E-CommerceShopee

6 Cara Membuat Diskon di Shopee untuk Menarik Pembeli

6 Cara Membuat Diskon di Shopee untuk Menarik Pembeli
6 Cara Membuat Diskon di Shopee untuk Menarik Pembeli

Panduan mengenai cara membuat diskon di Shopee merupakan ilmu wajib buat para penggiat bisnis online terutama kalau menjual produk di marketplace dengan logo berwarna oranye tersebut. Tentu salah satu kelebihan Shopee adalah selalu memberi potongan harga besar bukan hanya hari tertentu bahkan sampai setiap hari.

Memberi potongan harga terbukti mampu meningkatkan jumlah pembelian sebuah toko. Ini bisa jadi siasat terbaik dalam meningkatkan jumlah pembelian sebelum harga ditetapkan normal kembali seperti biasa. Tentu meski harga sudah kembali normal pengunjung tetap tertarik karena pelanggan banyak, apalagi angka sangat penting dalam bisnis online.

Hal ini cukup manusiawi, di mana kebanyakan orang lebih percaya toko dengan jumlah follower atau pembeli banyak. Begitu juga saat membeli suatu produk, pasti bila pembelinya sampai ribuan mereka menganggap barangnya bagus dan terpercaya. Jadi, kalau kamu seorang seller tidak boleh pelit memberi potongan banderol.

6 Cara Membuat Diskon di Shopee untuk Calon Pembeli

Dalam memberi potongan biaya pembelian suatu barang, tidak hanya berupa tulisan pada barang atau foto saja. Kamu harus melakukan setting terlebih dahulu supaya muncul dan tercatat sebagai barang promo dengan penurunan harga. Paling tidak ada enam hal paling penting dalam pembuatan diskon pembelian, antara lain:

1. Masuk Menu Promo Diskon Baru

Dalam cara membuat diskon di Shopee pertama yaitu seller harus menuju pada menu atau fitur penambahan potongan harga terlebih dahulu. Tapi sebelumnya pikirkan dahulu mau buat promo seperti apa. Tentunya harus dapat membuat calon pembeli berdatangan ditambah tidak merugikan diri sendiri karena diturunkan terlalu besar.

Harus memasang banderol yang tetap menguntungkan karena kita berjualan demi mendapat profit. Kalau terlalu besar penurunan harganya bisa saja mengalami kerugian bukannya keuntungan yang sebelumnya kita targetkan. Pada menu ini sendiri kamu bisa menentukan nama promosi, usahakan menarik dan membuat niatan klik pengunjung semakin besar.

2. Masa Pemberian Diskon

Kalau sudah menentukan nama, seller selanjutnya bisa mengaktifkan opsi tersebut tapi bakal lebih baik 24 jam setelah dibuat. Hal ini sendiri disebabkan karena akan terlebih dahulu memberi iklan pada calon pembeli mengenai kapan waktu untuk mereka bisa menikmati potongan harga diskon pada toko online kita.

Tentu cara membuat diskon di Shopee seperti ini bisa diketahui terlebih dahulu oleh calon pembeli sehingga tetap memantau online shop kita. Bisa saja kalau meraka tidak ingin ketinggalan promo langsung mengikuti toko online kita. Jadi, bukan hanya jumlah pembeli yang bertambah tapi followers kemungkinan naik.

3. Opsi Jangka Waktu Promo

Jangka waktu ini berupa seberapa panjang masa promosi yang akan diberikan pada suatu produk atau barang jualan. Banyak jenis waktu dapat digunakan dalam hal ini yaitu mingguan atau harian. Umumnya penjual suka memakai hari tertentu buat customer, tapi banyak juga seller memberi promosi setiap hari.

Nantinya dalam menu pengaturan masih terdapat fitur buat memperpanjang atau menyingkat. Keduanya bisa dipakai dalam keadaan tertentu, misalnya sedang sangat laris maka bisa diperpanjang. Sementara itu bila masih kurang ramai, bisa diperpanjang lagi atau dinaikkan jumlah potongan bonus sehingga lebih mampu menarik hati para konsumen.

4. Pilih Produk

Cara membuat diskon di Shopee terpenting selanjutnya yaitu harus memilih mana produk yang mau dipromokan. Pertama kamu bisa masuk dalam menu rincian promo di mana bisa menentukan terlebih dahulu produknya. Usahakan selalu memilih produk paling laris sehingga nilai jual di mata pembeli terasa lebih baik.

Umumnya produk terlaris bisa menambah jumlah penjualan dan penghasilan pada suatu toko online. Walau begitu tidak ada salahnya bila memberi promo pada produk baru atau barang lain yang tidak terlalu laris. Hasilnya bisa saja kemudian diburu oleh pelanggan dan kita dapat menghabiskan semua stok dagangan.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

5. Semua Produk atau Barang Tertentu?

Nantinya memang terdapat 2 pilihan berbeda yakni memberi diskon pada semua produk atau hanya salah satunya saja. Kalau mau melakukan pada satu buah dagangan saja, bisa memilih fitur foto produk. Selanjutnya bakalan ditampilkan sesuai keinginan dan dapat dipilih lewat filter terlaris, termurah sampai dengan termahal.

6. Cek Apakah Sudah Berhasil Menambahkan Promo

Bila semua pengaturan sudah berhasil, sebelumnya harus memberi beberapa tambahan ketentuan lagi sebelum konfirmasi. Kamu wajib memberi besaran nilai diskon, sampai batas pembelian setiap item, di mana setiap pembeli tidak bisa mendapatkan secara berlebihan. Kalau sudah diatur semuanya, tinggal konfirmasi dan segera dapat dinikmati pelanggan.

Promosi berupa pemotongan jumlah biaya pembayaran suatu produk tidak mungkin berhasil meningkatkan penghasilan bila toko kita tidak dikunjungi pembeli. Maka dari itu bisa melakukan promosi lewat endors terutama di media sosial agar mengajak orang mengunjungi toko kita dahulu setelah itu pasti tertarik membeli produk dagangan.

Langkah pemberian diskon memang mudah untuk diikuti, tapi biar tidak kelupaan bisa kamu catat atau screenshot terlebih dahulu. Terlebih lagi bila di kemudian hari ingin posting produk baru buat toko online milik sendiri. Pastikan juga menjalankan tips memaksimalkan cara membuat diskon di Shopee supaya sukses.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce