perbedaan sales dan marketing

Perbedaan Sales dan Marketing, Serupa Tapi Tak Sama

Sales dan marketing sering dianggap sama baik fungsi maupun cara kerjanya. Padahal jika dijelaskan secara rinci keduanya jelas berbeda. Artikel ini akan membahas seputar perbedaan sales dan marketing. Agar Anda tidak salah persepsi tentang keduanya, silakan simak artikel ini hingga akhir.

Pengertian Antara Sales dan Marketing

Bukan hal aneh jika banyak orang menganggap bahwa sales dan marketing itu sama. Karena memang kedua istilah ini memiliki fungsi yang sama dalam sebuah perusahaan khususnya dalam bidang pemasaran. Namun walau demikian, keduanya tetap memiliki perbedaan.

Pengertian Sales

Menurut penjelasan yang diambil dari Hubspot, sales adalah kegiatan yang mengarah pada kegiatan penjualan sebuah barang ataupun jasa. Karena tugasnya berkaitan dengan konsumen, maka sales harus selalu berusaha untuk menjaga kepercayaan, komunikasi serta hubungan yang berkaitan dengan klien ataupun konsumen. Dimana ini nantinya akan sangat berpengaruh pada penjualan.

Jadi jika diambil kesimpulan secara singkat sales adalah sebuah peran yang memiliki tujuan untuk merubah calon konsumen menjadi konsumen. Sales juga bertujuan untuk mendapatkan deal atau closing sebanyak-banyaknya.

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut pendapat dari Chief Marketing Officer Orabrush, Jeffrey Harmon, marketing adalah cara untuk mengedukasi calon pelanggan mengenai suatu produk atau barang. Selain untuk mengedukasi, marketing juga diharapkan dapat memunculkan hasrat kepada pelanggan untuk melakukan transaksi lebih lanjut.

Dari pandangan seorang Mary Ellen Bianco, yang merupakan Director Marketing & Communication, Getzler Henrich and Associates LLC marketing merupakan kumpulan dari beberapa strategi yang mendorong terjadinya penjualan, seperti riset, penentuan target pasar, komunikasi, dan humas untuk mempersiapkan prospek menghadapi direct selling.

Hal ini dapat diibaratkan seperti petani yang membajak Sawah dan mempersiapkan sawah agar siap ditanami. Sebuah tanah atau aktivitas penjualan dipersiapkan dan dipupuk sebaik mungkin dengan riset pasar dan komunikasi agar proses penjualan produk berjalan lancar.

Dilansir dari situs teknoia.com, marketing menggunakan metode 4P (price, product, place, dan promotion) agar dapat mencapai target pasar. Sementara selling berfokus untuk memastikan jumlah produk yang terjual, jumlah omset yang didapat, dan jumlah pembeli yang bertransaksi.

Nah dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa sales adalah orang yang berusaha untuk menjual sebuah produk atau jasa serta mengubah calon target pasar menjadi target pasar. Sedangkan marketing adalah kumpulan strategi untuk memupuk proses penjualan dengan riset dan menjaring target pasar yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan.

Perbedaan Sales dan Marketing

Meskipun sudah mendapatkan sedikit gambaran soal perbedaan sales dan marketing, namun tidak ada salahnya jika kita membahas secara lebih dalam perbedaan dari keduanya. Beriktu perbedaan sales dan marketing.

marketing dan sales

Memiliki Ruang Lingkup yang Jauh Berbeda

Salah satu perbedaan yang sangat terlihat antara sales dan marketing adalah dari ruang lingkup keduanya. Divisi sales mempunyai durasi kerja yang pendek sedangkan marketing cenderung untuk jangka panjang.

Mengapa demikian? Karena marketing harus senantiasa menjaga hubungan baik dengan vendor atau rekan bisnis yang berkaitan dengan pemasaran sebuah produk. Ruang lingkup marketing juga terbilang luas yaitu meliputi customer satisfaction, market research serta public relation.

Sedangkan untuk sales ruang lingkup pekerjaannya hanya seputar bagaimana membuat yakin calon pembeli. Dengan tujuan utama yaitu agar para konsumen mau menggunakan produk yang ditawarkan dalam jangka panjang.

Fungsi dan Prioritas yang Berbeda

Perbedaan kedua dari sales dan marketing adalah keduanya mempunyai fungsi dan prioritas yang jauh berbeda. Untuk prioritas utama dari marketing adalah menggaet pelanggan serta membangun relasi atau hubungan yang baik dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan fungsi sales adalah untuk memfasilitasi kebutuhan pelanggan atas produk yang Anda tawarkan. Dengan kata lain, keduanya saling bersinergi untuk meraih tujuan sama yaitu meraih target penjualan.

Proses Kerja Sales dan Marketing Tidak Sama

Jika dilihat dari proses kerja, sales dan marketing sangat jauh berbeda. Sales biasanya akan menghadapi calon konsumen secara langsung atau one-on-one. Mereka akan langsung menghubungi calon konsumen baik melalui sambungan telepon ataupun bertemu dalam sebuah event.

Nah, supaya pendekatan kepada calon konsumen ini dapat berjalan dengan baik maka harus ada campur tangan dari marketing. Marketing ini nantinya akan melakukan riset pasar serta menganalisa kebutuhan konsumen.

Tim marketing bertugas untuk menyiapkan konsep yang bertujuan untuk membuat konsumen mencari barang apa yang benar-benar ia butuhkan. Sedangkan sales akan melayani calon konsumen tersebut agar produk bisa benar-benar terjual.

Dalam tugasnya, marketing bertugas untuk menganalisa kembali produk yang pernah dijual dan laku di pasaran. Berikut dengan cara pemasaran serta kelebihan dan kekurangan dari produk yang pernah dijual sebelumnya. Hal ini semata-mata untuk bahan analisa guna merancang strategi dalam hal pemasaran produk.

Target

Keempat ada target yang menjadi pembeda antara sales dengan marketing. Untuk sales sendiri biasanya memiliki goal atau target yaitu menarik calon konsumen sebanyak mungkin.

Sedangkan marketing lebih ke bagaimana cara meningkatkan target bisnis ke banyak customer. Cara ini dilakukan dengan menyusun strategi untuk menggaet atau mempengaruhi calon pelanggan agar mau membeli atau menggunakan produk atau barang yang ditawarkan.

Tanggung jawab marketing sebenarnya adalah menetapkan rate harga agar dapat dipahami oleh calon pelanggan. Setelah itu, mereka akan menyusun strategi bagaimana cara agar calon pelanggan tertarik dan mau membeli produk dengan harga yang telah ditentukan.

Sumber Daya

Adanya media sosial merupakan sebuah hal yang sangat menguntungkan bagi Tim sales ataupun marketing. Bagi mereka media sosial dapat digunakan sebagai alat untuk menarik calon pelanggan.

Marketing umumnya menggunakan media sosial untuk menggaet banyak pelanggan baru. sedangkan sales menggunakan media sosial sebagai langkah menyusun strategi penjualan.

Strategi yang Berbeda

Dalam upaya menarik banyak konsumen, sales dan marketing menggunakan strategi yaitu selling, solution selling, SNAP seliing, N.E.AT dan SPIN selling. Strategi ini bertujuan untuk membantu calon pelanggan dalam memecahkan masalah  hinges berguna untuk meningkatkan penjualan.

selain itu, marketing biasanya menggunakan strategi yang berkaitan dengan internet marketing, SEO, Blog, sosial media marketing Dan lain sebagainya. Sedangkan sales, umumnya sesuai dengan jenis produk, industri, metode penjualan, pasar dan lain sebagainya.

 Aktivitas Pekerjaan

Terakhir adalah seputar aktivitas pekerjaan dari keduanya. Perlu diketahui, aktivitas kerja dari marketing umumnya dilakukan di belakang layar dan terbilang jarang berinteraksi dengan konsumen.

Sedangkan sales, akan lebih sering melakukan aktivitas di hadapan banyak orang dan langsung bertemu dengan calon customer. Oleh sebab itu, skill yang harus dimiliki sales salah satunya adalah public speaking.

Demikian pembahasan lengkap seputar sales dan marketing yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mendapatkan gambaran serta memahami bahwa dua istilah ini memiliki perbedaan baik dari pengertian, tujuan serta tanggung jawabnya. Terima kasih.

TRENDING:  Bentuk-Bentuk Kepemilikan Bisnis yang Ada di Indonesia

Check Also

5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang – Seperti yang Anda ketahui, bahwa dulu sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *