pengertian wirausaha dan kewirausahaan
pengertian wirausaha dan kewirausahaan

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan:, Jenis, dan Ciri

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan:, Jenis, dan Ciri – Seringkah Anda mendengar kata wirausaha dan kewirausahaan? Atau pernahkah Anda melihat aktivitas kewirausahaan?

Apabila Anda sering melihat atau mendengar kata tersebut, maka untuk menambah wawasan Anda mengenai wirausaha dan kewirausahaan maka pada artikel ini akan dibahas mengenai segala hal yang berhubungan dengan kewirausahaan.

Banyak orang yang gengsi untuk melakukan aktivitas kewirausahaan padahal salah satu syarat yang harus dimiliki sebuah negara untuk menjadi negara yang maju adalah memiliki jumlah wirausahawan dengan persentase 14% dari jumlah penduduk yang terdaftar di negara tersebut.

BACA JUGA:  Inilah 8 Cara Memulai Bisnis Kaos Brand Sendiri

Sedangkan di Indonesia masih sangat jauh dari persentase 14% karena saat ini Indonesia masih berada pada persentase 3,1%.

Sehingga untuk mendukung Indonesia menjadi negara yang maju maka Anda bisa mencobba untuk menjadi seorang wirausahawan dengan membuka sebuah bisnis ataupun kegiatan wirausaha lainnya.

Bila Anda ragu-ragu maka sebaiknya Anda terlebih dahulu mempelajari pengertian wirausaha dan kewirausahaan dan berbagai pengetahuan lain mengenai wirausaha yang penting untuk Anda ketahui jika ingin terjun dalam bidang ini.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Dalam bahasa inggris kewirausahaan disebut dengan enterpreneur yang memiliki arti atau pengertian sebagai melakukan. Dalam sebuah konteks perbisnisan maka berarti sebagai memilai sebuah bisnis.

BACA JUGA:  Pengertian Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli dan Prinsipnya

Pengertian kewirausahaan ini juga terdapat dalam kamus Merriam yang memberikan definisi terkait kewirausahaan, menurut kamus tersebut menyebutkan wirausahawan merupakan orang yang engorganisir, menanggung resiko, mengelola sebuah bisnis atau perusahaan.

Untuk mempermudah Anda memahami apa sebenarnya kewirausahaan itu maka berikut ini pengertian wirausaha dan kewirausahaan yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Simak informasinya dengan teliti dan penuh pemahaman.

Peter Drucker

Pengertian pertama dikemukakan oleh Peter Drucker yang dituliskan dalam bukunya. Pada tulisannya tersebut dituliskan secara singkat definisi dari kewirausahaan, menurutnya kewirausahaan dan wirausahawan merupakan orang yang selalu mencari sebuah perubahan, melakukan respon, dan memanfaatkan setiap peluang yang hadir untuk meraih sebuah keuntungan sebesar-besarnya.

BACA JUGA:  10 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Dengan Modal Kecil

Menurutnya kewirausaahan mampu menciptakan suatu hal yang baru dan juga memiliki berbedaan dengan hal yang sudah ada sebelumnya.

Adam Smith

Pengertian wirausaha dan kewirausahaan menurut para ahli selanjutnya disampaikan oleh Adam smith, yang dalam karyanya memberikan pengertian bahwa kewirausahaan adalah bentuk sebuah bentuk studi tentang sebuah tindakan manusia yang mengarah pada bentuk perubahan dalam pembagian kerja. Pengertian yang dikemukakan oleh Adam ini mengandung sebuah makna teoritis dan juga empiris.

Yang berhubungan dengan penelitian pembentukan sebuah usaha baru dan juga pertumbuhan ekonomi, serta dapat digunakan oleh para kaum intelektual mencipktakan hal baru untuk meraih keuntungan.

Joko Untoro

Selanjutnya yang juga mengemukakan pendapatnya mengenai kewirausahaan adalah Joko Untoro yang mengemukakan bahwa kewirausahaan adalah sebuah bentuk keberanian yang dipunyai seseorang dalam melakukan berbagai jenis upaya agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi.

BACA JUGA:  4 Cara Sukses Bisnis Online Untuk Pemula !

Pemuenuhan ini digunakan dan memanfaatkan potensi diri yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat dan berdaya guna.

Eddy Soeryanti Soegoto

Menurut Eddy kewirausahaan adalah sebuah bentuk usaha kreatif yang dilakukan seseorang berdasarkan sebuah inovasi baru yang muncul dan berbedan dengan yang lainnya. Inovasi teersebut baik berupa penambahan nilai guna, bermanfaat, ataupu menyediakan lapangan kerja yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Ahmad Sanusi

Pengertian wirausaha dan kewirausahaan selanjutnya disampaikan oleh Ahamad sanusi yang menuturkan bahwasanya kewirausahaan merupakan sebuah bentuk nilai yang diwujudkan berdasarkan sebuah tindakan untuk menjadikannya sebagai sumber daya, kiat, siasat, ataupun tenaga penggerak untuk menciptakan sebuah bisnis.

BACA JUGA:  Pengertian Segmentasi Targeting Positioning dalam Bidang Marketing

Jenis-Jenis Kewirausahaan

Terdapat beberapa jenis kewirausahaan yang harus Anda ketahui, simak informasinya dengan teliti agar tidak terjadi sebuah kesalahan.

  • Necessity Entrepreneur, merupakan jenis kewirausahaan yang mana dilakukan karena dalam keadaan terpaksa terbentuk sebuah usaha yang dapat ditinggalkan kapan saja jika ada pekerjaan lebih menguntungkan.
  • Replicative Entrepreneur, merupakan sebuah jenis kewirausahaan yang bentuknya meniru sebuah bisnis yang telah ada sebelumnya karena bisnis yang ditiru dianggap menguntungkan untuk dilakukan.
  • Redistributive Entrepreneur, merupakan sebuah bentuk wirausaha yang berhubungan dngan proyek. Jenis wirausaha ini memposisikan dirinya sebagai pemilik proyek dan pelaksana proyek itu sendiri.
  • Innovative Enterpreneur, sebuah jenis wirausaha yang paling kreatif karena selalu membuat hal-hal yang baru berdasarkan peluang yang muncul untuk menciptakan bentuk usaha yang baru dan berbeda dari yang lainnya.
BACA JUGA:  Pengertian Human Resource Management dan Manfaatnya

Ciri-Ciri Seorang Wirausahawan

Bila Anda ingin mengenali seseorang yang berkecimpung dalam bidag wirausaha maka berikut ini ciri-ciri seorang wirausahawan.

  • Mempunyai jiwa seorang pemimpin, sebab wirausahawan harus mampu memimpin perusahaan yang dimilikinya.
  • Orientasi ke masa depan, senantiasa berpikiran maju ke depan dalam membangun usaha yang dimilikinya.
  • Mempunyai rasa percaya diri yang kuat sehingga selalu yakin untuk kesuksesan usaha yang dijalankan.
  • Senangtiasa berpikir positif untuk setiap hal yang dikerjakan.

Demikianlah informasi mengenai pengertian wirausaha dan kewirausahaan, jenis dan juga ciri-ciri dari orang yang berwirausaha.

Check Also

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger Mudah dan Bisa Anda Lakukan

Cara Mendapat Uang dari Blogger – Mendapatkan uang sekarang ini tidak lagi hanya bisa didapatkan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *