Apa Itu Usaha Home Industri? Simak Penjelasannya!

3 min read

Bisnis menjadi salah satu pilihan untuk tambahan penghasilan yang cukup menjanjikan. Terlebih ada terdapat banyak pilihan untuk melakukan bisnis yang bisa dilakukan di mana saja termasuk diantaranya usaha home industri. Hal ini biasa dikenal dengan istilah usaha atau industri rumahan.

Apalagi kini terdapat banyak sejumlah  pelaku usaha yang menjalankan bisnis hanya bermodal dari rumah. Tapi tentu ada keuntungan yang didapat dari melakukan bisnis tersebut. Berikut sejumlah hal yang harus diketahui mengenai industri rumahan ini:

Pengenalan Industri Rumahan

Usaha home industri atau kerap disebut sebagai industri rumah tangga biasa terjadi di rumah. Hal ini merupakan bentuk unit usaha yang tidak memiliki badan hukum. Biasanya industri tersebut hanya dijalankan oleh beberapa orang yang terdiri dari atas rumah tangga tersebut.

Selain itu, dari segi tenaga kerja tidak terlalu menyerap banyak dengan maksimal 4 orang. Secara umum kegiatan industri ini berfokus pada pengubah bahan dasar untuk dijadikan barang jadi atau setengah jadi. Berikut ini sejumlah hal-hal lain mengenai pengenalan dalam industri rumahan:

1. Skala Kecil 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa industri rumahan memiliki skala kecil. Industri tersebut juga memiliki sebuah pusat yang dijadikan tempat produksi biasanya menggunakan satu atau dua rumah saja. Hal ini menjelaskan bahwa lingkup kegiatannya terbilang cukup kecil contohnya bisnis konveksi.

TRENDING:  Study Case: Laris Manis Gara-Gara Storytelling

2. Sistem Pemasaran 

Usaha home industri juga biasanya memiliki pemasaran yang berasal dari rumah. Dengan kata lain proses administrasi dilakukan secara bersamaan dengan pemasaran serta produksi. Dengan harapan, produk yang dihasilkan dapat menjangkau pasar luas dengan bantuan sejumlah bantuan teknologi, contohnya servis elektronik.

3. Modal yang Kecil 

Penting untuk ingat bahwa usaha home industri biasanya menggunakan modal kecil. Apabila dibandingkan dengan berbagai perusahaan berskala besar atau nasional. Tidak hanya dari biaya untuk pembayaran upah tenaga kerja tetapi juga sistem produksi itu sendiri, contohnya jasa potong rambut.

4. Bersifat Tradisional 

Usaha home industri lebih bersifat tradisional, dalam penerapan pekerjaannya biasanya tidak memiliki sistem organisasi sekaligus manajemen layaknya perusahaan modern. Sehingga bila berbicara mengenai pembagian kerja tidak ada hal jelas dalam hal ini termasuk dalam sistem pembukuan. Contohnya saja pada usaha mebel, souvenir dan kain tenun.

Fungsi Home Industri

Setiap usaha atau bisnis pasti memiliki fungsi tersendiri. Begitu pula halnya apabila berbicara mengenai kegunaan dari industri rumah hal tersebut.  Misalnya saja dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar dari sebuah industri rumahan.

Selain itu secara tidak langsung dengan keberadaan sebuah home industri juga dapat membantu untuk meningkatkan perekonomian dari masyarakat. Serta meningkatkan pendapatan dari sebuah keluarga yang melakukan bisnis rumahan ini. Berikut sejumlah penjelasan mengenai fungsi home industri yang harus dipahami pembaca:

TRENDING:  Usaha Pertanian Hidroponik yang Menjanjikan

1. Memperkokoh Perekonomian Nasional

Fungsi pertama usaha home industri adalah dapat memperkuat perekonomian nasional. Hal ini terjadi karena adanya keterkaitan berbagai usaha mulai dari pemasok penyalur hingga pemasaran. Semua usaha yang terlibat di dalamnya tentu akan berkaitan satu sama lain sehingga memperkuat struktur perekonomian.

Misalnya saja usaha yang berskala kecil dapat berfungsi sebagai transformator. Karena bisa menghubungkan berbagai sektor dengan berbagai kaitannya. Entah itu untuk menghubungkan jangka panjang atau jangka pendek.

2. Meningkatkan Efisiensi Ekonomi

Berikutnya yang menjadi fungsi usaha home industri adalah dapat menaikkan efisiensi ekonomi. Hal ini berhubungan pada penyerapan sumber daya di suatu wilayah. Tidak hanya berkaitan dengan sumber daya manusia tetapi juga dengan sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.

Hal ini dikarenakan usaha berskala kecil dengan refleksibel dalam penyerapan kedua sumber daya tersebut. Serta juga mampu meningkatkan sumber daya manusia menjadi wirausaha. Yaitu dengan memanfaatkan kedua komponen untuk dijadikan satu kesatuan.

3. Sarana Pendistribusian Pendapatan

Lalu Yang juga menjadi fungsi terakhir dari usaha bisnis rumahan ini adalah menjadi pendistribusian dari pendapatan nasional. Hal ini berkaitan dengan pemerataan pendapatan.  yang terjadi karena adanya usaha untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

Apalagi biasanya usaha rumahan ini tersebar di berbagai wilayah. Dengan artian usaha tidak terdapat di daerah kota saja. Akan tetapi juga terdapat di sejumlah daerah pedesaan.

Keunggulan Home Industri

Ternyata usaha home industri juga memiliki segenap keunggulan.  contohnya saja usaha bisnis rumahan ini dianggap bisa bertahan dalam antisipasi inflasi yang disebabkan karena berbagai faktor. Tapi secara umum banyak keunggulan lain yang bisa dirasakan oleh seorang pendiri usaha bisnis rumahan.

TRENDING:  Peluang Usaha Jasuke dan Analisa Usahanya

Hal ini tidak hanya berfokus pada mendapatkan karyawan yang mudah di sekitar rumah. Tetapi juga dianggap lebih simple karena bebas dalam pengaturan waktu. Berikut ini sejumlah penjelasan mengenai keunggulan dari adanya home industri

1. Punya Gaya Manajemen Sendiri

Pertama adalah terkait manajemen yang bisa diatur sendiri oleh pemilik yang bisa merangkap menjadi manajer. Karena bergantung pada arahan dari si pemilik usaha terkait dengan pekerjaannya. Dimulai dari produksi hingga pemasaran.

2. Pajak yang Ringan

Keuntungan berikutnya yang didapatkan dari adanya bisnis rumah hal ini adalah pajak yang ringan. Nominal pajak yang ditetapkan berdasarkan pribadi atau seorang pengusaha. Berbeda halnya dengan perusahaan besar yang mematok pajak dari keuntungan perusahaan.

3. Relatif Mudah

Keunggulan berikutnya adalah usaha bisnis rumahan ini tergolong lebih mudah untuk dicoba. Dengan adanya modal kecil dan inovasi bisa langsung membuka usaha ini. Sehingga proses pendiriannya dianggap jauh lebih mudah dibandingkan perusahaan besar.

Itulah sejumlah penjelasan singkat mengenai usaha home industri. Sebelum ingin terjun untuk membuka usaha atau bisnis di rumah alangkah baiknya survei terlebih dahulu apa yang ingin dijual. Serta juga perhatikan kecenderungan kesukaan atau selera konsumen.

Baca Juga: Cara Membuka Usaha Furniture Rumahan untuk Pemula