Daftar isi Konten
1. Apa itu Point of Purchase (POP)?
Source www.researchgate.net
Point of Purchase (POP) atau juga dikenal dengan point of sale (POS) merupakan area yang di dalamnya terdapat produk-produk yang dijual. POP dapat berupa rak, meja, tempat stok atau kios di toko. Konten visual seperti poster, display elektronik, dan spanduk juga digunakan di lokasi ini untuk menarik perhatian orang-orang yang sedang berbelanja.
2. Fungsi Point of Purchase
Source www.teknovidia.com
Fungsi utama dari Point of Purchase (POP) adalah untuk mendorong impulsa pembelian dari konsumen. Konsumen dapat tergoda oleh keindahan penataan produk yang dipajang di POP dan memutuskan untuk membeli lebih banyak dari produk yang ditawarkan. POP cenderung diisi dengan produk-produk yang populer atau terkait dengan musim tertentu, seperti barang-barang Natal atau liburan. POP memudahkan konsumen menemukan produk dan juga dapat meningkatkan apresiasi terhadap merek.
3. Keuntungan Menggunakan Point of Purchase
Source mangihin.com
Menggunakan Point of Purchase memiliki banyak keuntungan, seperti meningkatkan penjualan produk, mempercepat perputaran stok barang, mengurangi biaya promosi, meningkatkan pengetahuan merek dan produk, serta meningkatkan kesadaran merek. POP juga dapat meningkatkan profitabilitas usaha Anda dengan cara menarik perhatian lebih banyak konsumen.
4. Jenis-jenis Point of Purchase
Source envilife.co.id
Terdapat beberapa jenis Point of Purchase, seperti:
1. Rak point of purchase
2. Standee point of purchase
3. Counter mat point of purchase
4. Floor sticker point of purchase
5. Display elektronik point of purchase
6. Spanduk point of purchase
7. Poster point of purchase
8. Flyer point of purchase
9. Kardus point of purchase
10. Tombol point of purchase
5. Desain yang Menarik untuk Point of Purchase
Source mencoret.com
Desain yang menarik untuk Point of Purchase sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung toko. Anda dapat memilih desain yang modern atau memasukkan elemen yang unik ke dalam POP. Yang terpenting, desain Point of Purchase Anda harus mudah dilihat dan dapat memudahkan orang untuk menemukan produk yang mereka cari.
6. Lokasi yang Ideal untuk POP
Source duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com
Lokasi yang ideal untuk Point of Purchase adalah di area dengan lalu lintas yang tinggi, di area strategis seperti dekat dengan kasir, atau di area yang mendorong pembelian impulsive. Pastikan POP Anda mudah dilihat dan diakses oleh pengunjung toko.
7. Bagaimana Mengevaluasi Kesuksesan Point of Purchase
Source www.rafinternet.com
Ada beberapa cara untuk mengevaluasi kesuksesan Point of Purchase. Pertama, Anda dapat melakukan survei di antara konsumen untuk mengetahui pendapat mereka tentang POP. Kedua, Anda dapat melihat data penjualan atau spesifik produk di POP untuk melihat kenaikan penjualan. Terakhir, Anda dapat meninjau biaya mengenai POP untuk melihat apakah investasi Anda menghasilkan keuntungan yang diharapkan.
8. Cara Mendesain Point of Purchase yang Efektif
Source tumantuku.com
Untuk mendesain Point of Purchase yang efektif, Anda harus memperhatikan beberapa faktor di antaranya adalah kesesuaian, kekayaan yang beragam, kualitas, kemudahan, dan keterlihatan. Desain Point of Purchase juga harus menarik, informatif, konsisten dengan merek, mudah dibaca dan mampu mempengaruhi keputusan pembelian.
9. Tips Memilih Vendor Point of Purchase yang Baik
Source konveksibandungjawara.com
Memilih vendor Point of Purchase yang baik adalah salah satu kunci untuk memproduksi POP yang berkualitas tinggi. Pastikan untuk mencari vendor yang terbukti memiliki kualitas bagus dan pengalaman dalam membuat POP. Selain itu, vendor yang baik akan memberikan waktu pengerjaan yang wajar dan harga yang kompetitif.
