Empat Contoh Reklame Kreatif di Indonesia

3 min read

Contoh Reklame yang Efektif

1. Reklame Promosi Produk
Pada jenis reklame ini biasanya digunakan untuk mempromosikan produk tertentu yang sedang dipasarkan. Contoh nya bisa ditemui di televisi, koran, majalah, dan media sosial. Pada jenis reklame ini, penggunaaan kata-kata menarik dan juga menjual dapat membantu mempengaruhi audiens untuk membeli produk.


Source fae-zya.blogspot.com

2. Reklame Awareness
Reklame jenis ini dipilih oleh perusahaan yang ingin mengembangkan brand mereka. Mereka biasanya memperkenalkan logo dan brand kepada masyarakat dengan penggunaan teknik-teknik kreatif. Contoh nya bisa ditemukan pada spanduk, billboard, maupun iklan televisi.


Source ginaroedmfa.blogspot.com

3. Reklame Pendamping
Reklame jenis ini biasanya menjadi pendamping dari kampanye marketing yang sedang digulirkan oleh perusahaan. Contoh nya ada di poster, brosur, dan flyer. Target nya biasanya diarahkan pada pihak yang sudah akrab dengan produk atau brand namun memerlukan pengingat kembali tentang produk atau brand yang dijual.


Source ginaroedmfa.blogspot.com

4. Reklame Daya Tarik
Reklame jenis ini memanfaatkan daya tarik yang dimiliki oleh orang-orang terkenal dan berpengaruh untuk mendukung promosi produk atau jasa tertentu. Misalnya saja artis populer yang menampilkan produk makeup baru, orang mudah berpengalaman dalam bidang otomotif yang merekomendasikan suatu merek motor spesifik, atau atlet terkenal yang mempromosikan produk olahraga tertentu.


Source shopee.co.id

5. Reklame Interaktif
Reklame jenis ini biasanya berupa iklan di media sosial atau situs web yang memperbolehkan audiens berinteraksi dengan konten yang diberikan. Misalnya saja sweepstakes yang meminta audiens mengunggah foto dengan hadiah tertentu jika audiens berkategori paling kreatif.

TRENDING:  Pengertian BEP dan Pentingnya Diketahui dalam Bisnis


Source ginaroedmfa.blogspot.com

6. Reklame Pencarian
Reklame jenis ini biasanya muncul pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Ketika audiens mencari kata kunci tertentu, mereka akan melihat iklan dari produk atau jasa yang berkaitan dan relevan dengan kata kunci terkait.


Source snapy.co.id

7. Reklame Barter
Reklame ini melibatkan pertukaran promosi untuk produk atau jasa yang dipasarkan. Misalnaya saja toko pakaian memberikan baju gratis pada media sosial influencer atau merk fashion bila si influencer menampilkan baju pada update media sosial mereka.


Source ginaroedmfa.blogspot.com

8. Reklame Billboard
Reklame jenis ini sudah tak asing lagi di kehidupan kita sehari-hari. Reklame billboard biasanya terlihat di sepanjang jalan raya atau di atas gedung pencakar langit. Jenis ini memangsa audiens masyarakat yang beraktifitas di luar rumah dan merupakan bentuk reklame luar ruangan yang paling terlihat.


Source ginaroedmfa.blogspot.com

9. Reklame Televisi
Reklame televisi tergolong jenis reklam lama namun masih saja banyak digunakan dalam kampanye promosi global. Reklame televisi memanfaatkan media visual dan audio untuk membantu membangun kesadaran perihal produk atau brand yang mereka jual.


Source bureaubiz.dk

10. Reklame Digital
Reklame digital termasuk jenis reklame yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Mereka termasuk iklan yang ditampilkan di situs web, iklan yang ditampilkan di aplikasi, iklan yang ditampilkan di sosial media, dan lain sebagainya. Reklame jenis ini dapat menargetkan demografi tertentu dan mengukur kinerja nya secara spesifik-penayangan untuk menemukan cara terbaik untuk mencapai audiens.


Source ginaroedmfa.blogspot.com

Adapun, contoh reklame ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing dengan audiens dan target yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menentukan jenis dan tipe reklame yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan campaign marketing mereka dan pesan yang ingin disampaikan melalui media tersebut.

TRENDING:  Panduan Lengkap Surat Izin Tidak Masuk Kerja di Indonesia

Contoh Reklame dalam Bentuk Media Elektronik

Reklame dalam bentuk media elektronik menjadi salah satu trend pemasaran terbaru yang cukup efektif dalam menjangkau target pasar. Beriktu 4 contoh reklame dalam bentuk media elektronik yang bisa menjadi inspirasi bagi Kamu dalam memasarkan produk atau jasa.

1. Iklan Televisi

Media elektronik yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Iklan televisi bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk memasarkan produk atau jasa Kamu dengan jangkauan yang luas. Sebagai contoh, iklan mobil Toyota yang mungkin pernah Kamu lihat di televisi. Dalam iklan tersebut, Toyota tidak hanya menampilkan keunggulan dari produk mobilnya, namun juga menunjukkan bagaimana mobil Toyota dapat memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Hal tersebut membuat calon konsumen merasa tertarik dan memiliki alasan untuk membeli mobil Toyota.


Source ciaraahn.blogspot.com

Keunggulan Kelemahan
Jangkauan luas Biaya produksi yang tinggi
Dapat menjangkau berbagai segmen konsumen Waktu tayang terbatas

2. Iklan Radio

Iklan radio juga menjadi salah satu contoh reklame dalam bentuk media elektronik yang bisa menjadi pilihan Kamu. Media ini terbilang cukup efektif karena dapat menjangkau target pasar yang spesifik. Sebagai contoh iklan dari salah satu pabrik penghasil rokok yang mengekspresikan betapa nikmatnya merokok dengan tobaknya yang berkualitas tinggi. Namun pada akhir iklan, akan disebutkan bahwa merokok merupakan kegiatan yang berbahaya. Hal ini menjadi salah satu cara agar calon konsumen menyadari bahayanya merokok.


Source ikaayuniputrii.blogspot.com

Keunggulan Kelemahan
Budget pemasangan murah Target pasar terbatas
Dapat merangsang kreativitas Pesan iklan tidak selalu dapat tersampaikan dengan baik

3. Iklan Online

Iklan online menjadi trend baru dalam dunia pemasaran. Iklan dalam bentuk ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan iklan televisi atau radio. Terdapat beberapa jenis iklan online seperti iklan banner, iklan video berbayar, iklan sem/seo dan iklan sosial media. Salah satu contoh iklan online adalah iklan dari salah satu situs jual beli online. Dalam iklannya situs tersebut menawarkan berbagai produk dari pakaian hingga alat elektronik dengan harga yang cukup terjangkau.

TRENDING:  Pengertian dan Pentingnya Term of Reference Adalah dalam Proyek di Indonesia


Source discus-serpong.blogspot.com

Keunggulan Kelemahan
Dapat menjangkau calon konsumen yang luas Budget iklan yang tinggi
Mudah untuk memantau hasilnya Mudah terblokir oleh software adblocker

4. Iklan Mobile

Iklan mobile atau mobile advertising juga menjadi salah satu trend pemasaran yang cukup efektif untuk memasarkan produk atau jasa Kamu. Iklan jenis ini menjangkau calon konsumen yang lebih luas lagi karena cukup mudah diakses melalui smartphone. Salah satu contoh iklan mobile adalah iklan dari aplikasi game yang menampilkan iklan dalam bentuk video atau banner di antara level permainan atau saat membuka aplikasi.


Source projectandrean.blogspot.com

Keunggulan Kelemahan
Target pasar yang luas Waktu tampilan iklan yang terbatas
Budget yang relatif murah Potensial untuk merusak customer experience di dalam aplikasi game

Itulah 4 contoh reklame dalam bentuk media elektronik. Tidak menutup kemungkinan terdapat banyak contoh-contoh lainnya yang bisa Kamu jadikan inspirasi dalam memasarkan produk atau jasa Kamu. Selamat mencoba!

Untuk mengetahui contoh reklame, kamu dapat melihat artikel yang berjudul tuliskan 4 contoh reklame, di mana di dalamnya mencantumkan empat contoh reklame yang dapat dijadikan acuan.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini
Sekianlah pembahasan mengenai tuliskan 4 contoh reklame dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Perlu diingat bahwa reklame merupakan salah satu bentuk promosi untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Oleh karena itu, mari memilih reklame yang baik dan memperhatikan isinya. Jangan lupa untuk berkunjung kembali di website ini untuk membaca artikel menarik lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi!

Saran Video Seputar : Empat Contoh Reklame Kreatif di Indonesia

barang inferior adalah barang

1. Pengenalan Surat Penawaran Barang Surat penawaran barang adalah sebuah surat resmi yang dibuat oleh pemilik usaha atau penjual sebagai salah satu cara untuk...
Andri Afrizal Hakim
3 min read

metode penyusutan aset tetap

1. Pengertian Iklan Baris Iklan baris adalah jenis iklan yang umum digunakan dalam media massa. Iklan baris memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis...
Andri Afrizal Hakim
4 min read