apa itu research gap

3 min read

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis?

Pada dasarnya, studi kelayakan bisnis adalah sebuah dokumen yang menjelaskan apakah suatu usaha atau bisnis yang ingin dijalankan memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan. Studi kelayakan bisnis melakukan analisis terhadap berbagai aspek, baik secara finansial, pasar, maupun operasional.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan studi kelayakan bisnis, di antaranya:

1. Mengetahui potensi pasar

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis, kita akan melakukan analisis terhadap potensi pasar. Dengan demikian, kita bisa mengetahui seberapa besar pasar yang ada dan apakah bisnis yang ingin dijalankan memiliki peluang besar di pasar tersebut.

pasar-potensial
Source hilustrasi.blogspot.com

2. Mengetahui kelayakan finansial

Studi kelayakan bisnis juga akan membahas tentang kelayakan finansial dari bisnis yang ingin dijalankan. Dalam analisis ini, kita akan mengevaluasi berapa besar modal yang diperlukan, seberapa besar keuntungan yang diharapkan, dan seberapa lama modal bisa kembali.

TRENDING:  metode penyusutan garis lurus

kelayakan-finansial
Source www.bintan-s.web.id

3. Mengukur risiko bisnis

Sebuah bisnis pasti memiliki risiko. Studi kelayakan bisnis akan membahas tentang risiko-risiko yang mungkin muncul dan mengukur seberapa besar dampak yang akan terjadi jika risiko tersebut terjadi.

risiko-bisnis
Source samahitawirotama.com

4. Menjadi dasar pemilihan strategi

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis, kita juga akan mengevaluasi berbagai strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. Dengan demikian, maka hasil studi kelayakan bisnis bisa menjadi dasar pemilihan strategi yang tepat.

strategi-bisnis
Source welpmagazine.com

Proses Studi Kelayakan Bisnis

Proses studi kelayakan bisnis meliputi beberapa tahap, yaitu:

1. Identifikasi ide bisnis

Tahap pertama dalam proses studi kelayakan bisnis adalah mengidentifikasi ide bisnis yang ingin dijalankan. Ide bisnis ini haruslah sesuai dengan minat dan kemampuan kita sebagai pengusaha, serta memiliki potensi pasar yang besar.

ide-bisnis
Source www.datisnetwork.com

2. Penentuan tujuan bisnis

Tahap selanjutnya adalah menentukan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Tujuan ini haruslah jelas dan dapat diukur, sehingga kita bisa mengevaluasi apakah kita telah berhasil mencapai tujuan bisnis tersebut.

tujuan-bisnis
Source nichonotes.blogspot.com

3. Analisis pasar

Tahap ketiga adalah melakukan analisis pasar, baik dari segi potensi pasar, kebutuhan konsumen, serta persaingan yang ada.

analisis-pasar
Source ccnegocios.mx

4. Analisis finansial

Analisis finansial meliputi perencanaan anggaran, proyeksi pendapatan dan biaya, serta penentuan harga jual produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuan dari analisis finansial adalah untuk menentukan apakah bisnis yang ingin dijalankan dapat menghasilkan keuntungan.

analisis-finansial
Source cumatugaskampus.blogspot.com

5. Analisis risiko

Analisis risiko dimaksudkan untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin terjadi, serta menentukan strategi untuk mengurangi dampak risiko tersebut.

TRENDING:  berikut ini adalah manfaat dari perhitungan bep kecuali

analisis-risiko
Source ccnegocios.mx

6. Penyusunan laporan kelayakan bisnis

Tahap akhir dari proses studi kelayakan bisnis adalah menyusun laporan kelayakan bisnis. Laporan ini berisi hasil analisis dari semua aspek yang telah disebutkan sebelumnya, serta merupakan dasar dalam pengambilan keputusan apakah kita akan melanjutkan bisnis tersebut atau tidak.

laporan-kelayakan-bisnis
Source defansetya.blogspot.com

Kesimpulan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, melakukan studi kelayakan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Melalui studi kelayakan bisnis, kita bisa mengetahui kelayakan finansial, potensi pasar, risiko yang mungkin muncul, serta menjadi dasar dalam pemilihan strategi bisnis. Oleh karena itu, sebelum memulai sebuah bisnis, pastikan untuk melakukan studi kelayakan bisnis terlebih dahulu.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Berbagai studi atau riset harus dilakukan bagi pelaku bisnis sebelum memulai sebuah bisnis, salah satunya adalah studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis adalah mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa informasi bisnis tertentu dengan tujuan untuk memahami apakah bisnis yang akan dijalankan layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Studi kelayakan bisnis memang bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu serta tenaga yang cukup besar. Namun, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pelaku bisnis ketika melaksanakan studi kelayakan bisnis ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat studi kelayakan bisnis:

Peluang dan Potensi Bisnis Lebih Jelas

Dengan melakukan studi kelayakan bisnis, pelaku bisnis bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai peluang dan potensi bisnis yang akan dijalankan. Hal ini sangat penting untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari bisnis yang akan dilakukan serta memaksimalkan peluang yang ada sesuai dengan perkembangan pasar.

TRENDING:  Apa itu Call to Action (CTA) dan Bagaimana Menerapkannya di Website Anda?

Mengalokasikan Dana dengan Tepat

Melalui studi kelayakan bisnis, pelaku bisnis bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan secara akurat. Dengan demikian, pelaku bisnis dapat mengalokasikan dana secara tepat pada area yang membutuhkan, tanpa harus merugi dan meminimalkan risiko kerugian.

Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Studi kelayakan bisnis juga dapat membantu pelaku bisnis untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis agar lebih dekat dengan pelanggan dan memperoleh customer satisfaction. Mengintegrasikan kebutuhan pelanggan dalam strategi bisnis juga akan meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis.

Memperoleh Data Usaha yang Lengkap

Pelaku bisnis dapat memperoleh data usaha dan analisis pasar secara berkelanjutan dan tetap untuk menampilkan informasi yang lengkap dan up-to-date tentang bisnis yang dilakukan. Informasi ini dapat meningkatkan eksekusi bisnis yang tepat dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Menyiapkan Rencana Bisnis

Menjalankan bisnis tanpa tujuan dan rencana yang matang akan membawa bisnis tersebut ke kehancuran. Namun, dengan studi kelayakan bisnis, pelaku bisnis dapat menentukan rencana bisnis yang lebih realistis dan terukur. Rencana bisnis yang jelas dan matang bisa membantu pelaku bisnis dalam mengambil keputusan penting dan mengikuti perkembangan bisnis.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis
Peluang dan Potensi Bisnis Lebih Jelas
Mengalokasikan Dana dengan Tepat
Mengetahui Kebutuhan Pelanggan
Memperoleh Data Usaha yang Lengkap
Menyiapkan Rencana Bisnis

Jadi, studi kelayakan bisnis sangat penting untuk membuat keputusan bisnis yang tepat dan untuk memastikan bahwa bisnis Anda memiliki peluang sukses.

Jika sedang memerlukan panduan dalam membuat studi kelayakan bisnis, Anda mungkin perlu membaca contoh studi kelayakan bisnis untuk gambaran yang lebih jelas.

Datang Kembali Ya!

Sudah selesai membaca artikel kami tentang contoh studi kelayakan bisnis? Terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan studi kelayakan bisnis Anda. Jangan lupa kembali lagi ke website kami untuk membaca artikel menarik dan berguna lainnya ya! Hingga jumpa lagi!

Saran Video Seputar : apa itu research gap

barang inferior adalah barang

1. Pengenalan Surat Penawaran Barang Surat penawaran barang adalah sebuah surat resmi yang dibuat oleh pemilik usaha atau penjual sebagai salah satu cara untuk...
Andri Afrizal Hakim
3 min read

metode penyusutan aset tetap

1. Pengertian Iklan Baris Iklan baris adalah jenis iklan yang umum digunakan dalam media massa. Iklan baris memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis...
Andri Afrizal Hakim
4 min read