10. Contoh Point of Purchase yang Menarik
Source marketingadalah.blogspot.com
Berikut adalah beberapa contoh Point of Purchase yang menarik:
1. Rak tanduk rusa dengan dekorasi musim dingin
2. Standee tokoh superhero dengan aksen lampu neon
3. Counter mat tikar buatan tangan dengan tema kuno atau budaya lokal
4. Stiker lantai kaki siluet orang untuk digital signage
5. Display elektronik LED untuk menampilkan detail produk yang berguna
6. Spanduk dan poster dengan pencahayaan yang menarik
7. Flyer atau kupon promo yang menonjol di rak produk
8. Kardus bentuk unik untuk menarik perhatian konsumen
9. Tombol khusus untuk memberikan informasi tambahan pada konsumen
10. Papan tulis yang berguna untuk menginformasikan produk atau menambah nilai pada produk.
Itulah beberapa informasi mengenai contoh Point of Purchase. Dengan memasang Point of Purchase yang berkualitas di toko Anda, Anda dapat meningkatkan penjualan Anda serta mempertahankan keterlibatan pelanggan yang lebih lama dan lebih kuat.
Keuntungan Menggunakan Contoh Point of Purchase
Ada beberapa keuntungan yang didapat ketika menggunakan contoh point of purchase di toko atau bisnis Anda. Berikut ini beberapa diantaranya:
1. Mempermudah Pelanggan dalam Memahami Produk
Dengan menggunakan contoh point of purchase, pelanggan akan lebih mudah memahami deskripsi produk yang dijual. Hal ini sangat penting, terutama bagi produk yang agak sulit dipahami penggunaannya.
Contoh, jika Anda menjual alat musik atau produk kesehatan, maka pelanggan akan lebih mengerti karakteristik dan cara penggunaannya melalui bantuan contoh point of purchase. Produk juga akan terlihat lebih menarik dan profesional sehingga menarik pelanggan untuk membeli.
2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
Dengan menampilkan contoh point of purchase di toko, pelanggan merasa lebih percaya dan yakin bahwa produk yang dijual berkualitas dan memiliki nilai lebih. Kemudian, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.
Kunci dari poin ini adalah bergantung pada kualitas desain contoh point of purchase yang menarik dan informatif. Dengan kualitas desain yang baik, pelanggan akan lebih menaruh perhatian dan memberikan kesan bahwa bisnis Anda lebih memperhatikan kualitas dan detail produk.
3. Meningkatkan Penjualan
Contoh point of purchase mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Bahkan, banyak penjual dan bisnis ukm yang menggunakan teknik ini untuk meningkatkan penjualan.
Hal ini dikarenakan contoh point of purchase memberikan pengalaman visual dan fisik dalam memperkenalkan produk yang dijual. Pelanggan menjadi lebih mudah terpikat dan tertarik pada produk melalui bantuan contoh POP.
4. Meningkatkan Brand Awareness
Contoh point of purchase tidak hanya membantu meningkatkan penjualan, tapi juga merangsang brand awareness yang lebih baik. Dengan kualitas desain yang baik dan mencolok, contoh POP akan memiliki daya tarik yang cukup untuk menciptakan daya tahan di benak pelanggan. Pelanggan menjadi lebih mudah mengingat produk dan brand yang dijual.
Bisnis Anda juga akan terlihat lebih profesional dan kredibel dengan penggunaan contoh point of purchase. Hal ini bisa jadi mendorong pelanggan untuk merekomendasikan produk ke teman-teman atau keluarga mereka.
5. Mudah Dipasang dan Dipindah-Pindahkan
Keuntungan ini mungkin tidak sering diperhatikan, tapi contoh point of purchase sangatlah mudah dipasang dan dipindahkan ke lokasi yang lainnya. Hal ini memudahkan Anda dalam menata kembali tampilan toko atau booth di dalam event.
Anda bisa merancang dan membuat contoh point of purchase yang bisa dipindah-pindahkan atau bisa dilipat sehingga tidak perlu membeli yang baru setiap saat. Kreativitas dalam desain POP juga bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan budget bisnis Anda.
Contoh Point of Purchase |
---|
|
Contoh Point of Purchase di Toko |
Untuk melihat contoh-contoh point of purchase, kamu bisa melihat beberapa contoh point of purchase di artikel ini. Point of purchase biasanya terkait dengan material promosi atau iklan yang ditempatkan di area penjualan.
Terima Kasih Telah Membaca!
Nah, itu dia contoh-contoh point of purchase yang bisa membuat produk Anda lebih menarik di mata konsumen. Nggak perlu takut ribet kok, dengan sedikit kreativitas dan kesabaran, kamu juga bisa membuat POP yang unik untuk brandmu sendiri. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk selalu mampir ke website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya ya! Sampai jumpa lagi!