Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal Lobster merupakan hewan yang dapat dimakan, dengan rasa yang sangat lezat serta kandungan gizi yang sangat tinggi. Namun sayangnya lobster ini sangatlah langkah dan hampir dikatakan begitu langkah apalagi jenis lobster air laut yang bahkan sudah sangat jarang ditemukan.

Padahal minat masyarakat akan lobster sangatlah besar karena memang rasanya yang begitu nimat jika disantap bersama nasi hangat ataupun dengan makanan lainnya. Bahkan tidak perlu heran jika masih banyak yang membeli lobster walaupun dengan harga yang tinggi, akan tetapi untuk Anda yang belum pernah memakan lobster karena harga mahal dan langkah maka Anda bisa memilih untuk mengonsumsi lobster air tawar.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Jenis lobster yang satu ini juga memiliki rasa daging yang sangat manis serta begitu tebal untuk Anda yang memakannya, saat ini sudah ada banyak orang yang memulai bisnis dengan cara budidaya lobster air tawar di kolam terbal. Hal ini karena lobster memilik peluang usaha yang sukses sangatlah besar, jadi Andapun bisa memulai untuk melakukan budidaya lobster.

Apalagi jika di daerah Anda belum memiliki budidaya lobster maka sangat cocok untuk Anda melakukan budidaya ini, sebab Anda tidak perlu memiliki lahan yang begitu besar serta modal yang banyak. Karena Anda bisa melakukan budidaya dengan menggunakan media terbal, yang memang menjadi media budidaya banyak jenis hewan air seperti ikan dan yang lainnya.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan

Anda tidak memerlukan modal yang besar tetapi Anda telah berpeluang untuk menghasilkan lobster-lobster berkualitas yang dapat Anda jual untuk mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi saat ini telah bannyak rumah makan ataupun warung bakso yang membuat menu lobster, sehingga kebutuhan pemasokan lobster memang sedang meningkat dan Anda bisa memecahkan hal tersebut dengan melakukan budidaya.

Apabila Anda ingin mulai untuk melakukan budidaya sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan di kondisi seperti sekarang ini, jangan memulai sebuah bisnis yang mainstream, untuk apa Anda memulai sesuatu yang sudah ada. Untuk memantu Anda melakukan budidaya maka Anda bia mengikuti pedoman cara budidaya lobster air tawar di kolam terpal yang dapat Anda temukan pada artikel ini.

BACA JUGA:  Cara Memelihara Ikan Koi di Akuarium yang Benar

Oleh karena itu Anda sangat patut untuk menyimak artikel berikut ini dengan sebaik mungkin sebab akan dibahas mengenai pedoman, cara serta berbagai tips yang dapat Anda gunakan untuk melakukan budidaya lobster dengan media kolam terpal.

Menyiapkan Lokasi Tempat Lobster

Hal pertama yang harus Anda persiapkan dan memang sangat penting adalah Anda harus menyiapkan lokasi tempat tinggal dari lobster tersebut, dalam hal ini kolam terpal yang akan menjadi tempat tinggal serta tempat budidaya.

Lobster sebagai hewan yang tidak bisa hidup di tempat yang panas maka Anda harus membuat kolam terpal di tempat yang sejuk seperti di bawah pohon atau tempat-tempat rindang lainnya.

BACA JUGA:  Menambah Penghasilan Dengan Bisnis Budidaya Belut Dalam Ember

Buatlah Media Kolam Terpal

Langkah selanjutnya dalam proses cara budidaya lobster air tawar di kolam terpal adalah Anda harus membuat media kolam terpal, sebelumnya Anda harus membuat rencana baik itu berapa jumlah lobster yang akan Anda budidaya, berapa jumlah kolam, serta bagaimana sistem pengairan dan pembuangan air kotor yang berasal dari kolam. Untuk langkah pertamanya Anda bisa membuat kerangka dari kolam yang akan Anda buat, bisa menggunakan bambu untuk membuat kerangka kolam.

Bila kerangka kolam berbentuk kota telah selesai Anda buat, maka selanjutnya Anda bisa mengambil terpal tepal yang akan Anda jadikan sebagai kolam.

Buat terpal tersebut berbentuk kolam sesuai dengan dinding serta kerangka yang telah Anda buat, untu memastikan bahwa lobster akan bertumbuh dan berkembang biak dengan baik maka buatlah penutup bagian atas kolam agar tidak terkena sinar matahari langsung karena lobster tawar adalah jenis lobster yang tidak bisa panas.

BACA JUGA:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Rumah yang Menguntungkan

Memilih Indukan Lobster Berkualitas

Apabila kolam terpal telah siap untuk digunakan membudidaya dengan memperhatikan cara budidaya lobster air tawar di kolam terpal maka selanjutnya Anda harus mencari indukan lobster yang berkualitas baik, jangan memilih indukan dengan kualitas buruk. Anda harus bisa memilih dan membedakan jenis kelamin pada lobster-lobster yang hendak Anda jadikan sebagai indukan.

Ciri dari sebuah lobster jantan yakni terdapat bintik-bintik merah pada bagian capit bagian luar, serta untuk dijadikan indukan maka umur lobster tersebut harus mencapai 3-4 bulan dengan panjang yang sudah lumayan yakni 7 cm dengan berat normal. Untuk ciri-ciri dari lobster betina sendiri memiliki lubang pada bagian pangkal kaki ketiga yang terletak di bawah ekor, yang mana lubang ini merupakan alat reproduksi untuk mengeluarkan telur.

BACA JUGA:  Keuntungan Budidaya Ikan Nila Dalam Beton

Dalam Cara budidaya lobster air tawar di kolam terpal, Anda harus memilih indukan yang memiliki pertumbuhan yang jauh lebih cepat dibandingkan lobster lain yang memiliki umur yang sama.

Kawinkan Indukan Jantan dan Betina

Apabila Anda telah memilih indukan maka selanjutnya Anda bisa mengawinkan indukan jantan dengan indukan betina guna mendapatkan telur-telur yang akan dikembangbiakkan.

Cara pengkawinannya cukuplah simpel dan sangat mudah, Anda hanya perlu menurunkan 5 ekor betina serta 3 ekor jantan ke dalam 1 kolam terpal yang sama kemudian tunggu beberapa saat hingga lobster betina siap untuk bertelur.

Pindahkan Telur dengan Indukan

Setelah proses bertelur selesai maka harus dipindahkan antara telur lobster dengan indukan, sebab akan membahayakan jika disimpan pada kolam yang sama karena rentan mengalami kematian.

BACA JUGA:  Dengan Budidaya Lobster Air Tawar Bisa Memberikan Keuntungan

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya lobster air tawar di kolam terpal yang bisa Anda coba untuk melihat peluang bisnis yang ada.

Check Also

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus Dengan Cara Setek Dan Menanam Sulur

Budidaya Kemukus – Kemukus merupakan tanaman berjenis rambat yang biasa dijumpai di sekitar kita. Tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *