Contoh Perusahaan Startup Di Indonesia yang Sukses

4 min read

Perusahaan Startup di Indonesia yang Sukses di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 yang memukul Indonesia, banyak perusahaan mengalami kesulitan untuk bertahan di tengah kondisi yang sulit ini. Namun, ada juga beberapa perusahaan startup yang justru berhasil mencatat pertumbuhan yang signifikan di tengah pandemi ini. Berikut adalah 10 contoh perusahaan startup di Indonesia yang berhasil meraih kesuksesan di tengah pandemi:

Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu perusahaan rintisan yang paling sukses di Indonesia. Dalam pandemi ini mereka berhasil meraup keuntungan sebanyak 2 triliun rupiah dalam satu bulan saja. Keberhasilan Tokopedia ini tak lepas dari kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Tokopedia
Source www.socitech.ci

Bukalapak

Di samping Tokopedia, ada juga Bukalapak yang berhasil memperbesar wilayah pasarnya sehingga sekarang menjadi lebih luas. Bukalapak berhasil melakukan ekspansi bisnis melalui peningkatan akan kualitas produk dan pelayanannya sendiri dalam pengembangan usahanya. Bukalapak melakukan banyak inovasi dan inisiatif-inisiatif yang menarik perhatian pengguna di masa pandemi. Tak heran, Bukalapak berhasil menjadi salah satu perusahaan startup yang sukses di Indonesia.

Bukalapak


Source www.metronieuws.nl

Gojek

Gojek adalah salah satu perusahaan rintisan yang mulai terkenal sejak berdiri, di tengah pandemi ini Gojek tetap konsisten pada bisnisnya dan mampu untuk terus memperbaiki kualitas pelayanannya. Di masa pandemi ini, banyak orang yang beralih menggunakan layanan ojek online ketimbang transportasi umum. Sehingga, Gojek pun sukses meraih keuntungan yang besar di masa pandemi ini.

Gojek
Source www.socitech.ci

Traveloka

Sebagai perusahaan booking perjalanan daring, Traveloka harus merasakan turunnya angka pemesanan tiket karena pandemi Covid-19. Tapi, Traveloka tetap sukses di masa pandemi dengan melakukan opsi berubah arah, mereka mulai menjual produk baru seperti tiket hiburan dan voucher belanja dari merchant. Traveloka tetap menjadi salah satu startup yang sukses di Indonesia meski di masa pandemi yang seperti sekarang ini.

TRENDING:  peluang usaha yang potensial adalah

Traveloka
Source www.amazon.de

Grab

Grab adalah salah satu perusahaan teknologi rintisan yang sangat sukses di Indonesia. Di masa pandemi ini, Grab berinovasi dengan membuka bisnis layanan antar makanan yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Grab sukses membuka bisnis baru di tengah kondisi yang sulit ini sehingga bisa meraih kesuksesan.

Grab
Source virtualcast.jp

GudangAda

GudangAda adalah perusahaan platform transaksi e-commerce atau B2B untuk bisnis. Di masa pandemi ini, banyak bisnis khususnya bisnis kecil dan menengah yang harus memperhatikan penghematan dana dalam kegiatan operasional bisnis. Hal ini adalah faktor suksesnya GudangAda dalam mencatatkan pertumbuhan yang signifikan dalam bisnisnya.

GudangAda
Source thelibertarianrepublic.com

Kredivo

Kredivo adalah perusahaan yang bergerak dalam layanan kredit konsumen yang cepat dan mudah. Di masa pandemi ini, banyak orang yang membutuhkan bantuan finansial untuk tetap bisa bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19. Kredivo sukses mencatat peningkatan permintaan akun baru selama pandemi ini.

Kredivo
Source www.testedich.de

Maju Bersama

Maju Bersama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang fintech lending. Meskipun di masa pandemi ini banyak masyarakat mengalami kesulitan finansial, Maju Bersama tetap mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam bisnisnya. Hal ini tentunya sangat berkontribusi untuk keberlangsungan keuangan masyarakat di tengah pandemi ini.

Maju Bersama
Source www.youtube.com

Ruangguru

Di masa pandemi ini, banyak pelajar yang harus belajar dari rumah. Hal ini ternyata menjadi kabar baik bagi Ruangguru, perusahaan edtech yang mampu membantu para pelajar tetap belajar meski di rumah. Ruangguru berhasil mencatat pertumbuhan dalam bisnisnya di tengah pandemi ini.

Ruangguru
Source vilmap.com

LaporCOVID-19

LaporCOVID-19 adalah perusahaan yang muncul di tengah pandemi Covid-19 yang membantu pemerintah dalam mengumpulkan data yang berkaitan dengan penyebaran virus. Aplikasi ini sangat dirasakan manfaatnya karena membantu masyarakat dalam pengumpulan data dan analisis data penyebaran virus Covid-19.

TRENDING:  Hit N Run: Pengertian, Dampak, dan Penanganannya di Indonesia

LaporCOVID-19
Source www.bbc.com

Nah itulah sepuluh perusahaan startup di Indonesia yang berhasil meraih kesuksesan di tengah pandemi Covid-19. Keberhasilan mereka tak lepas dari inovasi, kreativitas dan ketahanan bisnis yang mereka miliki. Semoga informasi ini memberikan inspirasi bagi para pebisnis di Indonesia untuk terus berkarya dan membantu masyarakat di tengah pandemi ini.

Contoh Perusahaan Startup di Indonesia

Setelah membahas mengenai definisi startup, kini kita akan membahas mengenai contoh perusahaan startup di Indonesia. Indonesia memiliki banyak startup yang sedang berkembang dan menjadi perusahaan besar. Berikut beberapa contoh perusahaan startup di Indonesia:

1. Gojek

Gojek Logo
Source 1000logos.net

Gojek adalah salah satu perusahaan startup yang didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Perusahaan ini pertama kali berfokus pada layanan transportasi ojek online, namun sekarang telah berkembang menjadi perusahaan layanan super app yang menghubungkan jasa transportasi, pesan antar makanan, belanja, hingga layanan keuangan. Saat ini, Gojek telah mendapatkan investasi dari perusahaan besar seperti Google, Astra International, dan Jay-Z.

2. Bukalapak

Bukalapak Logo
Source gambargantari.blogspot.com

Bukalapak adalah salah satu e-commerce platform yang berbasis di Indonesia. Didirikan oleh Achmad Zaky pada tahun 2010, Bukalapak memungkinkan para pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia dapat memasarkan produk mereka secara online. Bukalapak juga telah mengembangkan fitur seperti Bukamart (belanja sembako secara online), BukaGlobal (belanja produk luar negeri), hingga investasi reksa dana.

3. Tokopedia

Tokopedia Logo
Source creativeyogian.blogspot.com

Tokopedia adalah salah satu unicorn startup yang pertama kali didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Tokopedia memiliki layanan seperti Bukalapak, tetapi memiliki fitur yang lebih lengkap seperti investasi, pembayaran tagihan, dan pengiriman tour & travel. Tokopedia telah mendapatkan investasi dari Alibaba, Softbank, dan Sequoia Capital.

4. Traveloka

Traveloka Logo
Source www.prnewswire.com

Traveloka adalah salah satu perusahaan startup di Indonesia yang berfokus pada layanan perjalanan dan tiket pesawat. Didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada tahun 2012, Traveloka memiliki fitur yang lengkap seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, tiket kereta api, hingga sewa mobil untuk memudahkan perjalanan wisata. Traveloka telah mendapatkan investasi dari perusahaan besar seperti Microsoft, East Ventures, dan Sequoia Capital.

TRENDING:  Ciri-ciri Iklan Baris di Indonesia

5. Ruangguru

Ruangguru Logo
Source warungvector1.blogspot.com

Ruangguru adalah satu-satunya perusahaan edutech di Indonesia yang telah memiliki pengguna lebih dari 20 juta. Didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara dan Iman Usman pada tahun 2014, Ruangguru menjadi platform terbesar untuk belajar online di Indonesia yang dilengkapi dengan guru privat online hingga bank soal untuk persiapan ujian nasional. Ruangguru telah mendapatkan investasi dari UOB Venture Management, Venturra Capital, dan Accel Partners.

Tabel di bawah ini menunjukkan informasi singkat mengenai contoh perusahaan startup di Indonesia:

Perusahaan Tahun Berdiri Pendiri Layanan Utama
Gojek 2010 Nadiem Makarim Jasa transportasi, pesan antar makanan, belanja, layanan keuangan
Bukalapak 2010 Achmad Zaky E-commerce platform
Tokopedia 2009 William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison E-commerce platform, investasi, pembayaran tagihan, pengiriman tour & travel
Traveloka 2012 Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang Layanan perjalanan dan tiket pesawat
Ruangguru 2014 Adamas Belva Syah Devara dan Iman Usman Platform belajar online, guru privat online, bank soal

Itulah beberapa contoh perusahaan startup di Indonesia yang telah sukses dan berpengaruh di bidang industri masing-masing. Terdapat banyak perusahaan startup lainnya di Indonesia yang sedang berkembang dengan inovasi dan layanan yang unik. Semoga dengan adanya berbagai startup di Indonesia ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi Indonesia.

Jika kamu sedang mencari inspirasi terkait contoh perusahaan startup di Indonesia, kamu bisa membaca artikel menarik tentang daftar perusahaan startup di Indonesia di sini.

Terima Kasih Telah Membaca Tentang Contoh Perusahaan Startup di Indonesia!

Sekarang kamu sudah tahu beberapa perusahaan startup yang sukses di Indonesia. Jangan lupa, selalu dukung perusahaan-perusahaan lokal kita ya! Terima kasih juga sudah membaca artikel kami sampai akhir. Kami harap kamu dapat mengambil manfaat dari artikel ini. Jangan lupa untuk kembali ke situs web kami untuk membaca artikel menarik lainnya seputar dunia startup di Indonesia. Sampai jumpa lagi!

Saran Video Seputar : Contoh Perusahaan Startup Di Indonesia yang Sukses

barang inferior adalah barang

1. Pengenalan Surat Penawaran Barang Surat penawaran barang adalah sebuah surat resmi yang dibuat oleh pemilik usaha atau penjual sebagai salah satu cara untuk...
Andri Afrizal Hakim
3 min read

metode penyusutan aset tetap

1. Pengertian Iklan Baris Iklan baris adalah jenis iklan yang umum digunakan dalam media massa. Iklan baris memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis...
Andri Afrizal Hakim
4 min read