Usaha Pertanian Hidroponik yang Menjanjikan

2 min read

Di dalam bidang pertanian terdapat berbagai usaha yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah usaha pertanian hidroponik. Jenis usaha tersebut sekarang memang sedang tren dan dilakukan oleh banyak orang.

Penting bagi calon pebisnis mengetahui berbagai informasi tentang usaha pertanian hidroponik ini. Oleh sebab itu, di sini akan dibahas lebih lanjut mengenai usaha pertanian jenis hidroponik tersebut, diantaranya:

Pengertian Hidroponik

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai usaha pertanian hidroponik. Lebih baik mengetahui dahulu pengertian dari hidroponik. Karena, ternyata banyak yang belum mengenal pasti tentang usaha pertanian jenis hidroponik tersebut. Padahal, bisa dijadikan usaha yang menggiurkan untuk dijalani.

Secara umum, pengertian hidroponik yaitu sebuah media tanam yang tidak menggunakan tanah. Lalu menggunakan media tanam apa? Biasanya diganti dengan menggunakan air serta beberapa media lain yang mengandung zat hara.

Jadi, tanah sudah tidak dibutuhkan lagi di dalam media tanam hidroponik ini. Namun, biasanya air yang digunakan juga tidak sebanyak pada penggunaan air pada media tanam yang menggunakan tanah.

Jadi, sangat cocok sekali diterapkan pada lokasi yang tidak memiliki pasokan air yang bagus. Tentunya, selain lebih efisien tetapi juga lebih menghemat penggunaan air.

TRENDING:  6 Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Panen

Terdapat beberapa macam tanaman yang bisa menggunakan media hidroponik. Seperti tomat, paprika, selada, serta jenis tanaman lainnya. Tentunya hal tersebut bisa dijadikan peluang usaha pertanian yang bagus dengan biaya produksi yang lebih sedikit.

Tahapan Usaha Hidroponik

Apabila tertarik dengan usaha pertanian hidroponik, maka harus tahu tahapannya dari awal. Karena, dengan mengerti tahapannya akan membuat usaha tersebut lancar. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Berikut untuk penjelasan lebih lanjutnya:

1. Amati Pesaing

Untuk tahapan awal adalah dengan melakukan pengamatan terhadap pesaing. Tentunya pesaing yang dimaksud adalah orang yang memiliki jenis usaha yang sama. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran terhadap cara kerja kedepannya.

2. Tentukan Tujuan Pasar

Saat akan memulai usaha hidroponik, tentunya harus mempunyai tujuan atau target pasar yang pasti. Sebaiknya tanaman hidroponik yang diproduksi, merupakan tanaman yang paling dibutuhkan di tempat tersebut. Selain itu, sesuaikan juga dengan ekonomi dari masyarakat setempat.

3. Siapkan Sarana dan Prasarana

Tahapan yang selanjutnya yaitu dengan menyiapkan semua sarana serta prasarana yang dibutuhkan. Seperti lokasi yang cocok, bahan baku, modal usaha, dan alat yang dibutuhkan. Semua itu harus diperhitungkan dengan baik agar usaha dapat berjalan lancar.

4. Tentukan Harga Jual

Bagi yang baru memulai usaha hidroponik ini tentunya harus menentukan harga jual yang pasti. Perhitungkan dari mulai modal yang digunakan, pastikan harga jualnya memberikan keuntungan. Tetapi, jangan pula mengambil untung yang terlalu berlebihan.

TRENDING:  9 Tips Memulai Usaha Toko Buah untuk Pemula

5. Lakukan Promosi

Setelah menentukan harga jual yang tepat, tahapan selanjutnya yaitu dengan melakukan promosi. Untuk promosi bisa dilakukan melalui media apa saja, baik itu iklan maupun promosi di sosial media. Lakukan promosi dengan cara yang menarik, unik, serta berbeda dari yang lainnya.

Jenis Usaha Hidroponik

Usaha pertanian hidroponik memiliki berbagai jenis usaha yang dapat dilakukan. Tentunya jenis ini meliputi tanaman apa saja yang bisa ditanam pada sistem hidroponik. Karena, tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik melalui sistem tersebut. Berikut untuk jenis-jenisnya:

1. Tanaman Selada

Hampir semua yang memiliki usaha dalam bidang hidroponik memilih selada sebagai tanaman yang utama. Karena, memiliki perawatan yang mudah dan juga masa panennya juga terbilang cepat. Selain itu, di pasaran juga banyak dicari dan dibutuhkan setiap hari.

2. Tanaman Kale

Mungkin banyak yang belum tahu mengetahui jenis tanaman yang satu ini. Padahal, belakangan ini sedang hits dan biasa dimanfaatkan untuk pengolahan makanan sehat. Tanaman kale bisa dijadikan alternatif usaha hidroponik yang cukup menjanjikan.

3. Tanaman Bayam

Sayuran bayam adalah jenis tanaman yang bisa berkembang dengan sempurna di dalam media air. Jadi, cocok sekali bila diterapkan menggunakan media tanam hidroponik. Tentunya kualitas sayurnya pun akan lebih berkualitas dan sehat.

TRENDING:  Keuntungan Budidaya Ikan Nila Dalam Beton

4. Tanaman Daun Bawang

Selain bayam, ternyata daun bawang juga tanaman yang membutuhkan banyak asupan air. Tepat sekali jika menggunakan sistem tanam hidroponik ini. Selain itu, daun bawang juga sangat dibutuhkan di pasaran. Jadi, sudah pasti akan laku keras di pasaran dan bisa menghasilkan keuntungan.

5. Tanaman Strawberry

Ternyata buah strawberry juga bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Peluang ini dapat dijadikan usaha pertanian yang menggiurkan, karena buah tersebut sangat digemari oleh semua orang. Jadi, sudah tentu akan memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya.

Prospek Usaha Hidroponik

Mungkin masih banyak yang bertanya bagaimana prospek usaha pertanian hidroponik untuk kedepannya. Karena, memang usaha jenis ini masih awam dan belum banyak yang mengikutinya. Padahal, bisa dijadikan alternatif usaha pertanian yang sangat menggiurkan.

Untuk prospeknya mungkin belum kelihatan di awal memulai usaha tersebut. Namun, jika sudah berjalan biasanya memiliki prospek yang bagus dan produktif. Apalagi, jika memilih jenis tanaman yang dibutuhkan saat itu. Sudah pasti akan berjalan lancar dan juga menguntungkan.

Itulah sekilas mengenai usaha pertanian hidroponik yang bisa dimanfaatkan untuk peluang bisnis yang menjanjikan. Jika tertarik dengan bisnis jenis ini, maka sebaiknya pelajari dahulu hal di atas. Supaya tidak salah langkah dan malah tidak membuat untung.

Baca Juga: 7 Alternatif Bisnis Peternakan yang Menjanjikan