagang baik itu grosir ataupun pengecer hingga ke konsumen.

Secara singkatnya supply chain management merupakan manajemen rantai pasokan yang berbentuk sebuah cara metode, alat ataupun pendekatan dalam pengelolaan sebuah produk.

Manajemen rantai pasokan ini melibatkan begitu banyak koordinasi dan integrasi dari semua tujuan pembuatan dan juga memastiikan pembiayaan dilakukan dengan seminimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan tetapi tidak melakukan produksi yang terlalu berlebihan.

Bila Anda belum paham betul mengenai SCM ini maka sebaiknya Anda juga menyimak pengertian supply chain management menurut para ahli. Untuk memperbuas wawasan Anda mengenai produksi dan pemasaran yang berhubungan dengan manajemen supply chain.

Baca informasi berikut ini dengan ketelitian agar Anda mudah memahaminya dan dapat menerapkannya dengan baik.

Pengertian SCM Menurut para Ahli

Terdapat beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian SCM yang dapat membantu Anda untuk memahami apa sebenarnya SCM itu sendiri.

James A dan Mona J. Fitzsimmons

Menurut James dan Mona supplye chain management adalah sebuah sistem pendekatan secara total yang dilakukan untuk mengantarkan sebuah produk ke konsumen akhir dengan menggunakan sebuah teknologi informasi yang mana di dalamnya dikoordinasikan seluruh elemen mulai dari memasok hingga mengecerkan produk yang telah dibuat oleh pihak perusahaan.

Jacob, Chase, dkk

Pendapat berikutnya juga dikemukakan oleh Jakob dkk yang memberikan pandangan bahwa SCM merupakan sebuah bentuk sistem yang menerapkan pendekatan secara utuh atau total dalam mengelolah berbagai aliran informasi, bahan, dan juga jasa dari bahan baku yang dibuat melalui pabrik ataupun gudang hingga akhirnya produk yang dihasilkan sampai ke tangan konsuen.

Russell dan Taylor

Tak mau ketinggalan Russel dan Taylor juga mengemukakan pengertian supply chain management menurut para ahli yang mana menurutnya SCM itu adalah sebuah roses pengelolaan sebuah arus informasi produksi dan juga layanan pada semua bentuk jaringan baik itu pada pihak pelanggan maupun perusaan sebagai pihak pemasok dari kegiatan produksi tersebut.

Stevenson

Menurut Stevenson SCM merupakan sebuah bentuk koordinasi strategis yang dilakukan dalam bentuk rantai pasokan yang hadir dengan tujuan untuk mengintegrasikan sebuah manajement penawaran dan juga peminatan masyarakat.

Robert J, Dkk

Pengertian Supply Chain Management menurut para ahli berikutnya dikemukan oleh Robert J, dan kawan-kawannya yang mengemukakan bahwa SCM merupakan sebuah bentuk kegiatan atau rangkaian aktivitas yang melibatkan berbagai hal dalam menghantarkan sebuah produk dari awalnya berbentuk bahan baku dan diproses kemudian sampai ke tangan pelanggan. Baik itu produk bahan bau, suku cadang, dan juga manufaktur.

Simchi-Levi

Selanjutnya seorang ahli bernama Simchi-Levi juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian SCM, yang mana menurutnya SCM merupakan sebuah rangkain pendekatan yang banyak digunakan untuk dapat mengintegrasikan proses pemasuk, produsen, dan juga gudang dengan cara yang efektif agar persediaan barang produksi didistribusikan secara tepat dalam jumlah yang sesuai.

Heizer dan Rander

Pendapat terakhir mengenai pengertian supply chain management menurut para ahli dikemukakan oleh Heizer dan Rander yang mengemukakan bahwa SCM adalah serangkaian aktivitas dalam pengelolaan berbagai bentuk kegiatan produksi bahan mentah hingga menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang sudah siap didistribusikan kepada para pelanggan.

Komponen Manajemen SCM atau Rantai Pasokan

Mengacu kepada pengertian SCM secara umum dan pengertian SCM yang telah dikemukakan oleh para ahli maka terdapat beberapa komponen yang harus Anda pahami dalam SCM ini. Berikut ini informasi mengenai komponen apa saja yang ada dalam SCM yang wajib untuk Anda pahami.

  • Upstream Supply Chain, merupakan sebuah bagian yang mengurus hubungan antara pihak perusaan dengan vendor ataupun pihak lain yang berhubungan dengan hal transfer barang.
  • Downstream supply chai, merupakan sebuah manajemen yang mengatur atau mengontrol masalah transfer barang dari perusahaan pemasuk ke tangan para konsumen.
  • Internal supply chain, meripakan sebuah manajemen yang berhubungan dengan kegiatan pemasokan barang, yang lebih ke tahap produksi, pabrik dan kontrol bahan baku.

Tujuan SCM

Terdapat beberapa tujuan hadirnya SCM sesuai dengan pengertian supply chain management menurut para ahli. Adapun tujuannya yakni menentukan sebuah tingkat outsourcing yang tepat, mengatur manajemen pengadaan barang, mengatur masala pemasokanan bahan baku, mengatur atau mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan.

Kemudian tujuan dari SCM ini juga untuk mengidentifikasi sebuah masalah dan melakukan respon terhadap masalah yang muncul. Kemudian tujuan hadirnya SCM yang terakhir adalah memanajemen resiko yang dapat terjadi.
Demikianlah informasi mengenai pengertian supply chai management menurut para ahli, komponen, dan juga tujuan dari SCM ini sendiri.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Artikel