ArtikelBisnis Online

Apa Itu Manajemen Bisnis dan Fungsinya

Apa Itu Manajemen Bisnis dan Fungsinya – Kesuksesan terhadap suatu bisnis bisa saja diraih, sekalipun Anda merupaan seorang yang masih pemula dan belum memahami seluk-beluk dari bisnis.

Kuncinya ktika Anda inginkan kesuksesan dalam berbisnis, tapi masih sangat baru dalam dunia ini, maka butuh untuk mempelajari manajemennya terlebih dahulu agar tidak salah dalam melangkah.

Berbisnis tidak sekadar menjual atau melakukan suatu produk, tapi jauh lebih dari hal tersebut. Sebab, bisnis tidak hanya sekadar untung dan rugi, melainkan membangun relasi dan terus berkembang, serta melakukan inovasi guna mencapai tujuan kesuksesan.

Berbisnis memang harus siap mengadapi berbagai risiko dan tentu untuk menghadapinya Anda setidaknya telah memahami manajemen bisnis agar tidak merugi di kemudian hari.

Kerugian bahkan kebangkrutan dari suatu bisnis bisa saja terjadi, baik itu cepat atau lambat. Salah satu penyebab usaha yang dibangun dengan uang, wakt, dan juga upaya menjadi tutup permanen ialah tidak memiliki manajemen bisnis yang tepat.

Bahkan pemula bisa langsung gulung tikar akibat salah dalam melakukan manajemen atau justru tidak mengerti sama sekali terkait manajemen dalam berbisnis.

Definisi Manajemen Bisnis

Oleh sebab itu, Anda sebagai seorang yang akan memulai bisnis sangat membutuhkan untuk mempelajari atau memahami manajemen bisnis terlebih dahulu sebelum terjun membuka bisnis.

Memang benar peluang dalam menjalankan usaha tidak akan terulang untuk kesekian kalinya, tapi Anda butuh bekal ilmu terkait manajemen yang berguna bagi kelangsungan usia binsis yang dijalani.

Apa itu manajemen bisnis yang sangat penting bagi kelangsungan dan kesuksesan suatu usaha yang dijalani? Manajemen bisnis merupakan suatu rangakaian kegiatan dalam suatu bisnis yang memiliki keterkaitan satu sama lain, mulai dari merencanakan, mengerjakan, serta melakukan pengawasan.

BACA JUGA  4 Tips Endorse Selebgram

Tujuan dengan adanya manajemen dalam bisnis ialah agar tercapainya rencana bisnis yang dijalani.

Manajemen bisnis secara sempit diartikan hanya sebagai suatu usaha yang dilakukan berdasarkan rencana demi tercapainya target penjualan.

Definisi ini yang mendasari dari pernyataan bahwa tanpa manajemen bisnis, keuntungan tidak dapat diraih.tanpa adanya suatu manajemen dalam bisnis yang Anda jalani.

Manajemen dalam suatu bisnis meliputi segala alokasi yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu usaha.

Alokasi tersebut berguna untuk meningatkan progresivitas dari apa itu manajemen bisnis yang meliputi perencanaan bisnis, melakukan kontrol pada setiap proses yang terkait dengan bisnis, action, hingga evaluasi akan menjadi satu-kesatuan yang bisa memberikan peluang keuntungan dalam bisnis Anda.

Progresivitas bisnis Anda dapat bergerak cepat atau justru melambat tergantung dari penerapan manajemen bisnis.

Merujuk pada penjabaran definisi terkait manajemen bisnis tersebut menjadi unsur yang sangat penting dari suatu perjalanan bisnis. Bisnis yang Anda jalani bisa berkembang atau justru sebaliknya melalui penerapan manajemen bisnis dari suatu usaha.

Peluang untuk berkembang pesat dapat terjadi, karena adanya manajemen bisnis yang baik. Namuan, saat Anda menjalani bisnis tanpa manajjemen, maka bersiaplah untu merugi.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Fungsi Manajemen dalam Bisnis

Terdapat 5 fungsi dari manajemen bisnis, yang pertama ialah planning atau perencanaan bisnis. Adnda diharapkan mampumenyusun rencana ketika akan memulai suatu bisnis, mulai dari rencana produk, produksi, keuangan, pemasaran, dan lain sebagainya.

Semuanya harus direncanakan dan dicatat sebagai bentuk dari apa itu manajemen bisnis. Fungsi yang kedua dari manajemen bisnis ialah pengelompokan atau yang disebut organizing.

Berbisnis tidak sekadar melakukan barang, tapi harus memiliki tujuan yang terorganisasi dan tentunya didukung oleh SDM yang berkompeten. Di sinilah manajemen berfungsi sebagai organizing guna mengefisienkan waktu dan tenaga, serta tepat guna SDM berdasarkan keahliannya masing-masing.

BACA JUGA  Pengertian Pengadaan Barang dan Jasa yang Wajib Anda Tahu

Laporan hasil usaha juga akan lebih terorganisir, karena sesuai dengan bidangnya masing-masing di suatu perusahaan bisnis Anda.

Fungsi ketiga memiliki keterkaitan dengan fungsi dari apa itu manajemen bisnis sebelumnya, yakni staffing yang berhubungan dengan sumber daya.

Tidak hanya karyawan yang menjadi SDM, tapi juga ada sumber daya seperti bahan baku, mesin dan sarana produksi, serta sumber daya pendukung lainnya.

Dibutuhkan perhitungan yang matang terkait staffing agar finansial tidak mengalami kolaps, dan bisa lebih efisien dalam memproduksi.

Selanjutnya ada directing yang menjadi fungsi keempat dari manajemen bisnis. Fungsi ini dijalankan oleh Anda yang memiliki peranan sebagai pimpinan dari bisnis yang dijalani.

Directing menjadi salah satu fungsi manajemen bisnis yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja. Anda sebagai pimpinan terjun secara langsung untuk melihat dan memberikan semangat kepada seluruh karyawan.

Apa itu manajemen bisnis tanpa adanya controlling? Oleh sebab itu, manajemen dalam bisnis harus dapat dijalankan sebgai mana fungsinya sebagai controlling pada bisnis yang dijalani.

Bentuk pengawasan ini bisa menyelamatkan Anda dari ketidaksesuaian produksi. Keseluruhan dari poin-poin hasil pengawasan perlu dicatat dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengadakan rapat dan mengevaluasi hasil kerja dan kinerja dari karyawan Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button