Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser

Cara Mudah Membuka Bisnis Air Minum dalam Kemasan Keuntungan Melimpah

2 min read

Cara Mudah Membuka Bisnis Air Minum dalam Kemasan Keuntungan Melimpah

Cara Mudah Membuka Bisnis Air Minum dalam Kemasan Keuntungan Melimpah – Kebutuhan air memang tidak bisa dipungkiri, sekarag ini air minum kemasan dirasa lebih efektif dan efisien untuk dijadikan simpanan ketika ada tamu datang dari pada bersusah payah membuatkan minum kebelakang. Adanya minuman kemasan ini pastinya membuat sebagian orang memanfaatkan peluang yang ada dengan menjalankannya sebagai pundi-pundi rupiah atau berbisnis.

Air minum dalam kemasan atau amdk ini ialah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu kemudian dikemas dalam ukuran-ukuran tertentu. pada umumnya kemasaa air minum ini diantaranya 330ml-1500ml dalam kemasan botol, 240ml dalam kemasan gelas, dan 19 liter dalam kemasan galon.

Harga yang diberikan oleh masing-masing produsen air minum dalam kemasan ini berbeda-beda. harganya sangat bervariatif, karena dalam pengolahannya tentu tidak menggunakan mesin yang sama, kapasitas produksi yang berbeda, dan juga jenis produk yang dihasilkan.

Hal tersebut menjadi faktor ketidaksamaan harga pada tiap-tiap air minum dalam kemasan. Buat Anda yang ingin menjalankan bisnis air minum dalam kemasan, berikut ini cara mudah untuk menjadi produsen air minum dalam kemasan.

Daftar isi Konten

Menciptakan Desain Produk Air Minum dalam Kemasan

Desain ini akan sangat berguna sekali untuk kegiatan pemasaran dan sebagai identitas bisnis Anda. Adanya desain ini menjadi perencanaan awal untuk membangun sebuah bisnis. Bagi Anda yang menginginkan usaha untuk menjadi produsen air minum dalam kemasan ini sangat perlu adanya desain produk.

Yang mana nantinya ini akan digunakan pada peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan pemasaran dan pengenalan produk kepada khalayak umum

Keberadaan desain ini akan menjadi branding Anda untuk dapat memperbesar usaha. Desain produk yang menarik tentunya dapat menarik minat pembeli serta membuat usaha bisnis air minum dalam kemasan Anda semakin banyak dikenal orang.

Usahakan Mempunyai Izin Usaha

Dalam membangun bisnis ini memang sangat diperlukan untuk memiliki izin usaha. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika Anda sudah memiliki surat izin, berarti usaha yang Anda jalankan ini legal dan sudah berbadan hukum.

Tingkat kepercayaan konsumen terhadap barang dangan yang sudah terakui akan lebih besar dibandingkan dengan usaha yang tidak memiliki legalitas. Izin usaha ini seperti adanya SIUP, Akta perusahaan, NPWP, dan lain sebagainya.

Memiliki Izin Distribusi Produk

Ketika pabrik air minum dalam kemasan Anda ini ingin didistribusikan, tentunya Anda harus memiliki izin BPOM dan SNI (Standart Nasional Indonesia). Barang produksi yang akan didistribusikan pada agen-agen daerah lainnya harus memiliki kelengkapan data izin bisnis air minum dalam kemasan tersebut. Selain itu, bisa juga dilengkapi dengan adanya sertifikat halal.

TRENDING:  7 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Terbukti Ampuh!

Kelengkapan surat ini menjadi izin edar dari perusahaan yang memang sebelumnya perusahaan ingin menyebarluaskan produk yang mereka miliki. Standarisasi ini harus melalui Departemen Kesehatan atau Depkes RI, yang merupakan regulator dalam pembuatan standart.

Memiliki Sertifikasi Pabrik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penting untuk memiliki surat izin produksi dan juga sertifikasi pabrik. Hal ini bisa menjadi tolok ukur kepercayaan konsumen terhadap produk apa yang Anda keluarkan. Kode sertifikasi ini misalnya Sertifikasi ISO 9000, Sertifikasi Halal, Sertifikasi SNI, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Kepemilikan Bisnis yang Ada di Indonesia

Didukung Dokumen Pabrik

Selain berbagai sertifikat dan juga surat izin bisnis air minum dalam kemasan, Anda juga bisa melengkapi administrasi pabrik Anda dengan dukungan dokumen pabrik.

Kebanyakan parik atau produsen air minum dalam kemasan ini perlu adanya dokumen penunjang, misalnya Sertifikat kalibrasi yang didapat dari alat-alat yang digunakan untuk perusahaan. AMDK ini biasanya dibekali dengan beberapa alat seperti Ozone (O3), kalibrasi PH meter, Conductivity, dan peralatan laboratorium lainnya.

TRENDING:  7 Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing untuk Menjalankan Bisnis

Adanya kelengkapan sertifikat dari alat-alat yang digunakan dalam proses produksi ini, akan lebih mudah untuk menjalankan kegiatan produksi. Jika terdapat sidak, Anda tinggal menunjukkan kelengkapan data yang dipunya. Setiap hasil produksi harus dilakukan pengujian di lab secara random, untuk memastikan kesehatannya sebelum terjun di perjual-belikan.

Peralatan Laboratorium Pabrik Air Terlengkapi

Adanya peralatan laboratorium ini menjadi salah satu syarat persyaratan pengajuan sertifikasi dan juga surat izin dari BPOM. Laboratorium ini digunakan untuk keperluan pengetesan air baik secara fisika ataupun kimia. Sertifikat SNI bisnis air minum dalam kemasan ini dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian. Namun, syaratnya peralatan laboratorium harus terlengkapi terlebih dahulu.

Hampir semua bisnis pabrik minum dalam kemasan amdk ini memiliki ruangan lab serta peralatannya. Karena sangat diperlukan untuk mengontrol hasil olahan air yang telah jadi sudah siap disebarkan atau belum. Laboratorium ini digunakan dalam proses acak dan berkala untuk mengecek hasil air, sebelum dikemas dan dipasarkan

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis air minum dalam kemasan. Dalam membuka bisnis ini tentu banyak berbagai persyaratan yang harus dilakukan agar bisnis Anda menjadi bisnis legal dan mendapatkan ijin. Bisnis yang memiliki ijin ini bisa membawa hal baik bagi Anda.

Andri Afrizal Hakim Full Time Bekerja dari Rumah, Internet Marketer, Affiliate Marketer, Blogger & Advertiser