Apa Pengertian Strategi Pemasaran
Apa Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli: Jenis dan Tahapan

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli: Jenis dan Tahapan – Dalam ilmu manajemen pemasaran, strategi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki dalam memasarkan sebuah produk. Strategi pemasaran mengimplementasikan sebuah misi perusaan Anda pada sebuah proses yang terfokus untuk mendapatkan sebuah hasil yang maksimal dari sebuah rencana pemasaran yang telah Anda buat.

Pada kegiatan ini Anda juga akan mengidentifikasi target pelanggan yang akan Anda sasar, sehingga Anda dapat menemukan peluang pemasaran yang paling tepat untuk produk yang Anda miliki.

Strategi emasaran digunakan oleh begitu banyak perusahaan untuk melakukan kolaborasi dengan para konsumen yang dimiliki. Lewat strategi inilah pihal perusahaan akan memberikan pengertian kepada para pelanggan tentang spesifikasi, fitur, dan juga manfaat yang dimiliki oleh produk.

Strategi pemasaran akan berfokus untuk mendorong setiap populasi sasaran agar membeli produk yang Anda tawarkan. Lewatstrategi pemasaran yang aktif dan efektif akan membantu perusahaan untuk terus maju dalam hal persaingan dagang.

Lantas apa sebenarnya pengertian strategi pemasaran menurut para ahli? berikut ini informasi mengenai pengertian strategi pemasaran menurut beberapa ahli.

TRENDING:  Cara Mendapatkan Uang di WhatsAround dengan Mudah

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Ahli

Terdapat beberapa ahli dalam bidang ekonomi dan manajemen yang telah memberikan pendapatnya mengenai pengertian dari strategi pemasaran itu sendiri.

Kotler dan Amstrong

Pengertian pertama dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong pada tahun 2008 yang mengatakan bahwa strategi pemasaran merupakan sebuah logika pemasaran dimana setiap unit bisnis berharap untuk menciptakan sebuah nilai untuk memperoleh keuntungan yang berhhubungan dengan konsumen.

Kurtz

Pada tahun 2008 Kurtz juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian strategi pemasaran, menurutnya strategi pemasaran merupakan keseluruhan dari program perusaan untuk menentukan target pasar dengan tujuan memuaskan konsumen dengan cara membangun kombinasi beberapa elemen marketing seperti produksi, distribusi, promosi, dan juga harga jual dari produk.

Philip Kotler

Pengertian strategi pemasaran menurut para ahli berikutnya disampaikan oleh Philip Kotler yang menganggap bahwa strategi pemasaran adalah sebuah mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai sebuah tujuan pemasaran. Yang mana dalam mindset ini terdapat strategi rinci terkait sasaran pasar, bauran pemasaran, penetapan posisi produk, dan juga budget yang Anda miliki untuk melakukan pemasaran.

Tjiptono

Pengertian strategi pemasaran berikutnya dikemukakan oleh Tjiptono yang mengatakan bahwa strategi pemasaran adalah sebuah alat fundamental yang dirancang dengan sebaik mungkin untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan dengan melakukan pengembangan keunggulan daya saing yang saling berkesinambungan pada sasaran pasar yang dituju sesuai target yang telah Anda tetapkan.

TRENDING:  Tips Sukses Jualan Online Melalui Instagram

Stanton

Selanjutnya pengertian strategi pemasaran menurut para ahli disampaikan oleh Stanton yang memberikan pengertian bahwa strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang ada hubungannya dengan tujuan dalam merencakan, menentukan harga, hingga dalam hal mempromosikan serta menyalurkan produk yang nantinya mampu memberikan kepuasan kepada konsumen.

Tahapan dalam Membuat Strategi Pemasaran

Terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan sebuah strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan –perusahaan.

Berikut ini beberapa tahapannya, simak dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

  • Identifikasi target pelanggan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus mengidentifikasi siapa target pelanggan yang akan Anda sasar. Buatlah produk yang dianggap cocok dengan target pelanggan Anda.
  • Temukan peluang pemasaran, temukan peluang pemasaran Anda, Anda bisa mempekerjakan seseorang yang ahli dalam manajemen pemasaran untuk melihat dan menentukan peluang pemasaran Anda.
  • Membangun rencana pemasaran, setelah Anda melihat sebuah peluang pemasaran yang cocok dengan prosuk yang akan Anda buat maka Anda harus membangun sebuah rencana pemasaran dengan mempertimbangkan sasaran pasar, pelanggan, dan menonjolkan keunggulan kompetitif yang Anda miliki.
  • Implementasi rencana pemasaran, apabila rencana pemasaran Anda telah dibuat dengan sebaik mungkin maka selanjutnya Anda bisa mengimplementasikan sebuah rencana pemasaran yang telah Anda susun. Lakukan umpan balik sesering mungkin kepada tim perusahaan Anda agar memperhatikan hal-hal tak terduga yang muncul.
TRENDING:  Perbedaan Sales dan Marketing, Serupa Tapi Tak Sama

Jenis Strategi Pemasaran

Terdapat 2 kategori strategi pemasaran yakni pemasaran bisnis ke bisnis dan bisnis ke konsumen, kali ini akan diberikan informasi mengenai strategi pemasaran dari bisnis ke konsumen yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan.

  • Iklan berbayar, biasanya dapat Anda temukan di TV ataupun di media cetak dan digital
  • Sebab akibat pemasaran, menghubungkan bentuk sebab akibat dengan produk yang ditawarkan
  • Hubungan pemasaran, merupakan jenis yang berfokus untuk membangun kepercayaan pelanggan
  • Pemasaran yang menyamar, sebuah pemasaran yang awalnya menggunakan produk lain dan kemudian berubah produk tanpa diketahui oleh pelanggan.
  • Pemasaran dari mulut ke mulut, informasi dari produk Anda disebar luaskan dari satu orang ke orang lainnya.
  • Penjualan melalui internet
  • Pemasaran transaksional

Demikianlah informasi mengenai pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, jenis dan tahapan dalam membuat sebuah strategi pemasaran.

Check Also

5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang – Seperti yang Anda ketahui, bahwa dulu sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *