Apa Pengertian Research and Development
Apa Pengertian Research and Development

Pengertian Research and Development, Keuntungan dan Tahapannya

Pengertian Research and Development, Keuntungan dan Tahapannya – Dalam sebuah perusahaan, bukan hanya marketing saja yang dibutuhkan demi meningkatkan penjualan. Dibutuhkan juga divisi atau departemen khusus yang bertugas untuk melakukan penelitian dan pengembangan.

Departemen ini dikenal dengan sebutan departemen atau divisi research and development atau disingkat dengan sebutan R&D.

Jika tidak ingin kalah dari pesaing yang menghasilkan produk serupa, tentunya harus ada inovasi atau gebrakan baru. Tidak ada perusahaan yang bisa mengandalkan satu macam produk saja.

Itulah salah satu tugas dari bagian penelitian dan pengembangan ini yang sangat dibutuhkan demi pertumbuhan suatu perusahaan. Tapi, apa sebenarnya research and development?

BACA JUGA:  6 Hobi yang Menghasilkan Uang

Pengertian Research and Development

Pengertian Research and Development (R&D)

Research and development atau R&D, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan penelitian dan pengembangan atau litbang, adalah suatu kegiatan meneliti dan mengembangkan dengan adanya tujuan komersial supaya menghasilkan suatu produk baru, barang maupun jasa.

Dari pengertian research and development ini bisa dipahami bahwa tindakan yang dilakukan berupa rangkaian kegiatan tersebut.

Adapun tujuan utama dari proses ini adalah supaya perusahaan bisa menghasilkan barang atau jasa baru yang original dengan secara optimal.

Tindakan seperti ini bukan hanya dilakukan oleh perasaan yang sudah besar saja. Perusahaan atau pengusaha kecil juga melakukan penelitian dan pengembangan meskipun tidak memiliki divisi atau tempat khusus untuk melakukannya.

BACA JUGA:  Membangun Aset Digital

Bahkan, setingkat negara tetap melakukan penelitian dan pengembangan demi kemakmuran rakyatnya, khususnya yang berkaitan dengan riset ilmu murni dan pengembangan aplikatif di bidang teknologi.

Kemajuan suatu litbang di sebuah negara bahkan menjadi indikator kemajuan suatu negara. Indonesia sendiri memiliki badan atau lembaga khusus yang melakukan penelitian dan pengembangan ini.

Keuntungan dari Research and Development dalam Bisnis

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika menghadirkan divisi penelitian dan pengembangan dalam suatu bisnis. Keuntungan ini tidak kalah pentingnya dengan mengetahui pengertian research and development.

Keuntungan pertama R&D adalah supaya bisa mendapatkan hak paten akan suatu produk. Tidak bisa dipungkiri kadang dua perusahaan berbeda yang ada di bidang yang sama membuat inovasi serupa.

BACA JUGA:  PT. VISIONET DIGITAL INDONESIA, PRESS RELEASE. "Visionet Digital Indonesia (VDI) berkolaborasi dengan Junca Cash (JCC)"

Jika perusahaan Anda bisa mengembangkannya dengan baik, mendapatkan hak paten akan produk tersebut bisa menjadi pencapaian atas inovasi perusahaan Anda.

Adanya hak paten ini bisa menambah nilai dan kredibilitas perusahaan juga akan membawa keuntungan jangka panjang pagi perusahaan tersebut. Dengan memiliki hak paten ini maka akan menjadikan perusahaan tersebut sebagai pelopor dan lebih dilirik oleh pelanggan.

Keuntungan yang kedua adalah terkait finansial perusahaan. Para investor yang melihat bahwa perusahaan tersebut memiliki visi untuk berkembang lebih besar maka tidak akan segan-segan menggelontorkan dana.

Kehadiran R&D inilah yang menjamin dana tersebut terus mengalir dan tentunnya harus ada bukti nyata supaya tidak mengecewakan investor juga pelanggan setia.

BACA JUGA:  Pengertian Pengembangan Produk Baru dan Strateginya

Merujuk pada pengertian research and development, kehadiran R&D juga bisa menjadi salah satu pancingan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Di dalam dunia kerja, para pencari pekerjaan biasanya akan tertarik pada perusahaan yang ingin berkembang supaya pribadi pekerja pun ikut berkembang. Bukti dari keinginan berkembang itu ditunjukkan dengan adanya R&D di perusahaan.

Ternyata, kehadiran R&D juga bisa mengurangi biaya produksi dan meningkatkan proses. Dengan begitu, Anda bisa menghadirkan produk yang lebih murah dan bisa bersaing dengan perusahaan lain yang menghasilkan produk serupa.

Pelanggan tentunya akan memilih yang lebih murah, bukan? Margin keuntungan perusahaan pun akan meningkat dengan tingginya pembelian.

BACA JUGA:  Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli dan Manfaatnya Bagi Dunia Bisnis

Tahapan Research and Development

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui dalam proses research and development dan terkadang tahapan ini dijadikan sebagai tipe dari R&D itu sendiri.

Jika berdasarkan pengertian reseach and development, adanya tahapan dalam R&D merupakan hal yang wajar, apalagi hingga menghasilkan produk yang layak untuk dipasarkan. Adapun tahapan pertama dalam R&D adalah riset dasar.

Dalam tahapan ini semua informasi yang dibutuhkan dikumpulkan. Informasi inilah yang menjadi landasan dan panduan untuk mengembangkan bisnis.

Tahapan selanjutnya adalah riset terapan di mana perusahaan lebih fokus pada aspek komersial dan mencari cara bagaimana supaya produk baik barang maupun jasa bisa dikembangkan sesuai dengan target pasar.

BACA JUGA:  Cara Memulai Bisnis Online Shopee yang Termudah

Tahap ketiga adalah tahap desain dan pengembangan. Di tahap inilah semua informasi dan data yang sudah diperoleh akhirnya diubah ke dalam bentuk produk atau layanan.

Tentunya, untuk menjadi produk akhir harus menjalani tahap desain produk, membuat prototipe, melakukan uji coba kemudian mengembangkan produk atau jasa tersebut menjadi produk akhir yang akan dijual ke pasaran.

Setelah memahami pengertian reserach and development serta pentingnya keberadaan divisi ini di suatu perusahaan atau dalam bisnis.

Hal inilah yang akan menentukan masa depan dari perusahaan tersebut dan membuatnya lebih menonjol dari perusahaan lain yang bergelut dalam bisnis yang serupa. Perusahaan yang mampu bertahan memiliki tim R&D yang mumpuni dan bisa diandalkan.

BACA JUGA:  Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli, Jenis dan Faktornya
Pencarian popular: Apa Itu R&d , Pengertian Research And Development , R&d Adalah , R&d Department Adalah , Research And Development , Research And Development Adalah , Riset And Development , Tugas R&d , Tugas Research And Development , Tugas Research And Development Di Perusahaan , Tujuan Research And Development , Pengertian Research , Pengertian R&d , Apa Itu R&d Dalam Perusahaan , Apa Itu Research And Development , Arti R & D , Arti R&d , Arti Research And Development , Arti Rnd , Departemen R&d , Departemen R&d Adalah , Pengertian Development , Pengertian Development Dalam Perusahaan, Tujuan Research And Development Dalam Perusahaan

Check Also

Cara Kirim uang Lewat Alfa Untuk Anda yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Cara Kirim uang Lewat Alfa Untuk Anda yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Cara Kirim uang Lewat Alfa – Dunia teknologi semakin hari semakin berkembang sehingga mempengaruhi berbagai lini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *