Tips Usaha Konter Pulsa Modal 2 Juta, Agar Untung

2 min read

Usaha Konter Pulsa Modal 2 Juta

Usaha konter pulsa modal 2 juta terdengar mustahil untuk dilakukan. Karena sebagai modal usaha, uang 2 juta memang terkesan kecil. Apalagi, jika digunakan untuk membuka konter pulsa yang seharusnya memiliki barang yang lengkap. 

Tips Usaha Konter Pulsa Modal 2 Juta, Agar Untung Maksimal

Namun, bukan berarti para calon pengusaha tidak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Menjalankan usaha konter pulsa dengan modal kecil ini, sangat mungkin dilakukan. Keuntungan akan semakin maksimal dengan beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan Model Usaha yang Diinginkan Terlebih Dahulu 

Sebenarnya usaha konter pulsa memiliki banyak model dan jenis usaha. Ada konter pulsa yang juga menjual pernak-pernik dan aksesoris HP. Ada pula konter pulsa yang disertai dengan usaha loket pembayaran, dan sebagainya. 

Karena modal yang dimiliki tergolong kecil. Maka, akan sulit bagi para calon pengusaha model usaha yang lengkap dan layanan yang banyak. Karena itu, para calon pengusaha harus menentukan model yang seperti apa yang bisa dibiayai modal dan pasarnya besar. 

TRENDING:  7 Cara Mempromosikan Produk Shopee Paling Efektif 100% Cuan

Misalnya, hanya menyediakan penjualan pulsa dan paket data saja. Kemudian, dibarengi jasa top up e-wallet. Dengan layanan yang terbatas, modal pasti masih bisa membiayai. Namun, potensi pasar tetap besar karena banyak yang membutuhkan jasa tersebut. 

2. Cermat dalam Memilih Distributor 

Pemilihan distributor sering kali menjadi kesalahan fatal para calon pengusaha dalam memulai usaha ini. Karena memilih distributor dilakukan secara asal-asalan, bahkan seringkali para calon pengusaha mengira semua distributor sama saja. 

Ada banyak hal yang harus dipikirkan untuk memilih distributor. Tidak hanya asal memilih harga yang murah, namun pelayanannya harus juga baik dan mudah untuk dihubungi. 

Selain itu, pastikan distributor yang dipilih memiliki jaringan pengiriman pulsa yang kuat dan stabil. Dengan begitu, proses penjualan di konter pulsa akan lebih cepat dalam melakukan pengiriman pulsa dan memuaskan para pelanggan. 

3. Lokasi Harus Strategis 

Tips usaha konter pulsa modal 2 juta selanjutnya adalah memiliki lokasi yang strategis. Lokasi adalah faktor utama dalam bisnis konter pulsa. Sekalipun, modal untuk memulai usaha ini besar dan promosi maksimal. 

Namun, jika lokasi konter tidak strategis bisa dipastikan bahwa usaha tidak akan berkembang. Lokasi yang dekat jalan raya, kadang dianggap sebagai tempat yang ideal untuk memulai bisnis. 

Namun, dalam kasus usaha konter pulsa, tidak harus begitu. Konter tidak harus dekat dengan jalan besar atau raya. Hal yang penting adalah konter ada di lingkungan yang ramai dan sering dilalui orang. 

TRENDING:  Cara Membuka Usaha Furniture Rumahan untuk Pemula

Misalnya, dekat dengan perkampungan yang padat atau berada di jalan utama desa. Menjadi, tempat yang ideal untuk berjualan pulsa. 

4. Sediakan Layanan Secara Bertahap 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karena modal 2 juta sangatlah terbatas. Para calon pengusaha pastinya tidak bisa langsung memberikan banyak pelayanan pada para pelanggan. 

Setelah menetapkan modal usaha dan layanan seperti apa yang disediakan. Para calon pengusaha ada baiknya untuk menyediakan layanan tersebut secara bertahap. Jadi, jangan langsung menjual pulsa sekaligus jasa top up e-wallet. 

Mulailah dengan hanya berjualan pulsa terlebih dahulu, kemudian baru membuka layanan yang lainnya. Hal ini, menguntungkan untuk calon pengusaha. Para calon pengusaha bisa mengetes pasar terlebih dahulu. 

Sekaligus, melakukan analisa apa layanan yang akan disediakan selanjutnya memang diperlukan. Selain itu, untuk mengumpulkan lebih banyak modal jadi bisa membuka lebih banyak layanan. 

5. Harga Jual Jangan Terlalu Murah dan Tetap Bersaing 

Tips usaha konter pulsa modal 2 juta selanjutnya adalah tetapkan harga jual yang bersaing dan sesuai. Kesalahan umum para pengusaha usaha konter pulsa pemula adalah memberikan harga yang sangat murah pada pelanggan. 

Harga murah ini diharapkan dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Sekilas, cara ini mungkin saja efektif. Namun, cara ini menyebabkan kerugian besar pada pengusaha. Padahal, dari awal modal yang dimiliki tidak cukup kuat. 

TRENDING:  Kelebihan dan Kekurangan Dana Dibanding dengan Pembayaran Lainnya

Karena itu, jangan menarik pelanggan dengan harga murah. Tariklah minat pelanggan dengan pelayanan yang bagus namun dengan harga yang tetap bersaing. 

6. Beri Larangan Konsumen Untuk Berhutang 

Modal 2 juta adalah modal yang sangat kecil untuk memulai usaha konter pulsa. Jadi, jika ada konsumen yang berhutang apalagi tanpa kejelasan untuk membayar. Maka, modal tidak akan kuat mempertahankan operasional konter pulsa. 

Karena itu, sangat penting untuk memberikan larangan pada konsumen untuk berhutang. Berikan larangan ini dengan tegas dan jangan beri kesempatan sekalipun. Karena, sekali konsumen berhutang. maka konsumen akan berhutang lagi kemudian hari. 

Memang awalnya akan berhutang dalam nominal yang kecil. Namun, jika tidak ada kejelasan dalam pembayarannya. Nominal ini akan membesar dan semakin banyak. Para pengusaha konter pulsa pasti akan merasa kerepotan sendiri untuk menagihnya. 

Karena itu, dari awal tegaskan pada konsumen yang ingin berhutang. Bahwa, konter tidak menerima hutang pulsa. Sekecil apapun nominalnya dan apapun jenis pembayarannya. 

Itulah beberapa tips usaha konter pulsa modal 2 juta yang perlu dijalankan. Sekilas, tips di atas memang kedengaran sangat sederhana. Namun, jika diterapkan bisa menyelamatkan modal 2 juta yang dimiliki dan memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.