Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

7 Tips Sukses Jualan di Facebook untuk Pemula, Wajib Dipraktekkan!

3 min read

7 Tips Sukses Jualan di Facebook untuk Pemula, Wajib Dipraktekkan!

Siapa yang tak kenal Facebook? Situs media sosial raksasa ini populer digunakan oleh banyak orang untuk bersosialisasi, berbisnis dan berjualan secara online. Facebook dinilai sangat potensial karena fasilitas dan jaringan penggunanya yang terus meluas. Tak jarang banyak orang yang memiliki bisnis sampingan dengan jualan di Facebook.

Baca Juga: 5 Cara Posting Jualan di Facebook Agar Cepat Laku dan Laris

Terlebih di era yang serba online ini, kebutuhan belanja online semakin meningkat. Facebook difasilitasi dengan berbagai fitur menarik yang bisa memudahkan orang dalam mempromosikan barang. Buat kamu yang ingin mencoba peluang ini, Sosialin sudah siapkan informasi tentang tata cara berjualan di Facebook untuk pemula beserta tips suksesnya.

Cara Mulai Jualan di Facebook bagi Pemula

Jika dibandingkan dengan jualan di platform e-commerce, cara jualan di Facebook tidak terlalu ketat dan banyak pesaing. Makanya, cukup banyak orang yang cenderung berjualan di media sosial ini. Caranya juga terbilang mudah, kamu hanya perlu mempublikasikan foto produk barang atau jasa yang ingin tawarkan.

Nah, agar jualanmu diminati pelanggan, kenali tips dan cara berjualan yang tepat agar tidak salah langkah. Kamu bisa gunakan akun bisnis maupun akun pribadi untuk berjualan. Simak langkah-langkah berikut ini untuk posting produk barang atau jasa yang kamu jual melalui Facebook :

  • Pertama buka akun Facebookmu, pada Beranda klik menu di sebelah kiri lalu pilih Grup. Kamu akan diarahkan menuju grup jual beli yang diinginkan untuk mempromosikan produk yang kamu jual.
  • Setelah masuk ke dalam grup jual beli, klik tombol Jual Sesuatu.
  • Pilih gambar dan tulis deskripsi produk yang kamu jual, kemudian klik Berikutnya.
  • Pilih jumlah audiens yang dapat dijangkau untuk dapat melihat produk yang kamu jual. Kami sarankan juga untuk tidak posting produk hanya pada satu grup saja, namun bisa di grup jual beli lainnya.
  • Selanjutnya pilih lingkaran di samping menu Marketplace untuk membuat tawaran produk yang kamu jual.
TRENDING:  8 Cara Menyimpan Lagu dari TikTok ke Musik Melalui Website dan Aplikasi

Namun, jika kamu mengunggahnya sebagai Halaman atau Page, kamu tidak akan melihat opsi untuk membuat tawaran di Marketplace. Selanjutnya, tinggal klik Posting.

Tips Sukses Jualan di Facebook

Jualan di Facebook dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Kuncinya adalah konsisten untuk mempromosikan barang dagangannya. Namun bukan itu saja, kamu perlu menggunakan tips dan trik tertentu agar jualanmu semakin sukses dan banyak pelanggan.

Umumnya orang menggunakan akun Facebook bisnis untuk jualan, tapi tak jarang juga yang memakai aku pribadinya. Namun sosialin sarankan untuk pakai akun bisnis ya, karena jangkauan pertemanannya lebih luas dibandingkan akun pribadi. Berikut adalah tips sukses jualan di Facebook bagi pemula yang sudah kami rangkumkan untukmu :

1. Gunakan fitur Marketplace

Penggunaan fitur Marketplace akan memudahkan orang dalam menjangkau dan melihat barang daganganmu. Jika dilihat-lihat fitur Marketplace ini hampir mirip dengan aplikasi Buka Lapak atau Tokopedia.

Fitur Marketplace ini tergolong simple dan mudah digunakan. Terdapat informasi mengenai penjual, foto/video barang, deskripsi, harga hingga lokasi termuat dengan jelas. Fitur ini dapat kamu lihat dengan membuka Facebook lewat dekstop yang mana berada di kiri halaman login.

Sebagai informasi saja, jika pemakai fitur ini diharuskan bertemu langsung dengan si pembeli melalui transaksi pembayaran COD alias Cash On Delivery. Tujuannya untuk menghindari penipuan antara penjual dan pembeli. Makanya diskusikan terlebih dahulu dan lakukan negosiasi dengan si pembeli untuk kesepakatan harga barangnya.

TRENDING:  5 Cara Menjadi Influencer Tiktok Terkenal

2. Bergabung dengan grup jual beli

Fitur di Facebook memungkinkan munculnya komunitas atau grup tertentu dengan kesamaan minat, salah satunya grup jual beli. Kamu bisa bergabung dan manfaatkannya untuk ladang bisnis.

Karena berfokus pada jualan semata, tentu banyak calon pembeli yang berkunjung untuk mencari barang yang ingin dibeli. Gabunglah ke beberapa grup jual beli dan posting-lah apa yang ingin kamu jual.

Selain itu gunakan teknik lain dengan rajin-rajin berdiskusi dan berinteraksi di dalam grup sesuai dengan topik grup jualan tersebut. Jika para member sudah cukup familiar denganmu, peluang untuk mendapatkan customer menjadi lebih terbuka.

3. Foto produk yang kreatif dan orisinal

Usahakan posting foto produkmu secara orisinal dan kreatif. Hal ini tidak boleh disepelekan mengingat gambar produk adalah hal pertama yang dilihat calon customer. Lakukan status update untuk menawarkan produk atau jasa kamu jika diperlukan.

Jangan asal menggunakan gambar yang kamu ambil dari Google maupun dari penjual lain karena cukup beresiko. Lebih baik jika menampilkan gambar produk yang real dari hasil pemotretanmu sendiri sehingga bisa dipercaya keasliannya.

Apabila kamu menggunakan akun pribadi, kami sarankan untuk sering berinteraksi dengan pengguna lain seperti memberikan like, komentar, share dan mem-posting kegiatan harian. Seperti yang kamu tahu, Facebook memiliki algoritma yang mengutamakan konten dengan tingkat interaksi yang tinggi.

4. Manfaatkan layanan Facebook Ads

Facebook menyediakan layanan Facebook Ads untuk kamu yang ingin berjualan agar hasilnya lebih optimal. Fitur ini berfungsi untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu fanpage yang dibuat oleh sesama pengguna Facebook.

Kamu bisa gunakan layanan ini untuk menjangkau lebih banyak customer dengan jumlah tertentu. Layanan ini termasuk berbayar, jadi kamu perlu mengeluarkan modal untuk bisa menggunakan Facebook ads ini.

TRENDING:  Tata Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Kepentingan Usaha

Biayanya bervariasi tergantung dari besarnya sasaran atau jangkauan audiens yang dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut. Ada juga cost per click (CPC), semakin banyak yang klik iklan kamu, makin murah biaya yang dikeluarkan.

5. Responsif dan Interaktif

Sebagai penjual yang ramah, usahakan untuk selalu menanggapi pesan-pesan yang masuk ke inbox akun Facebook kamu.

Jika respon kamu cepat dalam membalas pesan customer, kemungkinan besar kamu bisa mendapatlencana “Sangat Responsif” dari pihak Facebook. Ini tentunya bagus buat reputasi jualanmu.

Selain itu, kamu juga harus meningkatkan interaksi sesama pengguna Facebook. Hal ini penting karena terdapat algoritma Facebook yang menghitung seberapa keaktifan para penggunanya. Semakin kamu sering berinteraksi maka setiap kali kamu melakukan status update akan berpotensi muncul paling awal di linimasanya.

6. Meningkatkan target pertemanan

Hal ini perlu diperhatikan jika kamu menggunakan akun pribadi sebagai tempat jualanmu. Pastikan kamu menargetkan orang-orang yang masuk dalam pertemananmu sebagai orang yang kemungkinan besar tertarik dengan barang daganganmu.

Carilah circle pertemanan Facebook yang memiliki ketertarikan yang sama dengan produkmu. Sebab potensi mereka untuk membeli akan lebih besar daripada orang yang tidak membutuhkan.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu add orang-orang yang bergabung dengan brand atau fanpage kompetitor yang sejenis dengan produk yang kamu jual. Lakukan secara bertahap misalkan 30 orang per hari dengan waktu yang berbeda-beda.

Itulah tadi beberapa tips sukses jualan di Facebook yang bisa Sosialin bagikan. Tips dan strategi dalam berjualan memang dirasa perlu. Sebab hal itu bisa memaksimalkan penjualan kamu di Facebook jika di lakukan dengan cara yang benar dan sungguh-sungguh. Selamat mencoba ya!

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser