Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Tata Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Kepentingan Usaha

3 min read

Tata Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Kepentingan Usaha

Facebook Ads merupakan salah satu fitur yang cukup booming di kalangan pengusaha atau pebisnis dalam ranah online. Layanan berupa media periklanan dengan sistem berbayar ini memang sengaja dibuat dan ditujukan khusus untuk para pelaku usaha. Lantas bagaimana cara menggunakan Facebook Ads sebagai sarana iklan atau untuk sebuah kepentingan usaha?

Sebelum masuk ke bagian inti pembahasan utama, ada baiknya kamu memahami dengan detail lebih dahulu mengenai apa itu Facebook Ads. Layanan yang diberikan oleh Facebook Ads sendiri sebenarnya ditujukan untuk para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya. Mulai dari public figure, brand, atau siapa saja yang ingin bisnisnya menjadi lebih baik lagi.

Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Promosi

Cara menggunakan Facebook Ads sendiri sebenarnya cukup simple. Sebab untuk semua orang yang ingin menggunakan layanan periklanan dari Facebook Ads tersebut. Telah diberikan beberapa jenis strategi periklanan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan penggunanya. Berikut ini cara menggunakan Facebook Ads untuk promosi bisnis berdasarkan jenisnya :

1. Facebook Foto Ads

Facebook foto Ads sendiri merupakan jenis periklanan yang sangat mudah. Karena kamu hanya perlu memberikan foto, link, dan juga tombol CTA saja untuk ditampilkan pada Facebook. Fitur ini dianggap cocok untuk layanan promosi, karena perhatian dari setiap pengguna Facebook akan terarah secara langsung kearah gambar iklan yang kamu pasang.

TRENDING:  Cara Kerja Algoritma Tiktok dan Faktor yang Menentukan FYP

2. Facebook Video Ads

Jika kamu ingin membuat iklan yang tidak berkesan membosankan, maka kamu bisa menggunakan video untuk media iklannya. Sebab dengan format video tersebut, iklan yang kamu pasang akan mencapai beberapa tujuan tertentu. Mulai dari memamerkan produk dan layanan , mengarahkan calon pelanggan, serta menarik perhatian dengan efektif.

3. Slideshow

Berbeda dengan layanan periklanan sebelumnya, bahwa jenis iklan slideshow bisa kamu memperkenalkan beberapa jenis iklan dalam sekali posting. Disini kamu bisa mengkombinasikan iklan dalam format gambar, teks, video, atau bahkan suara menjadi satu buah file berisi informasi. Sehingga informasi iklan tersebut juga lebih baik dan bisa lebih maksimal ketika ingin disampaikan pada audiens.

4. Caroussel

Caroussel merupakan jenis Facebook Ads yang lumayan mirip dengan jenis slideshow. Namun perbedaan yang dimiliki oeh keduanya cukup besar. Dimana pada jenis iklan slideshow per satu gambar akann muncul secara bergantian di dalam satu tampilan saja. namun jika carausel mampu secara langsung menampilkan beberapa gambar dalam satu tampilan.

Banyak Kelebihan Menggunakan Facebook Ads, Diantaranya Sebagai Berikut!

Setelah mengetahui mengenai bagaimana cara menggunakan Facebook Ads dengan baik dan benar. Berikut ini kami akan memberikan informasi lain. Yang lebih mengarah ke suatu keuntungan saat menggunakan layanan periklanan

Facebook Ads tersebut. Inilah informasi detailnya :

1. Pengguna Aktif yang Terbanyak

Seperti yang kita ketahui bahwa Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang cukup banyak memiliki pengguna aktif di seluruh dunia. Oleh karena itu, media ini cocok digunakan sebagai promosi untuk setiap produk yang kamu miliki. Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu memilih Facebook Ads sebagai media periklanan yang layak.

2. Target Periklanan yang Lebih Spesifik

Dengan banyaknya jumlah pengguna aktif dengan jenis demografi yang juga beragam. Maka kita bisa menentukan target periklanan yang lebih spesifik. Disini kita bisa mempersempit target iklan mulai dari usia, lokasi, hobi, maupun minat seseorang dari setiap akun yang mereka gunakan. Maka dari itu ilan yang ditujukan bisa benar-benar sampai ke tujuan.

TRENDING:  Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral Dengan Mudah

3. Remarketing

Facebook Ads juga menawarkan fitur promosi yang tak kalah dengan Google Ads. Yang mana keduanya sama-sama menawarkan fitur marketing dengan baik. Sehingga setiap target audience tidak hanya bisa melihat iklan kamu di Facebook saja. tetapi juga bisa melihatnya di laman website maupun aplikasi tertentu. Dimana pihak aplikasi tersebut telah bekerja sama dengan Facebook.

4. Efektif untuk Tujuan Marketing

Facebook Ads memang bisa dibilang cukup efektif untuk digunakan sebagai teknik pemasaran. Sebab layanan ini telah menyediakan berbagai pilihan dengan tujuan marketing. Yakni dari mendapatkan trafik, download aplikasi, mengumpulkan leads, atau bahkan melakukan pembelian. Jadi kamu bisa memilih salah satu dari pilihan yang sekiranya benar-benar sesuai dengan kondisi bisnis kamu.

Jenis-Jenis Iklan Yang Dimiliki Oleh Facebook

Selain jangkauan iklannya yang cukup luas, kelebihan yang dimiliki oleh layanan iklan tersebut adalah dengan hadirnya fitur baru. Seperti halnya Facebook Adverts Manager, dimana fitur ini dapat menargetkan suatu iklan kepada audience yang tepat. Berdasarkan dari kondisi demografinya, entah itu lokasi, usia, pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan, minat, kebiasaan, atau bahkan koneksi.

Adapun jenis-jenis iklan yang ada pada sosial media Facebook, dan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pages Like

Pages Like merupakan jenis fanpage akun bisnis yang sangat penting, terutama untuk membangun kepercayaan seorang konsumen akan sebuah produk yang kamu miliki. Sistem yang digunakan iklan jenis ini adalah, semakin banyak like maka akan semakin tinggi kredibilitas bisnis kamu dimata para konsumen.

2. Page Post Engagement

Page Post Engagement merupakan jenis iklan yang biasa digunakan untuk sebuah tujuan dalam meningkatkan reputasi bisnis yang lebih baik lagi. Cara ini bisa dilakukan oleh pelaku bisnis dengan menyebarkan beberapa foto , link, video, situs, atau sesuatu yang lain. Tujuan ini penting untuk dilakukan agar engagement berupa likes, share,dan komen yang baik dan positif.

TRENDING:  3 Cara Promosi di TikTok Dijamin FYP!

3. Click to Website

Berbeda lagi dengan jenis iklan yang satu ini. Dimana Click to Website memang sudah hampir ada di setiap jenis iklan di sosial media. Iklan jenis ini memiliki system Call to Action, dimana setiap orang yang akan mengeklik pada iklan tersebut, maka akan diarahkan ke bagian alamat website yang telah ditanamkan sebuah link iklan itu sendiri.

4. Event Response

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya, event response kemungkinan lebih tepat kamu pilih untuk kepentingan promosi. Ditambah lagi jika kamu ingin mengadakan sebuah acara periklanan. Maka dengan jenis iklan tersebut produk atau jasa bisnis kamu akan dialokasikan melalui sebuah acara atau event tertentu dengan sebuah target pasar yang lebih spesifik.

5. Website Conversion

Selain jenis iklan Click to Website, kamu juga bisa menggunakan sebuah jenis periklanan website converse untuk strategi promosi. Sebab dengan jenis iklan ini maka kamu dapat dengan mudah mengarahkan setiap calon customer untuk melakukan sebuah tindakan lain. Seperti untuk checkout, registration, maupun leads.

Itulah bagaimana cara menggunakan Facebook Ads yang baik dan benar. Untuk kamu, sahabat Sosialin, tentunya bisa mencoba salah satu jenis media periklanan yang diberikan oleh Facebook Ads. Sebab dengan layanan periklanan tersebut kamu memajukan bisnis dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi, sehingga bisa mendatangkan keuntungan jumlah besar.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Facebook Ads untuk memperluas pangsa pasar bisnis kamu ya!

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser