ArtikelBisnis Online

Apa Itu Etika Bisnis dan Tujuannya

Apa Itu Etika Bisnis dan Tujuannya – Berbisnis memang memiliki tujuan untuk menghasilkan uang, tapi sungguh jika Anda inginkan usia yang panjang dalam bisnis yang dijalani, maka perlu etika ketika menjalankannya.

Sebab, berbisnis tanpa memiliki etika sama saja dengan meruntuhkan batu loncatan yang telah diciptakan dari awal. Itu berarti ketika Anda tidak memiliki etika dalam berbisnis, maka bersiap untuk gulung tikar.

Sangat perlu untuk ditekankan ketika Anda berniat untuk membuka suatu bisnis bahwa kegiatan jual dan beli tidak sekadar untuk memperoleh keuntungan semata, tetapi juga terkait kualitas produk barang atau jasa, serta kepuasan pelanggan.

Semuanya hanya dapat terwujud dengan menerapkan etika dalam berbisnis, baik produk yang ditawarkan dalam bentuk barang atau jasa.

Apalagi saat bisnis Anda termasuk dalam jenis jasa yang langsung berhubugan dengan berbagai pihak. Etika berbisnis sangat wajib diterapkan dan tidak lagi sekadar menjadi teori belaka, karena pelanggan dapat menilai langsung dari cara Anda memberikan pelayanan terhadap jasa yang ditawarkan.

Begitu juga pada saat bisnis Anda ialah penawaran berupa produk, sehingga kualitas menjadi keutamaan, serta etika dalam memberi layanan.

Tidak dapat dipungkiri jika dalam berbisnis kesan pertama itumenjadi penilaian yang sangat penting. Keputusan seseorang menjadi pelanggan atau berhenti untuk tidak membeli produk Anda lagi ialah dari pertama kali mereka mencobanya.

Sehingga, etika dalam berbisnis juga memilki peranan dalam memberikan kesan awal yang baik dalam menyampaikan produk yang Anda tawarkan.

Etika Bisnis Menurut Ahli

Etika bisnis masuk dalam jenis aturan yang tidak tertulis, dan tidak pula tergantung pada suatu kedudukannya, baik itu perorangan atau perusahaan yang berhubungan dengan masyarakat sebagai konsumen.

BACA JUGA  Pengertian Iklan Menurut Para Ahli, Tujuan dan Contohnya

Etika bisnis sangat cocok dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari dalam berbisnis dan diterapkan oleh seluruh karyawan di suatu perusahaan. Tentunya etika bisnis memiliki landasan yang menjadi bekal berbisnis.

Landasan etika bisnis yang harus diterapkan olehh semua orang yang terkait dengan perusahaan ialah memiliki sikap yang jujur, bermoral, transparansi dalam setiap hal, serta memiliki sikap yang profesional.

Tanpa adanya landasn tersebut apa itu etika bisnis, yang akan menjadi teori belaka dan bisa menjadi suatu titik yang menghancurkan bisnis dengan sangat pasti, baik itu lambat laun atau sekejap mata.

Beberapa ahli memiliki sudut pandang mengenai etika bisnis, seperti yang diutarakan oleh Steade Et Al bahwa etika berbisnis menjadi standardari etika ketika ingin mencapai tujuan dan pengambilan keputusan dalam berbisnis.

Velasque justru menganggap etika bisnis sebagai suatu studi yang berkaitan dengan moral yang benar dan salah. Etika bisnis menjadi standar moral yang penerapannya dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

Apa itu etika bisnis menurut Hill dan Jones yang ternyata memiliki kesinambungan dengan pendapat dari Velasque, yakni suatu ajaran yang digunakan sebagai pembeda terhadap yang benar dan juga salah.

Etika bisnis dapat dijadikan sebagai pembekalan untuk pimpinan perusahaan agar dapat mengambil keputusan scara strategis dan berkaitan dengan permasalahan moral yang lebih kompleks.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Terbukti Ampuh!

Tujuan Etika Bisnis

Tujuan dalam penerapan etika bisnis ini berkaitan dengan keuntungan yang akan didapatkan, baik itu secara individu dan juga perusahaan. Pertama, etika bisnis bertujuan sebagai pendorong terhadap kesadaran moral pebisnis.

Penting dalam upaya kelanggengan dari para pelangga untuk terus menggunakan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Sebab, ketika pebisnis tidak memiliki moral, maka tidak ada yang betah untuk jadi pelanggan.

BACA JUGA  Cara Memulai Bisnis Online Shopee yang Termudah

Berbisnis memang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan, tapi tanpa menjunjung etika bisnis, maka keuntungan sulit untuk didapatkan, karena hilangnya kepercayaan dari pelanggan.

Sebagaimana dengan tujuan dari apa itu etika bisnis yang selanjutnya, yakni dapat menjaga perilaku dalam berbisnis. Di sinilah transparasi dalam menjalankan bisnis sangat dibutuhkan untuk kelangsungan serta kejayaan dari usaha yang dilakukan.

Etika dalam bisnis memiliki tujuan untuk memberikan batasan, yakni ketika setiap orang yang memiliki peranan dalam berbisnis memiliki etika, maka otomatis malu untuk melakukan kecurangan.

Biasanya setiap pekerja yang ada di bawah naungan bisnis akan memiliki SOP yang menjadi kesepakatan bersama untuk menjadi batasan dan pedoman dalam bekerja di suatu perusahaan.

Apa itu etika bisnis melalui tujuannya sebagai pembentuk citra terhadap perusahaan. Melalui etika bisnis ini Anda bisa merasakan keuntungan saat ditaati, tapi sekaligus kerugian saat dilanggar.

Sebab, suatu perusahaan dengan para karyawan yang mendukung proses bisnis, memang dituntut untuk memiliki etika dalam menjalankan bisnis. Ketika setiap orang yang terkait dengan bisnis menerapkan etika bisnis, maka citra positif didapatkan.

Melalui penerapan etika bisnis, maka tujuan yang selanjutnya ialah menghindari terciptanya citra buruk yang pasti merugikan.

Ketidakprofesionalan, tidak transparan, dan sikap-sikap lainnya yang jauh dari landasan etika bisnis ini yang dapat menyebabkan kebangkrutan dar suatu bisnis. Apa itu etika bisnis jika hanya sebagai teori tanpa adanya penerapan dalam praktik bisnis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button