10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan (1)

10 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Potensial dan Menjanjikan

Adanya pandemi COVID19 sedikit banyak berdampak di segala aspek kehidupan, termasuk dibidang ekonomi. Tak sedikit yang kehilangan pekerjaan karena gulung tikar maupun terkena pemutusan hubungan kerja. Hal ini mengakibatkan terpotongnya pemasukan. Sebagai solusinya, sebagian orang beralih mencoba bisnis online di masa pandemi ini.

Inilah Ide Bisnis Online di Masa Pandemi yang Harus Dicoba

Ditengah tuntutan hidup yang terus meningkat, minat masyarakat untuk membeli barang kebutuhan pun semakin tinggi. Hal ini dapat menjadi peluang bagi kamu yang ingin menambah pendapatan. Kuncinya adalah mengetahui barang-barang seperti apa yang dicari publik.

Syukurnya di era digital ini, banyak pilihan bisnis yang bisa kamu coba tanpa mengeluarkan banyak modal. Bahkan hanya berbekal sosial media atau market place, kamu bisa menawarkan jasa dan skill atau menjual produk buatanmu. Ini bisa menjadi peluang bisnis online di masa pandemi. Tentunya lebih fleksibel juga karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Nah bagi kamu yang masih binggung ingin memulai bisnis online apa di masa pandemi ini, Sosialin sudah siapkan beberapa ide bisnis online prospektif dan menjanjikan di masa pandemi yang mungkin cocok dan bisa kamu coba. Silakan di simak ya!

1. Jasa pembuatan konten

Semakin banyak UMKM yang muncul di tengah pandemi, semakin tinggi pula kebutuhan jasa pembuatan konten kreatif. Jasa ini bertujuan untuk membantu para pemilik bisnis buat mempromosikan produk nya dengan lebih baik di berbagai platfom dan sosial media. Bermodalkan skill dan kreatifitas, peluang bisnis online yang satu ini cukup prospektif dan menggiurkan.

TRENDING:  Cara Mendapatkan Uang di WhatsAround dengan Mudah

2. Jasa titip (jastip)

Jasa ini merupakan sebuah jasa yang menawarkan pembelian barang di suatu tempat guna mendapatkan keuntungan dari setiap harga barang titipan. Layanan ini menawarkan orang lain untuk membeli produk bagi yang tidak bisa membelinya secara langsung, baik di lokasi domestik maupun luar negri.

Bisnis online ini tentunya mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Tidak hanya berlaku untuk barang-barang impor, jastip di era pandemi mencakup berbagai barang kebutuhan.

3. Reseller dan dropshipper

Menjadi reseller bisa mulai dari produk kecantikan hingga makanan. Bisnis sebagai reseller dan dropshipper banyak diminati selama masa pandemi. Tak harus membutuhkan modal besar, kamu tetap berpotensi meraup keuntungan besar.

4. Produk kesehatan diri

Pandemi Covid-19 memunculkan gaya hidup baru dalam kesehariannya. Seperti wajib memakai masker dan disinfektan atau handsanitizer saat bepergian keluar rumah. Aturan ini diterapkan guna mencegah penyebaran virus corona. Adapun vitamin dan suplemen tubuh untuk menunjang kesehatan kini banyak dicari.

Minat masyarakat akan berbagai produk kesehatan diri semakin meningkat. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas kesehatan, baik yang berbentuk farmasi maupun natural seperti jamu dan madu juga menjadi kebutuhan konsumtif rutin. Tentunya hal ini menjadi peluang yang menjanjikan untuk membuka bisnis online di masa pandemi.

5. Bisnis Toko Buku Online

Ketika masa pandemi, hobi membaca buku menjadi tren yang kian meningkat. Lantaran adanya aturan pemerintah tentang social distancing, aktifitas kian terbatas dan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Membaca buku menjadi opsi untuk membantu mengusir rasa bosan.

Tak harus berbelanja ke toko buku, kini orang-orang memilih untuk membeli buku di toko online. Inilah kesempatan bagi kamu untuk membuka bisnis online saat pandemi, yakni dengan menjual buku-buku di e-commerce atau media sosial yang kamu miliki.

TRENDING:  Pengertian Knowledge Management System Beserta Fungsinya Menurut Ahli

Selain menjual buku-buku keluaran terbaru dari distributor atau penerbit, Anda juga berkesempatan untuk menjual kembali buku-buku bekas yang masih dalam kualitas baik. Peminatnya cukup banyak, lho! Anda pun bisa menjual buku fisik dan e-book sekaligus.

6. Bisnis Frozen Food

Usaha frozen food juga bisa menjadi bisnis prospektif di kala pandemi. Sekarang ini, masyarakat jarang keluar untuk mencari hidangan restoran karena pembatasan sosial. Namun memakan masakan rumah yang itu-itu saja tentu akan merasa bosan. Sehingga banyak yang berkreasi dengan memasak frozen food ala restoran dirumah.

Bisnis online di masa pandemi yang satu ini pun bisa kamu mulai dari sekarang. Kamu bisa menjajakan produk frozen food-mu sendiri atau produk jadi dari pabrik. Cara menyimpannya cukup mudah, tinggal bekukan saja di freezer agar makanan lebih awet.

Kamu bisa menawarkan barang daganganmu ini secara online melalui marketplace tertentu atau sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp untuk menarik minat pelanggan.

7. Jual Dekorasi Rumah

Sejak masa pandemi, banyak sektor usaha yang gulung tikar karena tidak mampu beradaptasi dengan keadaan. Namun adapula yang mencoba beradaptasi dengan memanfaatkan jaringan media sosial. Seperti usaha jual beli dekorasi rumah.

Mengapa bisnis ini menjanjikan? Karena bekerja di rumah setiap hari tanpa keluar untuk mencari suasana baru membuat banyak orang merasa suntuk dan bosan. Tidak heran jika akhirnya dekorasi ulang rumah menjadi proyek yang banyak dilakukan selama akhir pekan. Menjual dekorasi rumah kini menjadi bisnis online yang banyak dicari orang.

Macam-macam dekorasi rumah bisa kamu jual, mulai dari kreasi tanganmu sendiri atau dari distributor seperti sprei kasur, karpet lantai, tirai jendela, perabotan rumah, tanaman hias, lilin aromaterapi, piring dan gelas cantik, serta lukisan cantik.

TRENDING:  Pengertian Return on Investment Menurut Para Ahli, Faktor, Cara Hitung, Manfaat dan Kelemahannya

8. Usaha Kuliner

Situasi pandemi yang masih terus berlanjut, menjadikan layanan Go-Food kian diminati. Bahkan kini semakin banyak pebisnis kuliner yang menjual makanannya dengan kerja sama pada layanan antar jemput online. Pelanggan hanya perlu memesan melalui platform yang telah disediakan penjual dan makanan pun akan diantar sesuai alamat tujuan.

9. Usaha Jual Beli Pulsa

Adanya pemberlakukan PPKM Darurat, konter-konter isi pulsa kini tutup lebih awal. Untuk menyiasati penurunan pelanggan, banyak yang melakukan pembelian secara online. Juga bisa menawarkan usaha ini melalui laman sosial media seperti WhatsApp.

Selama pandemi Covid-19, kebutuhan kuota internet dan pulsa kian meningkat lantaran banyak aktifitas yang dapat dijalankan secara online. Mungkin tidak bisa menjadi sumber penghasilan, namun peluang bisnis online ini cukup baik untuk menambah pemasukan.

10. Jual Masker dan Hand Sanitizier

Memakai masker dan hand sanitizer juga menjadi sebuah kewajiban saat ini. Penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol tertentu dipercaya dapat membantu membunuh kuman dan virus penyebab penyakit. Beralih menjadi kebutuhan primer, maka bisnis jual beli masker dan hand sanitizer ini juga dinilai potensial untuk diterapkan saat ini.

Sebelum menjalankan bisnis ini, perlu diperhatikan soal ketelitian dan kehigienisan dari bahan-bahan yang digunakan. Produksi masker dengan bahan yang nyaman dan standar. Untuk hand sanitizer pastikan kandungan alkoholnya sesuai dengan imbuan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang formulasi alkohol khusus untuk membuat hand sanitizer.

Itulah beberapa ide dari Sosialin untuk peluang usaha bisnis online di masa pandemi. Buat kamu yang berniat mengawali bisnis online, semoga informasi diatas dapat membantu kamu menentukan bisnis yang ingin dijalani. Cari tahu juga mengenai tips dan strategi yang tepat dalam berbisnis agar tidak kalah bersaing. Selamat mencoba!

Check Also

10 Cara Promosikan Makanan Online Agar Laris Manis

10 Cara Promosikan Makanan Online Untuk Meningkatkan Branding Produk Dan Penjualan Makanan Anda

Memiliki bisnis pada bidang makanan merupakan salah satu bisnis menarik yang diminati para konsumen. Pasalnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *