9 Tips Memulai Usaha Toko Buah untuk Pemula

3 min read

Pada masa sekarang ini, memang semakin banyak yang tertarik untuk membuka usaha toko buah yang dianggap memberikan banyak keuntungan. Namun sayangnya, hanya sedikit yang benar-benar tahu tentang tips yang tepat untuk membuka usaha ini dan bisa menikmati keuntungan yang diharapkan.

9 Tips Memulai Usaha Toko Buah, Pemula Wajib Tahu!

Sebenarnya tips untuk membuka usaha ini pertama kalinya bisa dilakukan dengan mudah sama seperti beberapa jenis usaha menarik yang lainnya. Bagi yang baru pertama kali membuka usaha sejenis ini, maka sebaiknya pahami dahulu beberapa tips yang tepat berikut ini:

1. Mencari Tahu Jenis Buah

Tips yang pertama ini lebih berkaitan dengan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap orang terutama jika ingin usahanya sesuai dengan sasaran. Sebaiknya mulai dengan mengenali mana saja buah yang kira-kira akan laku di pasar terutama disesuaikan dengan sasaran pembeli yang ada.

Tentu saja saat ini semakin banyak buah yang bisa dikonsumsi secara rutin bahkan setiap hari mulai dari apel sampai jeruk. Namun ada juga beberapa buah yang khusus namun tetap menarik seperti durian ataupun buah kurma yang dapat dicoba untuk dijual.

2. Menentukan Supplier Buah

Kemudian ada juga tips untuk membuka usaha toko buah lainnya, terutama dengan melihat seberapa banyak modal usaha yang sudah ada. Misalnya saja, jangan lupa memulai untuk melakukan proses survei terkait dengan produsen atau distributor yang dipercaya untuk membantu usaha buah ini.

TRENDING:  Inspirasi Snackbox untuk Usaha Katering Rumahan

Coba mulai dengan mencari tahu secara langsung di dekat rumah atau bisa secara online jika dianggap sesuai dengan target pengusaha. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa semua buah yang dijual memang berkualitas dan ditawarkan dalam bentuk yang masih segar nantinya. 

3. Memilih Lokasi Toko

Selain tips yang sudah dijelaskan di atas, ada juga tips lainnya yang menarik untuk dicoba terutama demi usahanya bisa sukses. Misalnya saja, jika ingin membuka sebuah usaha untuk jualan buah, maka jangan lupa menentukan lokasi yang tepat dan juga strategis.

Jika merasa bingung dalam menentukan mana lokasi toko yang tepat, maka bisa mencoba untuk menentukan lokasi yang dekat dengan rumah. Sementara itu, bisa juga untuk memilih toko yang agak jauh namun memang mudah dijangkau pembeli sehingga uang pun bisa datang.

4. Mengutamakan Variasi Buah

Tidak hanya tips di atas, jika ingin membuka sebuah usaha toko buah yang bisa menguntungkan, maka jangan lupa mempertimbangkan variasinya. Melanjutkan tips yang pertama dijelaskan, penting untuk menentukan mana saja buah yang dijual tidak hanya dari kualitas yang dimiliki saja.

Walaupun begitu, menjadi penting bagi para pengusaha untuk memulai menata buah mana yang bisa bertahan lama di bagian belakang. Sementara untuk jenis buah yang ternyata hanya bertahan dalam waktu yang sebentar, maka bisa diletakkan di bagian depan ketika usaha.

TRENDING:  Pengertian Supply Chain Management Menurut Para Ahli: Komponen dan Tujuan

5. Membuka Pesanan Online

Selanjutnya, ada tips yang menarik untuk dicoba hanya dengan membuka peluang untuk berjualan dengan metode tambahan selain memanfaatkan bantuan dari toko. Kali ini, setiap penjual hanya perlu menentukan mana aplikasi bantuan yang dianggap memang tepat untuk digunakan jualan buah sesuai harapan.

Penggunaan berbagai metode penjualan dalam usaha buah ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang lebih banyak terutama jika dilengkapi strategi terbaik. Selain itu, jangan lupa untuk memilih aplikasi bantuan untuk jualan yang memang sesuai dengan kondisi dan jangan mudah terbuai oleh diskon.

6. Memperhatikan Tata Letak

Demi bisa memastikan bahwa sebuah usaha toko buah yang dimiliki memang laris di mata pembeli, maka jangan lupa mempertimbangkan desainnya. Menentukan lokasi untuk toko buah tentu saja masih tidak cukup, perlu dilengkapi dengan adanya tata letak yang tepat di sana.

Mulai dengan melihat mana saja buah yang bisa digantung nantinya dan mana yang perlu diletakkan di bagian rak yang khusus. Selain itu, jangan lupa untuk menentukan mana buah yang perlu dimasukkan ke bagian lemari les atau mana yang perlu dikemas juga.

7. Mengevaluasi Model Pelayanan

Jangan sampai dilewatkan pula untuk dikenali, ada sebuah tips lainnya untuk jenis usaha toko buah yang lebih berkaitan dengan pelayanannya. Tentu saja persoalan terkait dengan pelayanan ini perlu untuk dievaluasi secara rutin terutama demi bisa memastikan pembeli akan selalu datang.

Untuk memulai proses evaluasi ini, setiap orang sebenarnya hanya perlu melihat seperti apa hasil penjualan yang sudah dilakukan terlebih dahulu. Kemudian jika ternyata menggunakan bantuan dari pegawai untuk toko, maka jangan lupa untuk mencoba mengutamakan evaluasi khusus pegawai nanti.

TRENDING:  10 Kelakuan Konyol Karyawan Saat Lagi Nganggur di Kantor

8. Memeriksa Kompetitor Terdekat

Kemudian ada juga tips lainnya agar usaha toko buah berhasil yaitu dengan memeriksa seperti apa kompetitor terdekat yang memang ada. Namun untuk melakukan hal ini, perlu ketelitian yang lebih terutama dalam melihat sistem pelayanan buah yang dilakukan di kompetitor tersebut.

Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan di bagian awal bagi para pemula dalam usaha buah agar langkahnya lebih tepat. Jangan lupa pula untuk memeriksa apakah kira-kira sedang terjadi perubahan harga dari buah yang dijual di usaha dari kompetitor tersebut.

9. Menambahkan Jenis Jualan

Terakhir, ada sebuah tips untuk usaha toko buah yang wajib untuk dilakukan setelah mencoba berjualan selama beberapa waktu. Walaupun begitu, untuk melakukan tips ini, setiap pengusaha harus bersabar menanti dan jangan sampai terburu-buru untuk mengganti buah yang sedang dijual.

Untuk mencoba tips ini, maka lebih berhati-hati dalam menentukan mana jualan yang bisa ditambahkan dan pastikan tidak melenceng dari buah. Misalnya saja, bisa  memulai dengan menentukan jualan tambahan seperti salad buah atau jus buah yang mungkin tidak mengganggu jualan yang sebelumnya.

Beberapa tips yang untuk memulai usaha toko buah tersebut bisa dilakukan dengan begitu mudah terutama untuk para pemula. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan mana tips yang tepat dilakukan lebih awal dan mana yang dilakukan setelah beberapa lama berjualan.

Baca Juga: Peluang Usaha Jasuke dan Analisa Usahanya