Cara Jualan Live di Facebook Agar Bisnis Semakin Laris

Cara Jualan Live di Facebook Agar Bisnis Semakin Laris

Berkembangnya era digitalisasi industri 4.0 memang didasari akan semakin canggihnya teknologi masa kini. Hal ini terbukti dengan adanya akses otomatis ke semua kebutuhan melalui jaringan digital. Yang dinilai lebih praktis dan lebih efisien. Dan sebagai contohnya adalah trend jualan secara Live di akun media sosial seperti Facebook. Cara jualan Live di Facebook sebenarnya bisa dibilang gampang.

Baca Juga: Cara Bisnis Afiliasi Lewat Facebook

Karena kamu hanya perlu memanfaatkan media sosial tersebut sebagai sarana promosi yang lebih luas. Disamping itu, pihak Facebook sendiri juga telah membuat fitur untuk para pebisnis, melalui layanan Facebook ads. Facebook ads sendiri merupakan fitur yang sengaja dibuat untuk media periklanan atau promosi asli dari Facebook.

Mengenal Fitur Live Streaming dan Cara Jualan Live di Facebook

Selain fitur penjualan yang hanya menampilkan iklan berupa gambar, video, suara, maupun teks.. Kita bisa menggunakan fitur Live streaming untuk mendongkrak penjualan bisnis. Fitur Live streaming ini cenderung lebih banyak diminati karena kamu sebagai penjual dapat berinteraksi secara langsung dengan para konsumen.

Disamping itu, para calon konsumen pun juga bisa melihat dengan jelas mengenai detail produk. Entah itu dari bahan pembuatan, bentuk, hingga kualitas bahan yang dijual melalui fitur Live streaming tersebut. Untuk mengetahui mengenai bagaimana cara menggunakan fitur tersebut, berikut informasi mengenai cara jualan Live di Facebook dengan benar.

TRENDING:  5 Cara Posting Jualan di Facebook Agar Cepat Laku dan Laris

Inilah cara jualan Live di Facebook yang mudah dan praktis :

  1. Pertama-tama kita perlu memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Jika belum punya maka kamu bisa membuatnya di situs resmi Facebook. Dan kemudian buka dan login menggunakan akun tadi.
  2. Langkah selanjutnya, kamu perlu menuju ke kolom status. Dimana kolom ini biasa digunakan untuk memperbarui status. Jika sudah maka pilih salah satu ikon Live yang ada di kolom tersebut. Perlu diketahui setelah kamu memilih ikon tersebut, maka fitur Live streaming juga akan langsung aktif.
  3. Masuk ke langkah ke 3, kamu bisa menambahkan deskripsi serta penjelasan singkat mengenai produk yang akan kamu jual.
  4. Kamu juga perlu memastikan telah memiliki para calon audiens sebagai target pasar sebelum memulai Live streaming.
  5. JIka sudah maka kamu sudah langsung dapat membantu memulai layanan Live streaming tersebut. Karena kemungkinan dengan strategi ini kamu dapat meningkatkan target penjualan.
  6. Sebagai pengingat, alangkah baiknya video yang akan kamu buat tidak terlalu memiliki durasi yang panjang. Sebab jika target promosi kamu hanya ingin dilihat oleh orang-orang khusus. Maka mention akun tersebut, sehingga akan memunculkan sebuah notifikasi pada smartphone mereka.

Manfaat Facebook Live untuk Kepentingan Bisnis

JIka dilihat dari data statistik yang ada, Facebook Live sendiri termasuk fitur yang cukup sukses. Mengingat fitur ini banyak digunakan untuk kebutuhan lain, seperti marketing. Bagaimana tidak? Selain praktis, kamu juga bisa mempromosikan penjualan kamu dengan mudah dan secara tidak sadar telah memperluas jangkauan pasar secara global.

Pada dasarnya, layanan Live streaming memang akan memberikan kesan yang berbeda pada setiap audiens. Namun sebagian besar bagi seorang pebisnis akan membutuhkan fitur tersebut karena dinilai lebih mudah dalam berpromosi secara digital. Berikut beberapa alasan mengenai manfaat bisnis membutuhkan fitur Live streaming Facebook.

TRENDING:  7 Tips Sukses Jualan di Facebook untuk Pemula, Wajib Dipraktekkan!

