12 Usaha Sampingan Saat Pandemi Yang Bisa Kamu Coba!

12 Usaha Sampingan Saat Pandemi Yang Bisa Kamu Coba!

Di masa pandemi Covid-19, segala aktivitas dibatasi. Masyarakat diimbau untuk lebih banyak tinggal dan bekerja dari rumah. Adanya PPKM Darurat yang diberlakukan saat ini juga turut berimbas pada perekonomian semua orang. Kondisi ini memunculkan ide bisnis baru bagi sebagaian orang. Bahkan banyak yang memanfaatkan situasi ini dengan membuka usaha sampingan saat pandemi.

Berikut Ini Berbagai Usaha Sampingan Saat Pandemi yang Perlu Dicoba!

Selain mengisi waktu luang, usaha sampingan saat pandemi juga dapat menjadi sumber pemasukan tambahan. Ada berbagai usaha sampingan di masa pandemi yang dapat dilakukan. Kamu bisa mulai dengan mengembangkan hobi seperti memasak, berkebun, berolahraga dan aktivitas lainnya.

Berbagai usaha sampingan saat pandemi COVID19 dapat dilakukan berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga Ibu Rumah Tangga (IRT). Tak perlu banyak modal, kamu tetap bisa meraup keuntungan dengan menjalankan usaha dari rumah. Lalu, apa saja usaha sampingan yang bisa kamu jalankan saat pandemi? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut!

1. Kuliner

Di era pandemi ini, usaha kuliner menjadi salah satu ide bisnis yang terus mengalami kemajuan. Karenanya sektor inipun termasuk peluang usaha yang menjanjikan. Terlebih bagi kamu yang memiliki hobi memasak, dapat mulai membuka jasa katering, frozen food, hingga makanan hit yang kekinian.

Bisnis kuliner cukup banyak diminati lantaran tidak semua orang bisa dan mau memasak sendiri di rumah. Sebelum memutuskan menjual jenis makanan, ada baiknya untuk melihat segmentasi pasar terlebih dahulu.

TRENDING:  3 Ide Bisnis Milenial Anti Ketinggalan Zaman

Selama pandemi, sektor usaha makanan tetap diizinkan beroperasi asalkan mengikuti peraturan yang berlaku. Tak hanya open order di rumah, kamu juga bisa menjajakan masakanmu melalui media social seperti TikTok, Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

2. Bisnis Kue

Bagi kamu yang memiliki hobi membuat kue, bisa dijadikan ide bisnis sebagai usaha sampingan. Tentukan jenis kue yang sekiranya kamu sanggupi. Mulailah dengan menjajakan kue tersebut kepada orang terdekat seperti tetangga, saudara dan teman-temanmu. Apabila dirasa layak jual, mulailah pertimbangkan untuk menjadikannya usaha sampingan di masa pandemi.

3. Bisnis Sembako

Bisnis yang satu ini juga cukup menjanjikan lantaran kebutuhan sembako termasuk kebutuhan pokok masyarakat. Aturan Work From Home menjadikan kebutuhan masyarakat akan sembako cukup tinggi di masa pandemi ini. Situasi ini dimanfaatkan oleh perusahaan transportasi online dengan bekerja sama dengan pemilik bisnis sembako.

4. Jual Masker

Penggunaan masker kini menjadi kebutuhan kewajiban bagi semua orang di kala pandemi Covid-19. Menurut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarinvest) dalam laman resmi covid19.co.id, masyarakat wajib mematuhi 3M dan 3T yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak serta tracing, testing, dan treatment.

Hal ini sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi oleh semua orang guna menekan penyebaran virus Covid-19. Memakai masker bukan hanya untuk orang sakit, tapi juga orang sehat. Dari situasi ini, menjual masker kain bisa menjadi usaha sampingan yang potensial dijalankan selama masa pandemi.

5. Jual Pulsa/Paket Data

Di masa penerapan aturan WFH atau Work From Home dan pembelajaran daring menyebabkan kebutuhan pulsa dan data internet meningkat. Kondisi ini menjadi peluang yang baik bagi kamu yang ingin memiliki usaha sampingan dimasa pandemi. Tak perlu banyak modal, bisnis ini juga mudah dilakukan oleh semua orang tanpa harus memiliki keahlian khusus.

TRENDING:  5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif untuk Pemula

6. Jual Hand Sanitizer

Menjaga kebersihan dengan memakai hand sanitizer juga menjadi sebuah kewajiban saat ini. Penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol tertentu dapat membantu membunuh kuman dan virus. Karena telah menjadi kebutuhan penting, maka bisnis ini juga dinilai potensial untuk diterapkan saat ini.

Sebelum menjalankan bisnis ini, perlu diperhatikan soal ketelitian dan kehigienisan dari formulasinya. Pastikan kandungan alkoholnya sesuai dengan imbuan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang formulasi alkohol khusus untuk membuat hand sanitizer melalui laman resminya.

7. Jasa Desain Grafis

Jasa ini cocok buat kamu yang memiliki hobi menggambar menggunakan alat digital atau senang berkecibung di dunia desain grafis. Kamu bisa mengembangkan hobi itu menjadi layanan jasa desain seperti desain logo, vector, poster maupun gambar produk.

Jasa ini banyak dibutuhkan oleh pihak yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan, seperti promosi. Kamu bisa menawarkan jasa ini secara online maupun bekerja sama dengan perusahaan/lembaga tertentu. Kamu juga bisa mendaftarkan diri menjadi freelancer khusus bidang desain grafis jika ingin bekerja secara online.

8. Jasa Pembuatan Video

Banyak hal kreatif yang kamu bisa dilakukan selama di rumah saja untuk menghilangkan rasa bosan. Salah satunya yaitu membuat video. Terlebih bagi kamu yang memiliki peralatan videografi, jasa pembuatan video bisa menjadi peluang bisnis yang potensial.

Jasa pembuatan video ini umumnya banyak digunakan untuk kepentingan komersil maupun non komersil seperti video pernikahan, hajatan maupun acara-acara penting lainnya.

9. Buket Hadiah Wisuda

Di masa pandemi covid-19, peluang usaha membuat buket hadiah berupa bunga atau jajan masih digemari sebagai hadiah ujian proposal maupun saat wisuda. Berbekal kreatifitas, kamu dapat menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampinganmu di kala pandemi.

TRENDING:  11 Produk yang Laris Saat Pandemi di Lapak Online Shopee

10. Ahli Kebugaran

Kesehatan jasmani kini menjadi hal yang paling diperhatikan. Hal ini turut membuka peluang bagi kamu yang gemar berolahraga untuk membuka jasa seperti menjadi tutor fitness atau ahli kebugaran.

Apalagi fasilitas penunjang kesehatan seperti tempat gym dan kolam renang banyak yang tutup selama pandemi. Tak perlu keluar dari rumah, kamu bisa menjadi tutor fitness maupun konsultann kebugaran secara online.

11. Tutor Bimbel

Menjadi tutor bimbel juga bisa menjadi peluang yang potensial dimasa pandemi. Pembelajaran daring mengharuskan orang tua untuk belajar bersama anak atau melalui jasa tutor bimbingan belajar (bimbel).

Tak perlu mengeluarkan banyak modal, jasa ini bisa dilakukan oleh banyak orang. Terutama jika kamu adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan daring di rumah. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan membuka usaha les privat bagi anak-anak tingkat sekolah dasar sampai menengah atas.

Meski pembelajaran atau les dengan pertemuan fisik dibatasi, kamu masih bisa menjalaninya secara online. Apabila harus melakukan kunjungan langsung ke rumah anak didik, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan.

12. Influencer

Selain ide usaha sampingan yang dijelaskan diatas, peluang menghasilkan cuan dengan menjadi Influencer juga bisa menjadi opsi menarik bagi kamu. Pasalnya, banyak orang yang memerlukan hiburan di tengah rutinitasnya di rumah.

Untuk menjadi influencer, kamu harus aktif bersosial media dan mengumpulkan banyak followers. Berbagai konten dapat kamu ciptakan seperti tutorial make up, mengcover lagu, berbagi tips dan informasi, tutorial masakan, dan hal menghibur positif lainnya.

Itulah beberapa ide untuk peluang usaha sampingan saat pandemi seperti sekarang ini. Tak harus memiliki keahlian khusus, beberapa juga mudah dilakukan oleh semua orang. Selain mengisi waktu luang, juga bisa menjadi sumber pendapatan. Jadi kamu mau coba yang mana?

Check Also

Ide Bisnis Milenial

3 Ide Bisnis Milenial Anti Ketinggalan Zaman

Pernah mendengar generasi milenial? Atau pembaca adalah salah satunya? Meskipun sering dikatakan sebagai generasi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *