ArtikelBisnis Online

7 Strategi Bisnis Angkringan Modern Agar Sukses

Dalam membuka sebuah bisnis, tidak bisa asal membukanya saja. Dibutuhkan strategi dan perencanaan yang matang agar bisnis yang kamu jalani bisa berhasil. Disini saya akan berikan 7 strategi bisnis angkringan modern agar sukses.

Keuntungan dalam membuka bisnis angkringan ini sangat banyak. Salah satunya adalah jika usaha angkringan yang kamu kelola bisa ramai dan menghasilkan laba yang banyak. Kamu bisa membuka cabang di lain tempat agar pendapatanmu dari bisnis angkringan ini semakin banyak.

Baiklah langsung saja kita bahas 7 Strategi Bisnis Angkringan Modern Agar Sukses

Menentukan Konsep Bisnis Angkringan

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah konsep dari bisnis angkringan yang akan Anda buat.

Ada banyak sekali konsep yang bisa Anda temukan di google atau youtube. Saran saya buat konsep bisnis angkringan seunik mungkin dan senyaman mungkin.

1. Konsep Bisnis Angkringan Lesehan

Untuk konsep seperti ini biasanya berada di dalam ruangan. Bisa itu rumah atau ruko. Intinya tidak menyediakan bangku hanya meja saja dan lesehan seperti gambar di bawah.

7 Strategi Bisnis Angkringan Modern Agar Sukses 1
sumber gambar: https://www.mandiribisnis.com

2. Gerobak Angkringan

Konsep yang kedua adalah gerobak angkringan dimana dengan menggunakan gerobak. Bisnis angkringan kamu bisa dipindahkan ke tempat yang ramai.

bisnis angkringan konsep gerobak
sumber gambar: http://danimrtaufik.blogspot.com/

3. Konsep warung angkirngan

Yang ketiga adalah konsep warung angkringan. Sebenarnya ini sama seperti yang di nomer satu. Hanya bedanya, konsep warung angkringan menggunakan meja dan kursi atau tidak lesehan.

konsep bisnis angkringan rumahan sederhana
sumber gambar: https://www.mandiribisnis.com/

Ada banyak sekali konsep desain bisnis angkringan. Tapi disini yang paling umum di temui adalah tiga konsep di atas.

Jika kamu memiliki lahan yang luas, kamu bisa menggabungkan konsep satu dan tiga yaitu dengan memberikan tempat kursi dan meja serta lesehan.

BACA JUGA  Pengertian Mesin Konversi Energi Hingga Cara Kerjanya

Jadi orang yang ingin makan di tempat kamu bisa memilih mau duduk di meja atau lesehan.

Baca Juga: 4 Tips Endorse Selebgram

Pemilihan Lokasi

Strategi bisnis angkringan modern agar sukses selanjutnya adalah pemilihan lokasi. Nah, pemilihan lokasi ini sangat penting bagi kemajuan bisnis angkringan.

Sebab, jika memilih lokasi yang sepi bisa berakibat sepi pembeli juga yang dimana bukannya untung malah buntung.

Pilihlah lokasi yang ramai dilalui orang seperti dekat pasar, perkantoran atau tempat-tempat ramai lainnya.

Biasanya semakin ramai sebuah tempat, maka biaya sewanya juga akan semakin mahal, Tapi ini juga berbanding lurus dengan keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika tempat yang kamu pilih ramai pembeli.

Atau kamu juga bisa memilih food court yang memang dikhususkan bagi para penjual makanan. Orang yang datang ke food court memang sudah berniat untuk makan.

Menentukan Target Market

Strategi bisnis angkringan yang sangat penting selanjutnya adalah menetukan target market. Kamu harus tahu bisnis angkringan yang akan kamu jalankan itu di tunjukkan untuk target market seperti apa?

  • Para pekerja kantoran kah?
  • Anak-anak muda yang suka nongkrongkah?
  • Untuk keluarga yang ingin makan?
  • Untuk turis kah?
  • atau yang lainnya..

Ketika kamu menentukan target market untuk bisnis angkringan yang akan kamu buka. Ini juga akan mempengaruhi menu yang dihidangkan, konsep tempat dan suasana.

Menentukan target market ini juga bisa dilakukan dari sejak pemilihan lokasi usaha. Misal lokasi bisnis angkringan kamu dekat dengan perkantoran. Maka kamu bisa menjual makanan untuk para pekerja kantoran tersebut.

Atau misalkan bisnis angkringan yang kamu buka adalah untuk tempat anak muda nongkrong. Maka menu dan desain bisa disesuaikan agar mereka betah nongkrong dan berlama-lama memakan menu-menu yang kamu sajikan.

Begitupun juga target market kamu adalah sebuah keluarga yang ingin makan diluar maka kamu bisa sesuaikan mulai dari menu sampai ke harga makanannya.

BACA JUGA  Pengertian Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli dan Prinsipnya

Menentukan Modal Usaha

Usaha apa sih yang ngga butuh modal? Semua usaha pasti membutuhkan yang namanya modal. Walaupun modal disini tidak selalu berbentuk uang.

Setelah kamu menentukan konsep, pemilihan tempat serta menentukan target market. Strategi bisnis angkringan modern selanjutnya adalah menghitung berapa biaya yang di butuhkan seluruhnya.

Anda bisa merincikan mulai dari sewa tempat, beli peralatan, beli bahan baku dan lainnya.

Jika kamu sudah merincikan modal awal dan ternyata modal yang kamu miliki tidak cukup. Kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk ikut memodali bisnis angkringan yang akan kamu buka. Dengan syarat keuntungan dan kerugian di tanggung bersama.

Strategi Marketing / Pemasaran Bisnis Angkringan

Selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah melakukan strategi marketing atau melakukan pemaran bisnis angkringan Anda.

Melakukan promosi dari sebuah bisnis sangat penting untuk dilakukan apalagi untuk bisnis yang baru buka. Pemasaran dasar yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat

  • Brosur
  • Diskon
  • atau hal unik lainnya.

Serta yang harus dan wajib kamu lakukan adalah melakukan promosi di media digital. Sudah berapa banyak bisnis yang menjadi populer dan laris manis karena mereka melakukan promosi melalui media digital.

Daftar ke Gofood dan Grabfood

Daftarkan bisnis angkringamu ke gofood dan grabfood. Selain kamu bisa mendapatkan pesanan dari orang yang makan di tempat. Kamu juga bisa mendapatkan pesanan melalui aplikasi tersebut.

Betapa banyak orang yang ingin makan tapi males keluar rumah. Orang-orang seperti ini bisa menikmati menu makanan yang ada di bisnis angkringamu dengan memesannya di gofood atau grabfood.

Aktif di sosial media

Buat sebuah akun media sosial di semua platform seperti

  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube
  • Tiktok
  • dan lainnya

Kamudian aktiflah di platform sosial media tersebut. Kalau perlu buat tim khusus untuk menangani sosial media dari warung angkringan kamu.

Karena konten yang viral dari sosial media bisa mendatangkan banyak pelanggan ke bisnis angkringamu.

BACA JUGA  Inilah 8 Cara Memulai Bisnis Kaos Brand Sendiri

Sehingga keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan semakin banyak.

Contoh saja seperti odading mang oleh yang viral beberapa waktu lalu. Membuat omset jualannya naik berkali-kali lipat karena efek viral sosial media.

Jika kamu memiliki budget yang banyak kamu bisa beriklan dan melakukan endorse ke selebgram atau youtubers.

Baca Juga: Tips Jualan Di Instagram Bagi Pemula

Melakukan Branding

Strategi bisnis angkringan modern selanjutnya adalah melakukan branding. Branding ini sangat penting untuk jangka panjang sebuah bisnis. Dimana dengan melakukan branding bisa mengubah orang yang tadinya hanya beli sekali menjadi beli lagi dan lagi.

Melakukan branding bisa membuat orang menjadi lebih loyal untuk makan di tempat angkringan kamu.

Untuk bisa melakukan branding sebenarnya tidak harus memiliki modal yang besar. Bisa juga dilakukan dengan cara-cara yang lebih mudah bahkan gratis yang penting kamu mengerti tentang branding.

Catat Keuangan Dengan Rapi

Banyak bisnis yang harus tutup bukan karena sepi pelanggan. Tapi dikarenakan tidak rapi dan tidak disiplin dalam mencatat keuangan.

Bisa jadi bisnis angkringamu laris manis hingga terjual habis. Tapi setelah di hitung-hitung kok malah nombok ya.. bukannya untung malah buntung. Biasanya hal tersebut terjadi karena ada pengluaran yang melebihi pemasukan.

Jika kamu memiliki catatan keuangan kamu bisa melihat dimana kebocoran dari keuanganmu. Sehingga di kemudian hari kamu bisa mengantisipasinya.

Ingat bisnis itu mencari keuntungan. Jadi kalau tidak untuk kamu harus bisa mencari tahu apa penyebabnya.

Penutup

Itulah 7 strategi bisnis angkringan modern yang bisa kamu jalankan agar sukses. Untuk bsia sukses dalam membuka bisnis angkringan memang tidaklah instan. Dibutuhkan perjuangan dan prsoses yang tidak sebentar.

Karena itulah orang yang bisa sukses sedikit karena memang hanya sedikit yang mau menjalani prosesnya. Saya yakin para pembaca tulisan saya ini adalah para pejuang yang siap untuk berproses menuju sukses.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button