Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Hosting vs VPS Indonesia Mana yang Paling Unggul

1 min read

Layanan hosting adalah hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat website karena ini akan berpengaruh kepada kinerja dari situs yang akan Anda bangun. Ada banyak jenis hosting, lalu diantara hosting vs VPS mana yang lebih baik?

Banyak yang menyebut bahwa keduanya adalah hal yang sama namun ada juga yang mengartikannya secara berbeda. Lalu, bagaimana fakta sebenarnya antara hosting dan VPS ini? Agar lebih memahaminya sebelum beli hosting, simak penjelasan hosting dan VPS.

Apa Itu Hosting

Hosting pada umumnya sering disebut sebagai shared hosting karena layanan ini yang paling populer digunakan ketika membuat website pertama kali. Shared hosting adalah layanan hosting yang menganut konsep berbagi dari servernya.

Jadi, satu server ini nantinya akan dipakai oleh beberapa pengguna sehingga penggunaan shared hosting bisa menyebabkan akses lebih lama. Namun, harga untk hosting lebih terjangkau.

TRENDING:  Kenal Lebih Dekat Dengan Platform Amazon Web Service

Apa Itu VPS

VPS atau Virtual Private Server adalah layanan hosting yang resourcesnya berasal dari satu server fisik. Kemudian, dibagi menjadi beberapa kompartemen untuk server virtual. Setiap server virtual dimiliki oleh satu pengguna.

VPS Indo murah bisa didapatkan melalui penyedia web hosting Niagahoster.

Hosting vs VPS

Sebenarnya, VPS adalah bagian dari jenis hosting karena fungsi dari keduanya adalah sama yaitu untuk menyimpan data dari website Anda. Jadi, keduanya bisa digunakan sebagai media penyimpanan.

Jadi, setiap file yang diunggah ke website Anda akan disimpan oleh hosting maupun VPS sehingga nantinya bisa diakses oleh pengunjung website Anda.

Kesamaan berikutnya dari hosting maupun VPS adalah data yang disimpan akan terjamin keamanannya karena dilengkapi dengan fitur keamanan sehingga tidak mudah dibobol oleh para hacker atau virus.

TRENDING:  5 VPS Hosting Gratis 2021

Namun, perbedaan antara hosting vs VPS dapat kita lihat dari kapasaitas dan keprivasiannya. Penamaan hosting biasa umumnya akan mengacu pada shared hosting. Di shared hosting, Anda harus berbagi data servernya dengan pengguna lain.

Oleh sebab itu, kapasitas penyimpanan dari hosting ini cukup terbatas. Sedangkan VPS, kepemilikannya lebih privasi sehingga Anda dapat mengontrol sendiri berbagai pengaturan di website.

Selain itu, kapasitas dari VPS jauh lebih besar dibandingkan dengan shared hosting biasa. Jadi, untuk menentukan mana yang lebih baik, itu semua tergantung kebutuhan website Anda.

1. Pertimbangan Memilih VPS

Untuk menentukan apakah Anda akan memilih VPS atau tidak, lihat apakah kebutuhan ini ada pada website Anda.

  • VPS cocok untuk website yang sudah terkenal dan memiliki pengunjung yang banyak. Dengan begitu, kapasitasnya akan memenuhi berbagai data pengunjung maupun konten.
  • VPS cocok untuk website yang sudah punya nama dan perusahaan yang besar.
  • VPS diperlukan untuk yang memerlukan kapasitas besar.
TRENDING:  Amazon Web Services (AWS): Teknologi cloud dapat memangkas biaya server hingga 50%

2. Pertimbangan Memilih Hosting

Berikutnya adalah pemilihan hosting. Anda bisa menggunakannya apabila memiliki kondisi seperti berikut ini:

  • Hosting Indonesia akan cocok bagi Anda yang memulai bisnis website dan masih pemula. Hal ini karena tidak memerlukan modal besar untuk mendapatkan hosting ini.
  • Hosting Indonesia biasa digunakan untuk membuat toko online, blog, sampai dengan portofolio diri.
  • Hosting ini cocok untuk website yang tidak banyak memerlukan kapasitas penyimpanan karena pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Jadi, hosting vs VPS Indonesia tidak bisa dibedakan mana yang lebih baik. Hal ini karena bergantung pada kebutuhan website Anda. Cek penawaran layanan hosting dan VPS dari Niagahoster kemudian, sesuaikan dengan kebutuhan yang paling cocok untuk Anda.

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Kenal Lebih Dekat Dengan Platform Amazon Web Service

DOWNLOAD DOWNLOAD DOWNLOAD   BACA JUGA: Cara Mendapatkan Uang Prakerja Startup seperti Amazon sudah tidak asing lagi. Bahkan, Amazon bisa dikatakan sebagai salah satu...
Andri Afrizal Hakim
1 min read