Apa Pengertian Entrepreneur dan Contohnya
Apa Pengertian Entrepreneur dan Contohnya

Pengertian Entrepreneur dan Contohnya, Karakter serta Kelebihannya

Pengertian Entrepreneur dan Contohnya, Karakter serta Kelebihannya – Istilah entrepreneur pastinya sudah sangat sering terdengar. Meskipun termasuk istilah asing, entrepreneur sudah menjadi bagian dari penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari. Terutama di bidang bisnis, istilah tersebut menjadi pembahasan yang tidak pernah terlewatkan baik dalam teori maupun penerapan atau praktiknya.

Memahami makna dari istilah entrepreneur merupakan hal yang penting. Tidak hanya untuk kalangan tertentu yang berkaitan dengan istilah tersebut, semua orang perlu mengerti untuk bisa memperluas wawasan. Selain itu, memang masih banyak hal penting lain yang perlu dibahas di balik pengertian istilah entrepreneur, meliputi ciri-ciri khususnya hingga contoh penerapannya dalam kehidupan.

BACA JUGA:  Pengertian Marketing Public Relations Beserta Fungsinya

Pengertian Entrepreneur dan Contohnya

Pengertian Entrepreneur secara Bahasa dan Menurut Ahli

Dalam bahasa Indonesia, entrepreneur memiliki arti wirausaha. Lebih lanjut, wirausaha dimaknai sebagai pelaku kegiatan usaha secara mandiri yang aktivitasnya mencakup keseluruhan proses usaha.

Wirausaha atau entrepreneur harus memiliki kemampuan mulai dari mengenali kebutuhan pasar untuk menentukan produk baru sampai melakukan riset. Proses dilanjutkan pada tahap produksi, manajemen hingga pemasaran.

Definisi entrepreneur juga diutarakan oleh beberapa ahli. Salah satunya adalah pengertian yang diutarakan Thomberry (2006) yaitu seorang yang memiliki ide inovatif untuk melihat peluang di pasar dan mengubahnya menjadi kenyataan. Sedangkan menurut Peter F. Ducker, entrepreneur adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Hal menarik yang tak boleh ketinggalan untuk dibahas yaitu pengertian entrepreneur dan contohnya.

BACA JUGA:  Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI, Siapkan KTP, LOGIN eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Dari beberapa pengertian menurut ahli yang berbeda, dapat ditarik kesimpulan bahwa entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan proses berdasarkan ide yang kreatif dan inovatif.

Dari proses itu dihasilkan sebuah produk atau sejenisnya yang baru, berbeda dan sesuai kebutuhan pasar. Termasuk di dalam proses tersebut juga terdapat tahap berpikir dan mengatur untuk tujuan terciptanya keuntungan.

Karakter Pasti dari Entrepreneur

Dilihat dari pengertian, sebenarnya sudah bisa ditarik beberapa sifat khusus dari entrepreneur. Akan tetapi, poin-poin di bawah ini akan menjelaskan secara lebih detail mengenai ciri dan karakter entrepreneur untuk dapat dimaknai secara mendalam. Dari karakter yang pasti dimiliki, nantinya juga bisa diketahui pengertian entrepreneur dan contohnya secara lengkap.

  • Adanya penciptaan sesuatu yang baru untuk dijadikan bisnis berdasarkan peluang yang ada.
  • Adanya kemampuan berinovasi dalam hal mengembangkan bisnis, mencakup bahan, proses, produk jadi dan pengaturan semua aspek.
  • Adanya pemahaman terhadap risiko yang mungki muncul hingga mampu melakukan persiapan untuk mengatasinya.
  • Adanya keberanian dan mental yang kuat jika terjadi risiko buruk sewaktu-waktu, seperti kegagalan atau kerugian.
  • Adanya kemampuan mengatur dan mengelola hingga mengalokasikan sumber daya sesuai kebutuhan dan melalui perencanaan yang matang.
  • Adanya niat dan kesadaran untuk mencapai tujuan tertinggi yaitu tumbuhnya bisnis dan hasil berupa untung.
BACA JUGA:  Study Case: Laris Manis Gara-Gara Storytelling

Jenis Entrepreneur dan Contohnya

Contoh kegiatan wirausaha atau entrepreneur sebenarnya sangat mudah ditemukan dalam kehidupan keseharian. Apalagi berwirausaha memang termasuk cara manusia untuk bertahan hidup. Contoh entrepreneur dibedakan dalam beberapa bidang khusus dengan fokus yang berbeda. Berikut adalah pengertian entrepreneur dan contohnya.

Entrepreneur Pelayanan Masyarakat

Wirausaha atau entrepreneur dalam bidang ini artinya aktivitas usaha yang bergerak dengan nilai-nilai sosial. Fokus dari entrepreneur bidang sosial adalah pelayanan terhadap sesama dan upaya untuk membantu kebutuhan serta kesulitan masyarakat. Contoh entrepreneur bidang sosial adalah lembaga pendidikan seperti sekolah, lembaga kesehatan seperti rumah sakit, serta layanan sosial seperti panti asuhan.

Entrepreneur Gaya Hidup

Sesuai namanya, entrepreneur atau wirausaha di bidang ini fokus pada kebutuhan gaya hidup. Banyak pilihan usaha yang bisa dijalankan pada jalur ini dan biasanya pelaku wirausaha di bidang ini memilih fokusnya berdasarkan minat atau kebutuhan di suatu lingkungan. Contoh entrepreneur di bidang gaya hidup seperti toko peralatan musik, salon hewan, hingga studio foto.

BACA JUGA:  Pengertian SOP Menurut Para Ahli beserta Fungsi dan Prinsipnya

Entrepreneur Amatir

Pengertian entrepreneur dan contohnya dari bidang ini sekarang banyak sekali ditemukan di hampir semua kalangan masyarakat. Kemampuan wirausaha jenis ini tidak didapat dari proses pendidikan yang panjang melainkan lahir dari pengalaman dan terus berkembang sesuai zaman. Contohnya adalah pedagang online yang sekarang banyak bermunculan karena mudah dijalankan dan fleksibel.

Entrepreneur Terlatih

Kebalikan dari entrepreneur amatir, jenis ini merupakan orang yang menjalankan wirausaha dengan kemampuan yang telah dipelajari. Misalnya orang yang menempuh pendidikan di jurusan tata boga akhirnya menjadi mendirikan restoran. Contoh lain yaitu orang yang mengambil jurusan teknik mesin kemudian memiliki bengkel sendiri.

Kelebihan Menjadi Entrepreneur

Menjadi wirausahawan saat ini dianggap sebagai pilihan yang menjanjikan. Alasannya jelas karena banyak kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah peluang pengembangan karir yang tidak terbatas karena semuanya dijalankan sendiri.

BACA JUGA:  4 Cara Sukses Bisnis Online Untuk Pemula !

Ini juga berpengaruh terhadap penghasilan yang berpeluang sangat besar dibanding pekerjaan tetap lainnya. Kehadiran entrepreneur juga dianggap bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Memahami pengertian entrepreneur dan contohnya ternyata sangat membantu dalam menambah wawasan. Selain itu, contoh yang disertakan juga membantu memudahkan mengenali setiap jenis wirausaha berdasarkan bidang yang ditekuni.

Check Also

Cara Kirim uang Lewat Alfa Untuk Anda yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Cara Kirim uang Lewat Alfa Untuk Anda yang Tidak Memiliki Rekening Bank

Cara Kirim uang Lewat Alfa – Dunia teknologi semakin hari semakin berkembang sehingga mempengaruhi berbagai lini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *