E-CommerceShopee

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula dengan Mudah

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula dengan Mudah
Cara Jualan di Shopee untuk Pemula dengan Mudah

Cara jualan di Shopee untuk pemula tentu saja mudah dilakukan. Asalah mengetahui dan memahami cara berjualan dengan baik. Salah satu pengetahuan yang diperlukan adalah pemahaman mengenai tempat menjual produk serta target pasar atau konsumen. Hal ini penting agar produkmu dapat menarik pembeli dalam jumlah yang banyak.

Selain itu pemahaman mengenai pesaing juga penting. Hal ini agar kamu dapat memetakan bagaimana kondisi harga serta produk dari pesaing. Agar dapat menentukan strategi untuk berjualan dan memenangkan hati pelanggan. Layanan terbaik bagi pelanggan juga bisa diberikan untuk membuat pelanggan semakin puas serta bersedia membeli kembali produk.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak tips dan webinar berkaitan dengan memulai sebuah usaha, termasuk halnya berjualan secara online melalui marketplace atau e-commerce. Kegiatan tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai media untuk memperoleh informasi cara berjualan dengan baik dan mendapatkan keuntungan besar. Berikut di antaranya cara berjualan di Shopee terutama bagi pemula.

1. Mendaftar Akun Shopee untuk Berjualan

Proses pertama yang dilakukan mengenai cara jualan di Shopee untuk pemula adalah mendaftar akun. Hal ini tentu saja langkah yang sangat penting. Bagaimana kamu bisa berjualan produk yang dimiliki jika tidak mempunyai akun. Mendaftar dan membuat akun bisa dilakukan dengan mengakses situs Shopee maupun mendownloadnya langsung.

Mendownload aplikasi dapat dilakukan dengan mengakses App Store maupun Play Store. Hal tersebut menyesuaikan dengan gadget yang dimiliki. Setelah halaman atau aplikasi Shopee berhasil diunduh, kamu bisa mulai membuat akun dengan cara mengklik daftar. Kamu akan diminta mengisi nomor telepon beserta email yang masih aktif.

Nomor telepon dan email digunakan sebagai proses pengecekan atau verifikasi. Selanjutnya tentu saja kamu mendapatkan sebuah kode yang dikirim melalui SMS. Kode tersebut dimasukkan saat pendaftaran dan di akhir akan ada pernyataan bahwa proses pendaftaran berhasil.

Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui email bahwasanya pendaftaran berhasil. Langkah pendaftaran tersebut tentunya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi kolom yang tersedia sesuai perintah. Sehingga tidak membutuhkan kemampuan khusus untuk melakukan pendaftaran agar berhasil.

2. Membuat dan Mengatur Toko untuk Memasang Produk

Langkah cara jualan di Shopee untuk pemula selanjutnya adalah membuat toko. Toko adalah tempat kamu memasang produk untuk berjualan. Toko perlu diberi nama dan dihias menarik agar membuat pembeli percaya bahwa toko kamu real dan bukan abal-abal. Jika toko tidak diberi nama dan deskripsi, pembeli tentu saja akan sulit mengenalinya.

Membuat dan mengatur toko dapat dilakukan melalui website maupun aplikasi Shopee. Jika melalui website Shopee, kamu dapat memilih dan mengklik “jual”. Sementara jika melalui aplikasi, kamu dapat memilih dan mengklik icon “saya” kemudian pilih dan klik “toko saya”, selanjutnya adalah memilih “asisten penjual” dan kemudian memilih “profil toko”.

Cara jualan di Shopee untuk pemula tentu sangat mudah. Untuk mengisi profil toko tersebut hendaknya memuat beberapa informasi yang sangat penting dan jika dilakukan dengan baik, mampu menarik minat pembeli. Misalnya saja nama toko, deskripsi gambar dan toko. Nama toko hendaknya dibuat menarik dan khas sesuai produk. Bisa memilih nama yang mudah diingat. Sementara untuk gambar juga dipilih yang mewakili produkmu.

Misalnya kamu menjual beragam produk perawatan kulit. Gambar bisa dipilih yang mewakili produk, misalnya cream maupun masker wajah. Jika mewakili tentu saja berpotensi dapat menarik pembeli. Kamu juga bisa menambahkan video untuk menguatkan identitas toko yang dimiliki. Jumlah maksimal foto maupun video yang bisa diunggah adalah lima buah.

Deskripsi produk hendaknya jelas dan singkat. Tidak membuat pembeli bingung mengenai informasi yang disampaikan. Setelah mengisi perintah di kolom yang tersedia, kamu bisa menyimpan data dan informasi tersebut dengan mengklik simpan.

3. Memasang Produk untuk Menarik Pembeli

Langkah selanjutnya yang juga penting dilakukan dalam rangkaian cara jualan di Shopee untuk pemula adalah memasang produk. Produk inilah yang menjadi kunci konsumen dapat membeli barangmu. Kamu dapat mulai memasang produkmu baik melalui website maupun aplikasi. Jika melalui aplikasi, langkah pertama adalah memilih dan mengklik “mulai jual”.

Kemudian di kolom produk, pilih dan klik “tambah produk baru”. Kamu dapat menambahkan gambar beserta spesifikasi yang detail mengenai produk. Mulai dari nama, deskripsi, kategori, merek, tipe, maupun harga. Kamu juga bisa menambahkan informasi stok maupun variasi. Informasi mengenai jasa pengiriman juga perlu diatur dengan baik.

Setelah mengisi segala informasi yang dibutuhkan untuk menjelaskan mengenai produk, kamu bisa mengakhirinya dengan memilih dan mengklik “simpan dan tampilkan”. Kemudian menunggu beberapa menit agar produk berhasil ditampilkan. Namun produk tersebut harus menunggu terlebih dahulu untuk dicek oleh pihak Shopee.

Baca Juga: Cara Berjualan di Shopee dan Dapat Banyak Orderan

4. Memasarkan Produk dengan Langkah Mudah

Langkah terakhir setelah menata toko dan produk adalah memasarkannya kepada konsumen. Kamu bisa melakukan langkah memasakan produk dengan cara menaikkan produk. Hal ini membuat produkmu berada di peringkat atas sehingga sangat berpotensi dilirik pembeli. Kamu juga bisa membagikan link produk melalui berbagai media sosial yang dimiliki.

Ada beragam langkah atau cara mudah untuk dapat berjualan di Shopee. Kamu perlu memahaminya agar mendapatkan banyak konsumen serta keuntungan yang didapat juga tentu saja meningkat. Berbagai cara jualan di Shopee untuk pemula sangat mudah dilakukan asalkan memahami prosedurnya dengan baik.


SEKARANG ANDA BISA MENDAPATKAN ORDERAN TIAP HARI DARI SHOPEE

Lebih Dari 2.258+ Orang Belajar Di KELAS SHOPEE

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:E-Commerce