1. Menghubungkan Audiens dan Brand Secara Langsung

Walaupun hanya melalui jaringan digital, Facebook Live dapat digunakan untuk berinteraksi dari kedua belah pihak. Yakni pihak penjual dan pihak pembeli. Sehingga para pembeli bisa melihat secara detail mengenai produk yang mereka jual. Disamping itu Live streaming juga dapat memberikan dampak yang baik, terutama dalam hal membangun engagement secara real time.

Sebab pada setiap Live, para audiens dapat mengajukan permintaan, pertanyaan, atau bahkan bisa memberikan masukan secara langsung kepada pihak toko. Nah dengan cara memberikan sebuah insight baru mengenai persepsi dari setiap audiens kepada brand yang kamu miliki. Untuk itu cobalah menanggapi respon audiens, agar proses engagement dapat berjalan secara efektif.

2. Tidak membutuhkan Biaya yang Besar untuk Promosi

Untuk bisa berjualan serta berpromosi dengan teknik ini memang tidak memerlukan biaya yang besar. Mengingat cara jualan Live di Facebook hanya memerlukan sebuah smartphone dengan kualitas kamera yang baik. Namun perlu diingat mungkin kamu akan membutuhkan biaya tambahan, tergantung dari setiap konsep Live yang akan kamu pilih.

3. Kemampuan yang Unggul Dalam Memilih Audiens

Dengan fitur yang dimiliki oleh Facebook Live, maka kamu juga diberikan sebuah fasilitas yang lebih. Dimana kamu bisa memilih siapa audiens yang akan kamu pilih. Dengan begini aka kamu dapat dengan mudah untuk menentukan segmentasi sebuah pasar. Dengan tujuan untuk menciptakan konten yang unik di setiap segmen yang ada.

4. Kebutuhan Data yang Lebih Lengkap

Kamu bisa mengecek mengenai apakah Live streaming yang kamu lakukan benar-benar berhasil atau tidak. Untuk mengetahuinya, kamu hanya perlu melihat persentase dari data-data Live streaming tersebut. Sebab pihak Facebook sendiri telah menyediakan data-data dari hasil Live streaming. Seperti halnya jumlah penonton, komentar, demografi audiens, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Facebook Dibandingkan Aplikasi Jualan Live Yang Lain

Ada beberapa hal yang menjadikan Facebook sebagai pilihan utama untuk kebutuhan marketing. Diantaranya adalah kemudahan dalam hal promosi, kemudahan dalam menjalin pertemanan di dunia maya, dapat menemukan hal-hal baru, dan sebagainya. Adapun kelebihan sosial media Facebook dibanding sosial media lainnya.

TRENDING:  5 Cara Posting Jualan di Facebook Agar Cepat Laku dan Laris

1. Tempat Promosi yang Paling Mudah

Selain kelebihannya yang bisa digunakan untuk kegiatan pertukaran informasi, Facebook memang juga unggul digunakan sebagai media promosi. Mengingat Facebook sendiri saat ini menjadi media nomor dua dengan akun aktif tertinggi.

2. Mudah Menemukan Hal Baru

Dengan Facebook, kamu memang bisa menemukan banyak hal seru, unik, bahkan hal-hal yang masih hangat. Mengingat Facebook sendiri menjadi media update yang sangat cepat. Sehingga sudah menjadi hal yang umum jika kita bisa mendapatkan banyak hal baru di dalamnya.

3. Menjadi Sumber Informasi

Facebook juga memiliki informasi terupdate, karena disini juga ada akun-akun portal berita ternama seperti Detik.com, TribunNews, dan masih banyak lagi. Dengan portal berita yang bergabung dengan layanan Facebook, sehingga kita tidak akan ketinggalan berita-berita terbaru.

4. Ada Banyak Komunitas Grup

Salah satu keunggulan utama yang dimiliki Facebook adalah ketersediaan berbagai komunitas yang ada di seluruh dunia. Sehingga hal ini juga dapat memungkinkan kamu untuk mengikuti dan bergabung ke komunitas tertentu.

Penutup

Itulah beberapa cara jualan Live di Facebook, yang bisa kamu praktekkan untuk kelangsungan bisnismu. Karena mungkin dengan strategi tersebut kamu bisa lebih mengendalikan penjualan produk untuk setiap bulannya. Mengingat sistem promosi yang diberikan oleh pihak Facebook juga terbilang banyak. Mulai dalam bentuk foto, video, slideshow, teks, maupun Live streaming.

Kita bisa menggunakan fitur Live streaming untuk mendongkrak penjualan kamu. Sebab fitur Live streaming ini cenderung lebih banyak diminati karena kamu sebagai penjual dapat berinteraksi secara langsung dengan para konsumen.