kelebihan tiktok untuk bisnis

Kelebihan Tiktok untuk Bisnis dalam Mempromosikan Produk

Dewasa ini Tiktok menjadi platform media sosial yang mengalami pertumbuhan users sangat signifikan. Apalagi semenjak masuknya era pandemi, pengguna Tiktok naik sangat tajam. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online dalam menggaet lebih banyak pelanggan secara online. Karena hampir tidak mungkin pemilik bisnis hanya mengandalkan metode pemasaran konvensional saja.

Munculnya Tiktok ternyat cukup memberikan impact pada pelaku usaha, khususnya UMKM dan UKM. Di platform Tiktok lah kita bisa mempromosikan bisnis yang kita punya dengan sangat mudah dalam mencari viewers. Di artikel ini kami akan membahas berbagai macam kelebihan Tiktok untuk bisnis. Simak artikel dibawah ini.

tiktok untuk bisnis

Konten Berbasis Video

Sekarang ini orang lebih memilih konten yang berbasis video ketimbang tulisan ataupun foto. Tidak hanya sebatas video saja, faktanya lebih banyak orang yang suka dengan video pendek ketika menikmati konten. Karena video pendek dinilai lebih cepat, berisi, dan tidak membosankan. Untuk video diatas 3 menit, users akan lebih memilih Youtube ketimbang platform media sosial lainnya.

Nahh kelebihan Tiktok inilah yang harusnya anda manfaatkan untuk keperluan promosi bisnis. Buatlah video pendek yang sangat menarik sehingga durasi nonton users semakin besar. Secara algoritma, Tiktok akan merekomendasikan videomu ke FYP orang lain. Bagaikan bola salju yang menggulung, videomu akan cepat viral.

TRENDING:  3 Cara Promosi di TikTok Dijamin FYP!

Engagement yang tinggi menjadi salah satu faktor FYP Tiktok yang jarang diketahui. Oleh karenannya, anda harus bisa membuat video yang benar benar menarik. Secara otomatis vidoe anda akan banyak yang like, share, dan komen.

Di Tiktok Tidak Ada Iklan

Berbeda dengan platform media sosial lain, Tiktok tidak memiliki iklan. Jadi users merasa tidak terganggu dan pemilik bisnis yang promosi lewat Tiktok juga tidak merasa tersaingi dengan iklan iklan yang ada. Palingan, iklan yang ada ialah berbentuk video yang melebur dengan content. Jadi tidak tercium kalau itu iklan.

Bayangkan saja jika Tiktok ada iklannya, lagi enak enak nonton video tiba tiba video dijeda dengan iklan. Tentu sangat menjengkelkan bukan? Namun Tiktok tidak kehabisan akal, mereka mengajak influencer untuk mempromosikan produknya, seperti Resso ataupun Tiktok Lite.

Bisnis dapat Viral dengan Mudah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bisnis yang dipromosikan di Tiktok akan sangat cepat viral bila dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Mengapa? karena memang gudangnya video pendek viral ada di Tiktok. Anda bisa dengan mudah mendapatkan engagement di Tiktok karena orang lebih suka video pendek.

TRENDING:  Cara Kerja Algoritma Tiktok dan Faktor yang Menentukan FYP

Selain itu, menurut Kumparan, rata rata orang menghabiskan 13.8 jam per bulan untuk scroll Tiktok. Tentu angka ini jauh lebih tinggi ketimbang Twitter yang hanya 8 jam per bulan. Alasan inilah yang membuat Tiktok menjadi lebih cepat viral dan bagus buat marketing bisnis.

Banyak Influencer yang Menggunakan Tiktok

Sekarang tidak hanya IG, Facebook, dan Twitter saja yang menjadi tempat ngonten nya content creator, namun juga Tiktok. Penulis rasa, semenjak Tiktok viral di masa pandemi ini, banyak influencer influencer baru yang bermunculan. Ini membuktikan jika Tiktok sangat cocok untuk masyarakat Indonesia.

Para influencer ini bisa kita manfaatkan untuk media promosi. Anda bisa melakukan endorse ke para influencer yang ada di Tiktok. Cukup mengeluarkan uang sebesar beberapa juta, produk anda sudah bisa mendapatkan reach hingga jutaan viewers.

Pengguna Tiktok Menyentuh 1 milliar Orang

Menurut data pada September 2021, pengguna Tiktok menyentuh hingga 1 milliar orang. Itu yang artinya pengguna Tiktok mencapai hampir 20% penduduk bumi setiap bulannya. Trafik yang sangat tinggi ini tentunya bisa memudahkan kita dalam memasarkan produk. Tidak hanya dalam negeri saja, produk anda berkesempatan untuk mencapai luar negeri juga loh.

Meskipun anda bukan seorang influencer, akun Tiktok yang masih baru, dan hanya orang awam, video yang anda buat bisa berkesempatan meraih jutaan viewers. Yang terpenting ialah anda harus mengetahui bagaimana algoritma Tiktok bekerja. Intinya video anda menarik dan durasi tonton nya besar.

TRENDING:  Cara Dapat Uang dari TikTok yang Mudah dan Patut Anda Coba

Banyak Filter dan Background Musik

Tiktok menghadirkan lebih banyak filter ketimbang Instagram. Selain filter, andalan utama Tiktok lainnya ialah background musik. Anda bisa menggunakan background musik yang telah disediakan oleh Tiktok atau menggunakan background musik milik orang lain. Keberagaman inilah yang membuat video di Tiktok lebih cepat viral.

Filter di Tiktok pun juga sudah sangat canggih. Jadi anda bisa berkreasi sekreatif mungkin dengan menggunakan filter bawaan dari Tiktok. Bahkan anda bisa menggunakan preset yang banyak tersebar di Tiktok.

Mudah Digunakan

Kelebihan Tiktok untuk bisnis yang terakhir ialah Tiktok lebih mudah digunakan. Anda bisa edit video lewat aplikasi Tiktok. Jadi anda tidak perlu membutuhkan aplikasi ketiga untuk editing video. Cukup gunakan fitur yang telah disediakan oleh Tiktok lalu upload.

Buat anda pemilik bisnis, cukup sediakan sedikit waktu untuk membuat konten seputar bisnis anda. Konten video tersebut lalu diedit dan diupload di Tiktok. Penggunaan yang mudah inilah anda akan sangat terbantu untuk memasarkan produk.

Demikian adalah 7 kelebihan Tiktok untuk bisnis. Segera gunakanlah Tiktok anda untuk keperluan bisnis. Jangan hanya mengandalkan marketplace saja, coba gunakan Tiktok sekarang.

Check Also

6 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang dengan Mudah Bagi Pemula

6 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang dengan Mudah Bagi Pemula

Cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang – Aplikasi Youtube saat ini dinilai sebagai salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *