Inspirasi Snackbox untuk Usaha Katering Rumahan

2 min read

Untuk suguhan yang praktis dalam berbagai acara biasanya pemilik acara menggunakan snack box. Pasalnya selain praktis, para tamu juga lebih mudah untuk membawanya pulang jika memungkinkan. Sehingga sebenarnya banyak variasi menu yang bisa jadi inspirasi Snackbox dalam berbagai acara.

Jika biasanya hanya jadi konsumen snack box. Maka kali ini akan dipaparkan berbagai inspirasi Snackbox yang bisa digunakan untuk acara sehari-hari, arisan, pengajian, bahkan bisa juga dijual kembali sebagai bisnis sampingan. Berikut inspirasi menu yang bisa ditiru dengan mudah:

Apa Itu Snackbox?

Seperti namanya snack box adalah paket jajanan yang diberikan wadah kotak layaknya sebuah box. Biasanya snackbox ini berisi lebih dari satu jenis makanan, namun tidak jarang juga hanya satu jenis saja. 

Pasalnya seperti yang diketahui bahwa menyuguhkan jajanan pada sebuah acara memang jadi hal yang lumrah. Namun, tidak hanya menyuguhkan cemilan saat acara berlangsung saja, beberapa tuan rumah juga memilih memberikan tamunya buah tangan.

Maka dari itu, muncul banyak snack box yang kian hari kian marak. Pasalnya dengan memberikan buah tangan ke dalam wadah tentu akan membuat penerima lebih mudah dalam membawanya. Selain itu, juga praktis untuk dimasukkan ke dalam tas. 

TRENDING:  Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Serta, minyak ataupun bungkus jajanan tidak akan langsung mengenai tas, namun sudah terlindungi dengan snack box. Selain itu, buah tangan atau oleh-oleh yang dibungkus dengan snack box juga akan terlihat lebih elegan.

Banyak keuntungan lainnya seperti menekan biaya konsumsi, makanan yang didapatkan oleh tamu lebih variasi. Isi makanan juga bisa dikontrol jadi bisa lebih sehat. 

Menu Inspirasi Snackbox 

Setelah membahas snackbox, maka saatnya pembaca juga mengulas berbagai varian menu yang bisa dijadikan isian dalam snack box ini di berbagai acara. Tidak hanya acara rutinan saja, bahkan bisa untuk salah satu inspirasi bisnis.

Sebab nyatanya masih ada orang yang tidak ada waktu untuk membuatnya sendiri. Berikut beberapa menu inspirasi snackbox yang dapat dipilih dalam menjalankan bisnis ini:

1. Kombinasi Kue 

Untuk inspirasi Snackbox yang pertama adalah memberikan snack box dengan kombinasi berbagai kue basah. Misalnya kue lumpur, donat, pukis dan sebagainya kemudian ditambah dengan gorengan seperti risoles, lumpia dan lain-lain.

Tentunya variasi ini disesuaikan saja, dan jika bisa berikan menu dengan rasa manis dan gurih dengan perbandingan 1: 1. Selain itu, pastikan juga masing-masing jajanan tersebut sudah dilapisi dengan plastik, sehingga tidak saling tumpang tindih dalam box tersebut.

Untuk ukuran dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan budget saat itu. Atau jika ini dijadikan bisnis maka pastikan juga bisa menjualnya dengan harga yang sesuai. Misalnya untuk box mini dengan 4 jenis makanan dihargai dengan 5000 ribu rupiah dan sebagainya.

TRENDING:  Peluang Usaha Jasuke dan Analisa Usahanya

2. Aneka Buah

Selain inspirasi Snackbox dengan isian kombinasi kue basah, pembaca juga bisa membuat kombinasi makanan sehat seperti isian buah buahan. Pasalnya jika menggunakan gorengan sudah pasti akan membuat banyak kalori.

Sehingga tidak ada salahnya jika membuat inspirasi Snackbox dengan isian buah-buahan. Untuk buah yang diisi misalnya apel, anggur beberapa butir, kemudian salak dan buah-buahan mini lainnya. Jika konsep snack box untuk makanan penutup maka bisa diberikan buah dengan kadar air yang banyak.

Misalnya dengan memberikan semangka, jeruk, pisang. Namun, pastikan jika memberikan semangga bisa dipotong dan diberikan dengan plastik atau wadah yang siap makan. Sehingga penerima snack box tidak bingung saat ingin menyantap ditempat.

3. Kombinasi Snack Dengan Minuman

Jika sebelumnya dibahas mengenai kombinasi aneka makanan saja. Namun kali ini pembaca bisa dengan menggunakan kombinasi jajanan dan minuman. Untuk minuman yang direkomendasikan adalah teh kotak dan minuman kemasan lainnya. Sebab minuman kemasan dinilai lebih praktis.

Selain itu, inspirasi snackbox dengan model seperti ini cocok juga untuk acara seminar atau yang mana acaranya membutuhkan waktu lumayan lama. Sehingga para peserta mungkin akan kehausan jika tidak ada minuman di dalam snack box tersebut.

TRENDING:  7 Alternatif Bisnis Peternakan yang Menjanjikan

Kemudian itu pilihan snack yang digunakan bisa roti atau yang makanan mengenyangkan lainnya. Tetapi, bisa juga diisi dengan makanan ringan atau manis seperti brownies. Permen atau kacang-kacangan juga bisa sebagai selingan makanan berat.

4. Kombinasi Snack Jadul

Kemudian untuk inspirasi isian snack box selanjutnya bisa dengan snack jadul. Namun, pastikan isiannya dengan rasa yang beragam.  Misalnya 1 janjan pedas, 2 jajanan manis dan 2 lagi untuk jajanan berasa gurih. 

Sehingga penerima  snack box bisa merasakan banyak rasa makanan dalam satu wadah tersebut. Misalnya untuk varian rasa gurih bisa dengan mengisi Tahu isi, bakwan sayur, martabak telur, risoles dan sebagainya. 

Sedangkan untuk yang rasa manis bisa diisi dengan onde-onde, kue Nagasari, Molen pisang, pukis, kue lapis legit, dan sebagainya. Sedangkan rasa yang lain misalnya agar lebih segar bisa dengan puding buah. Kemudian rasa pedas bisa dengan tahu mercon dan olahan sejenis.

Demikian itu beberapa ulasan mengenai inspirasi Snackbox yang bisa ditiru. Selain, bisa sebagai inspirasi jajanan saat di rumah mengadakan acara rutinan hingga hajatan. Inspirasi isian menunya juga bisa digunakan sebagai bisnis Snack Box yang cukup menjanjikan. 

 Baca Juga: Peluang Usaha Rental PS 3 dan Cara Memulainya