Syarat Shopee Affiliate, Cara Mendaftar, Cara Kerja dan Keuntungannya

2 min read

cara daftar affiliate shopee

Shopee Affiliate menjadi hal baru yang digunakan banyak orang untuk mendapatkan uang secara online. Beberapa orang berpendapat bisa menghasilkan uang jutaan rupiah dari Shopee Affiliate ini. Penasaran dengan Shopee Affiliate? Berikut ini penjelasan tentang syarat Shopee Affiliate beserta cara mendaftar, cara kerja dan keuntungannya:

Syarat-syarat Shopee Affiliate

Jika ingin bergabung dengan program Shopee Affiliate ini, pengguna harus memenuhi beberapa syarat. Hal ini dikarenakan agar orang-orang tetap mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat Shopee Affiliate adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Akun Sosial Media

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa terdapat syarat jumlah followers untuk mengikuti Shopee Affiliate ini. Padahal sebenarnya tidak ada syarat minimal jumlah followers untuk mengikuti program ini. Hanya saja pengguna harus memiliki akun dari sosial media seperti YouTube, Twitter, TikTok, Facebook atau Instagram. Ini merupakan syarat Shopee Affiliate paling mendasar.

2. Menggunakan Akun Pribadi untuk Konten Shopee Affiliate

Syarat selanjutnya adalah harus menggunakan akun sosial media yang pribadi, bukan akun untuk bisnis dan lainnya. Karena cara kerja dari Shopee Affiliate ini pengguna harus membuat konten untuk menarik perhatian penonton. Lalu ajak penonton untuk membeli produk tersebut dari link yang telah diberikan.

TRENDING:  Cara Gratis Ongkir Shopee untuk Pembeli, Belanja Jadi Hemat

Bagi yang sering menonton TikTok atau IG mungkin sudah tidak asing dengan video promosi untuk Shopee Affiliate. Karena banyak orang yang membuat video berupa review produk, lalu memberikan link produk tersebut. Dan oleh karena itu pengguna harus membuat konten untuk Shopee Affiliate dengan akun pribadi.

3. Tidak Mempromosikan Produk yang Dilarang

Cara kerja dari Shopee Affiliate ini pengguna harus mempromosikan produk yang dijual di Shopee. Tapi produk yang dipromosikan tidak boleh produk yang dilarang. Beberapa produk yang dilarang adalah rokok, produk dewasa, obat terlarang, dan produk palsu. 

4. Hanya Bisa Mempromosikan Produk Star Seller, Shopee Supermarket, dan Shopee Mall

Sayangnya tidak semua toko bisa dipromosikan lewat Shopee Affiliate ini. Toko yang bisa dipilih hanya toko yang sudah terpilih menjadi Star Seller, Shopee Supermarket dan Shopee Mall. Jadi perhatikan juga toko-tokonya sebelum membeli dan melakukan review produk.

Cara Mendaftar 

Setiap orang yang menggunakan Shopee dan suka review produk bisa daftar ke Shopee Affiliate. Cukup penuhi beberapa syarat di atas dan gunakan sosial media. Karena tidak ada batasan followers, tentu hal ini jadi lebih mudah. Cara daftarnya adalah sebagai berikut:

  • Buat akun Shopee.
  • Buka browser dan ketik Shopee Affiliate di kolom pencarian.
  • Masuk ke link Shopee Affiliate.
  • Baca beberapa syarat dan keuntungannya.
  • Klik tulisan daftar ke Shopee Affiliate Program.
  • Isilah data informasi diri.
  • Klik selanjutnya dan isi informasi tentang akun sosial media yang akan digunakan.
  • Masukkan kode team leader jika ada.
  • Klik tulisan kirim.
TRENDING:  Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual Pemula Terbaru 2021

Jika sudah selesai maka tunggu hingga kurang lebih tiga hari untuk mendapatkan balasan Email dari Shopee. Jika syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, maka Shopee akan segera mengirimkan balasan. Setelah mendapatkan Email balasan, maka pengguna sudah bisa mulai membuat konten.

Cara Kerja Shopee Affiliate

Lalu bagaimana cara kerja Shopee Affiliate ini? Sebenarnya cara kerja dari Shopee Affiliate ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Caranya pengguna cukup cari produk yang disukai dan diinginkan. Pekerjaan ini umumnya bisa dilakukan oleh para influencer. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk memulai Shopee Affiliate ini dari awal. Cukup buatlah konten yang menarik di sosial media.

Konten berupa testimoni dan review suatu produk, coba ajak penonton untuk membeli produk tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan custom link produk yang telah disediakan di aplikasi Shopee setelah berhasil mendaftar. Jika ada penonton yang tertarik dengan produk tersebut dan menekan link yang diberikan serta melakukan transaksi, maka pengguna akan mendapatkan komisi.

Mungkin beberapa berpendapat cukup sebarkan link sebanyak-banyaknya. Tapi jika hanya menyebarkan link belum tentu orang tertarik untuk membeli. Jadi dengan membuat konten mengajak penonton untuk membeli, maka link bisa digunakan untuk melakukan transaksi dan meraup keuntungan.

TRENDING:  Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Paling Efektif 2021

Keuntungan Shopee Affiliate

Setelah mengetahui syarat-syarat serta cara mendaftar dan cara kerjanya, selanjutnya ketahui juga keuntungan apa saja yang didapatkan dari Shopee Affiliate. Pengguna hanya akan mendapatkan komisi jika ada seseorang yang menggunakan link yang telah di share serta langsung melakukan transaksi.

Jika yang menggunakan link tersebut adalah pengguna baru, maka komisi yang didapatkan sebesar 10% dari jumlah transaksi. Tapi jika yang menggunakan adalah pengguna lama, maka komisi yang didapatkan sebesar 2,5% dari jumlah transaksi. Setiap komisi memiliki maksimal komisi sebesar 10.000 rupiah. Jadi komisi tidak bisa melebihi 10.000 rupiah.

Komisi yang telah dikumpulkan akan dibayar setiap 2 minggu sekali dengan jumlah komisi yang dikumpulkan minimal 10.000 rupiah. Meski terlihat tidak terlalu besar, tapi Shopee Affiliate ini cukup menarik perhatian. Jika berhasil membuat konten dan banyak yang membeli dari link tersebut, maka pendapatan yang didapatkan juga bisa mencapai jutaan rupiah.

Baca Juga: Cara Daftar Affiliate Shopee dengan Mudah Tanpa Banyak Followers

Itulah sedikit penjelasan tentang syarat Shopee Affiliate beserta cara mendaftar, cara kerja dan keuntungannya. Jika tertarik jangan tunda-tunda lagi, segera daftar ke web Shopee Affiliate. Buatlah konten yang unik sehingga banyak orang yang melakukan transaksi dari link yang diberikan.